Makanan khas apa yang jadi favorit kalian selagi di riau? Berikut ini kami sajikan makanan khas riau yang paling enak bakal dicoba.

Banyak hal yang dilakukan selagi sedang berkunjung ke sebuah daerah. Salah satunya mencicipi nikmatnya kuliner khas daerah tersebut.

Kuliner merupakan aktivitas yang menyenangkan karena nantinya akan memberikan pengalaman tersendiri.

Sama halnya selagi berkunjung ke Riau amat kurang rasanya manakala tidak mencoba nikmatnya makanan khas Riau.

Sebagai salah satu wilayah yang berada di Pulau Sumatera, Riau menyimpan beragam makanan khas Riau yang enak dan lezat.

Kuliner dari Riau ini juga bervariasai, ada yang menggunakan bahan dasar olahan laut hingga beragam jenis kuliner lainnya.

Lihat juga Makanan Khas Bali Halal

Pada kesempatan kali ini makananoleholeh.com akan berbagi makanan khas riau yang terkenal enak dan boleh jadi dari sebagian kalian telah mencicipi makanan dibawah ini.

Nah bagi yang belum pernah mencicipi makanan khas riau tentu ini mampu menjadi referensi, yuk simak selengkapnya dibawah ini.

Makanan Khas Riau yang Enak dan Lezat

[powerkit_toc title=”Daftar isi” depth=”2″ min_count=”2″ min_characters=”1000″]

Gulai Ikan Patin

Makanan Khas Riau

Gulai ikan patin merupakan makanan asli Riau yang amat terkenal. Nama makanan tersebut yakni gulai ikan patin.

Di Pekanbaru makanan ini tidak pernah sepi pengunjung. Gulai ikan patin memiliki cita rasa yang amat lezat sehingga mampu membuat lidah kamu tak henti bergoyang.

Kamu mampu menjumpai menu gulai ikan patin ini dengan mudah diberbagai restoran yang tersebar di Pekanbaru.

Gulai ikan batin merupakan jenis kuliner yang memiliki kuah berwarna kuning pekat bakal merendam potongan ikan tersebut.

Warga riau kebanyakan tidak hanya mengonsumsi ikan patin saja melainkan akan diolah menjadi beragam jenis masakan.

Nasi Lemek Khas Riau

Nasi lemek mampu juga ditemukan dibeberapa wilayah seperti Malaysia, Brunai Darussalam serta Singapura.

Nasi Lemek banyak disajikan sebagai menu sarapan masyarakat melayu. Nasi Lemek merupakan kuliner dengan menggunakan bahan utama berupa nasi yang diolah bersama campuran santan kelapa serta daun pandan bakal memberikan rasa yang gurih serta aroma yang harum.

Nasi Lemek ini kerap disajikan bersama dengan campuran lauk pauk seperti telur, sambal, ikan teri goreng, cabai serta irisan mentimun.

Dengan adanya lauk pendamping lalu banyak juga nasi lemek yang disajikan bersamaan dengan tempe, kacang panjang, tahu, sate, kacang tanah, cumi-cumi, daging, ikan, kerang, pertanian serta limpa.

Asam Pedas Ikan Baung Riau

Makanan berbahan dasar ikan yang tidak kalah terkenal dengan makanan khas Riau lainnya yakni ikan baung.

Mendengar namanya kita telah mampu melihat perbedaan antara ikan asam pedas dengan ikan baung gulai ikan patin.

Buat mendapatkan olahan asam pedas ikan baung lalu masyarakat Riau meramunya dengan menggunakan beragam macam rempah tradisional seperti bawang putih, jahe, bawang merah, lengkuas dan kunyit.

Di sisi lain cita rasa asam didapatkan dari penggunaan asam kandis atau air asam Jawa yang digunakan sebagai rendaman bumbu serta ikan.

Sup Tunjang Riau

Dinginnya kota Pekanbaru akan terasa panas dengan kehadiran sup tunjang. Sup tunjang ini yakni jenis makanan dari Riau yang memiliki kuah hangat.

Ketika cuaca sedang dingin-dinginnya lalu amat nikmat rasanya menyantap satu porsi nasi hangat dengan sup tunjang.

Sup tunjang memiliki ciri khas yakni menggunakan bahan dasar berupa tulang kaki sapi yang masih ada dagingnya.

Tulang kaki sapi ini kemudian direndam dalam kuah bening berwarna kuning dan tambahan beberapa bahan pelengkap seperti irisan kentang, tomat, wortel dan daun bawang.

Mie Sagu Riau

Mendengar nama sagu tentu yang terlintas yakni nama Papua yang identik menggunakan sagu sebagai bahan dasarnya.

Karena memang di Papua sagu ini menjadi bahan pokok makanan sehari-hari. Nah ternyata makanan dengan bahan baku sagu bukan hanya ada di papua saja, melainkan juga ada di Riau.

Lihat juga makanan khas semarang

Kamu mampu menjumpai Mie Sagu ini di daerah Selat Panjang yang merupakan sebuah daerah penghasil sagu terbesar di Indonesia.

Mie sagu yakni makanan yang siap disantap oleh siapa saja, terlebih bagi mereka yang sedang menjalankan program diet atau yang sedang menderita diabetes.

Cincalok

Makanan dengan menggunakan bahan dasar berupa udang kecil ini bukan hanya terkenal di Pekanbaru saja melainkan juga terkenal hingga ke Kalimantan Barat, udang kecil tersebut difermentasi menggunakan mikroba sebagai bakteri bantuannya.

Bakteri yang ada memiliki kemampuan menciptakan senyawa dengan aroma yang amat khas sehingga mampu membunuh mikro organisme serta mencerna makanan.

Dalam membuat cincalok ini bahan dasar yang digunakan yakni udang dari genus ini bahan dasar yang digunakan yakni udang dari genus Acutes.

Buat membuatnya langkah pertama udang dicuci bersih menggunakan air laut, sehabis itu udang yang telah dicuci campur dengan garam.

Udang yang dicampur dengan garam, didiamkan pada wadah tembikar yang di tutup menggunakan kain atau apa aja yang mampu menutupi tembikar berlanjut tutup sampai 20 -30 hari. Seusai diawetkan, cincalok akan dicampurkan ke dalam sambal atau ikan asin supaya rasanya semakin nikmat.

Bacah Daging

Jangan salah ternyata Riau juga memiliki makanan khas dengan menggunakan daging sebagai bahan utamanya yakni Bacah Daging.

Secara sekilas makanan ini memiliki tampilan seperti rendang khas Padang serta Dendeng batokok khas Jambi namun rasanya sedikit beda serta memiliki beberapa campuran bumbu dalam penyajiannya.

Kalau dendeng dihidangkan dengan nasi, lalu bacah daging ini dihidangkan bersama dengan ketupat.

Yang membuat unik makanan dari riau ini hanya dihidangkan kala waktu tertentu seperti kala hari raya idul fitri misalnya.

Mie Lendir Khas Riau

Makanan dari Riau ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Dengan mengeluarkan uang sebesar 10.000 hingga 15.000 kamu telah mampu mencicipi nikmatnya mie Lendir. Secara tampilan, mie lendir ini mirip dengan mie kebanyakan.

Yang membedakan mie lendir dengan mie pada umumnya yakni rasanya yang tidak mampu diremehkan. Kuah kental pada mie lendir akan menjadikan makanan menjadi semakin nikmat.

Mie Terampa Riau

Seusai mie lendir makanan khas daerah Riau selanjutnya yakni Mie Terempa. Cara pengolahan mie terampa ini sama dengan pengolahan mie kebanyakan. Yang membedakan terletak pada bumbu serta cara membuatnya.

Mie terampah atau biasa orang Riau menyebutnya dengan sebutan mie siantan ini berbahan dasar sama seperti mie kuning dengan kombinasi telur, udang, cabai rawit, tauge dan kecap.

Mie terempah memiliki dua macam mie yakni mie basah dan juga mie goreng. Umumnya mie terempah yang digoreng lebih banyak mencampurkan kecap daripada mie terempah kuah.

Lopek Bugi Riau

Lopek bugi merupakan makanan dari Kabupaten Kampar yang telah terkenal hingga berbagai daerah di nusantara. Sebagian besar masyarakat kerap menyebutnya lepat ketan.

Makanan ini awalnya hanya diperuntukan bakal kaum bangsawan. Akan tetapi sampai kala ini, cemilan satu ini bukan hanya dihidangkan oleh orang bangsawan saja melainkan semua masyarakat telah mampu menikmatinya.

Lopek bugi mampu ditemukan dengan mudah di beberapa toko oleh-oleh khas Riau serta beberapa gerai-gerai yang ada disepanjang jalan di Pekanbaru.

Lihat juga Makanan Khas Solo Yang Enak

Makanan khas Riau amat banyak macamnya, dan berbagai macam rasanya, ketka anda berkunjung ke riau dan mau menikmati wisata kuliner disana boleh jadi makanan khas riau diatas mampu membantu mewujudkan keinginan anda.

Tags: makanan khas provinsi riau, 10 makanan khas riau, apa nama makanan tradisional dari riau yang terbuat dari ikan atau udang, Bacah daging yakni makanan khas melayu Riau khususnya daerah, makanan khas riau yang enak, nama nama makanan tradisional khas riau, jelaskan makanan pokok khas melayu, NAKANAN KHAS RIAU Tags: Last modified: 24 July 2020

0