Bila Anda melakukan perjalanan antara Semarang – Solo atau sebaliknya, cobalah buat singgah ke daerah Salatiga buat beristirahat dan menikmati sajian kuliner khas daerah tersebut.

Anda akan menjumpai berbagai makanan khas Salatiga yang dapat menggugah selera makan Anda.

Satu yang tidak boleh ditinggalkan masa Anda berkunjung ke Salatiga, yakni mencicipi makanan khasnya. Cobalah melipir ke rumah makan di sana dan cicipi daftar makanan khas Salatiga berikut:

Makanan Khas Salatiga

[powerkit_toc title=”Daftar isi” depth=”2″ min_count=”4″ min_characters=”1000″]

Sate Sapi Suruh

Makanan Khas Salatiga

Kuliner khas Salatiga yang satu ini merupakan makanan legendaris daerah tersebut.  Bagaimana tidak? makanan ini telah ada sejak tahun 1987 dan sampai kini masih diburu para wisatawan yang hendak mencicipi sate sapi suruh ini.

Lihat juga makanan enak khas indonesia

Keunikan sate sapi suruh ini terletak pada potongan daging yang besar-besar dan memiliki tekstur yang empuk.

Sate ini disajikan dengan bumbu kacang, kecap manis, jeruk nipis dan irisan bawang. Rasanya pasti lezat dan nikmat, dengan harga Rp30.000/10 tusuk Anda telah dapat menikmati kelezatannya.

Soto Esto

Hampir setiap daerah memiliki sajian kuliner soto, begitu pula dengan daerah Salatiga yang juga memiliki soto esto sebagai salah satu makanan khasnya.

Yang menjadi ciri khas dari soto Salatiga ini yaitu kuah kaldunya yang bening dengan warna kekuningan dan dicampur santan.

Cara penyajiannya yaitu dengan mie beras, irisan daging ayam, tauge serta kerupuk karak sebagai toppingnya. Soto esto cocok disantap bersama nasi. Biasanya para pedagang soto esto menambahkan sate telur puyuh atau sate kerang sebagai lauknya.

Bila Anda tergoda hendak mencicipinya Anda mampu singgah ke warung soto di Jln. Langensuko No. 4, Salatiga. Warung ini buka dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 24.00 WIB.

Gecok Kambing

Kuliner khas daerah Salatiga lainnya yang tak kalah nikmatnya dengan makanan lainnya yaitu gecok kambing. Makanan ini hampir sama dengan tongseng dan bercita rasa gurih.

Makanan yang satu ini disajikan dengan bahan utama potongan daging kambing yang dimasak bersama bumbu pilihan, lada, kuah santan dan kelapa sangrai, yang membuat makanan ini mempunyai rasa yang khas dan lezat.

Banyaknya aneka bumbu yang digunakan dalam memasak gecok kambing menjadikan makanan ini tidak bau prengus, namun mengeluarkan aroma khas yang nikmat dan lezat.

Opor Bebek

Biasanya sajian opor menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Namun daerah Salatiga memiliki ciri khas sendiri yakni menggunakan daging bebek yang dimasak menjadi opor yang lezat dan nikmat.

Opor bebek Salatiga diracik dengan rempah pilihan dan dimasak menggunakan tungku, menjadikan sajian kuliner yang satu memiliki rasa yang khas.

Bila Anda tertarik mencobanya, Anda mampu datang ke warung makan Mak Yah yang terkenal kelezatannya di Jl. Raya Kota Salatiga dan buka dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Bakmi Salatiga

Makanan khas daerah Salatiga yang juga terkenal enak yaitu bakmi Salatiga. Bakmi Salatiga merupakan makanan favorit dan memiliki rasa yang enak dan khas.

Bakmi Salatiga disajikan dengan bahan utama mie yang dipadu dengan potongan daging ayam, telur bebek, irisan kol, tomat dan daun bawang sebagai toppingnya.

Bila Anda tertarik mencobanya, Anda mampu berkunjung ke warung Bakmi Djowo,  di Jln Semeru-Sidomukti, Salatiga. Warung bakmi ini menggunakan tungku masa memasaknya, sehingga memiliki rasa yang khas dan tradisional.

Gudeg Koyor

Sewaktu ini kita mengena gudeg sebagai makanan khas Jogja,  tetapi ternyata kota Salatiga juga memiliki sajian kuliner gudeg sebagai salah satu makanan khasnya, yakni gudeg koyor.

Gudeg koyor yaitu makanan yang dibuat dengan bahan utama otot sapi ditambah bumbu pilihan dan santan yang dimasak seperti gulai Padang yang berwarna kuning pekat. Rasanya kenyal, gurih dan nikmat.

Lihat juga makanan khas indonesia

Buat di daerah Salatiga sendiri, tempat makan yang terkenal menyajikan gudeg koyor yang lezat yaitu Reksa Bu Jono, yang berada di Jln. Progo, Kutowinangun, Kota Salatiga. Warung ini buka dari pukul 08.00 pagi hingga 16.00 WIB.

Keripik Paru Sapi

Makanan khas Salatiga lainnya yaitu keripik paru sapi. Dari namanya saja telah dipastikan keripik ini terbuat dari paru, yakni paru sapi yang merupakan bagian organ dalam sapi. Rasanya tentu gurih, renyah dan khas.

Mau tahu cara pembuatannya? Simak terus ya!

Paru yang akan dibuat keripik haruslah yang fresh dan dibekukan terlebih dahulu supaya lebih steril. Berlanjut iris tipis-tipis paru dengan pisau tajam, berlanjut baluri dengan air asam dan garam.

Diamkan sewaktu 30 menit selanjut panggang dalam oven sewaktu 40 menit. Sehabis keluarkan dan dingin seusai dingin, berlanjut goreng hingga kering dengan campuran adonan tepung sagu dan tepung beras.

Keripik paru ini cocok  sebagai teman makan. Buat harganya sendiri, keripik paru ini  memang lebih mahal dibanding keripik lainnya. Hal ini karena dibuat dari bahan utama paru sapi. Makanan ini biasanya terdapat di toko oleh – oleh khas Salatiga.

Getuk Kethek

Makanan khas Salatiga yang enak dan nikmat, salah satunya yaitu getuk kethek. Makanan ini sama seperti getuk umumnya yang terbuat dari bahan dasar singkong.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Singkong direbus berlanjut dihaluskan dan diberi parutan kelapa. Rasanya manis dan guruh dengan tekstur yang lembut.

Keunikan dan ciri khas dari getuk kethek yang tradisional ini yaitu bentuknya  yang sederhana dan hanya berwarna putih, tidak seperti getuk-getuk kekinian beraneka warna dan rasa. Namun makanan ini hanya mampu bertahan 6 jam.

Ampyang

Ampyang atau disebut juga dengan gula kacang merupakan cemilan khas Salatiga yang memiliki rasa yang manis dan gurih. Ampyang dibuat dari kacang tanah, gula merah dan jahe. Cara pembuatannya cukup mudah, Anda pun mampu mempraktekkannya sendiri dirumah.

Proses pembuatannya yakni dengan merebus campuran bahan yang terdiri dari gula merah, gula pasir, garam dan jahe. Sehabis rebusan tersebut mengental berlanjut masukan kacang tanah utuh.

Aduk semua bahan yang tercampur tersebut hingga rata dan mengental. Sehabis mengental berlanjut angkat dan tuang pada cetakan yang diberi alas kertas minyak.

Diamkan sampai dingin dan  mengeras sendiri, seusai telah mengeras Anda mampu mengeluarkannya dari cetakan.

Rasanya yang manis, gurih dan renyah ditambah cara pembuatannya yang cukup mudah, menjadikan ampyang cemilan yang layak Anda coba. Di kota Salatiganya sendiri ampyang ini biasa dijual di toko oleh-oleh khas Salatiga.

Ronde Sekoteng

Sajian kuliner khas Salatiga lainnya yaitu ronde sekoteng. Ronde sekoteng merupakan minuman hangat favorit di daerah Salatiga.

Ronde sendiri dibuat dari tepung beras dan dibentuk bulat-bulat diisi dengan gula merah. Penyajiannya yaitu dengan mencampurnya bersama kacang tanah, kolang kaling dan air jahe.

Lihat juga makanan daerah indonesia

Itulah 10 makanan khas Salatiga yang mampu Anda cicipi dan dijamin rasanya enak serta menggugah selera Anda. Jangan lupa mampir ke daerah Salatiga buat menikmati sajian kuliner tersebut!

Tags: makanan khas salatiga Last modified: 13 October 2020

0