Jakarta yakni salah satu kota yang memiliki kebudayaan amat menarik. Disana anda mampu menemukan banyak kesenian khas jakarta. Selain itu kuliner khas jakarta juga menjadi hal yang mampu menarik para wisatawan buat datang. Jikalau anda akan berkunjung ke jakarta kemudian perlu buat mencicipi makanan khas jakarta.

Makanan yang akan disebutkan dibahan ini merupakan makanan khas jakarta yang amat direkomendasikan buat anda. Sebagai masyarakat indonesia tentu saja amat baik apabila mengetahui makanan khas dari setiap daerah. Makanan yang khas dari kota jakarta memiliki citarasa yang amat menggoda dan cocok buat lidah masyarakat di indonesia.

Lihat juga Makanan Khas Riau yang Terkenal

Berikut ini makanananoleholeh.com pernah memilih 10 makanan khas jakarta yang layak dan wajib dicoba, nah bagi para pecinta wisata kuliner sepertinya beberapa daftar dibawah ini amat berguna, buat lebih lengkapnya mampu dilihat dibawah ini.

Makanan Khas Jakarta Apa Saja?

1. Kerak Telor Jakarta

Makanan pertama yang amat terkenal khas betawi yakni kerak telor. Makanan ini terbuat dari bahan telur terntunya. Namun telur yang digunakan yakni telur bebek. Jikalau anda mau mendapatkan makanan ini biasanya kerak telor akan mudah dijumpai di pinggir jalan atau biasanya juga dijual keliling. Ketika ini kerak telor bukan hanya dengan telur bebek saja melainkan ada juga pilihan telur ayam. Bahan lainnya yang juga digunakan buat kerak telor yakni beras ketan putih, ebi sangrai, serundeng, hingga bawang goreng. Cara membuatnya amatlah unik karena kali telur telah setengah matang wajan akan dibalik menghadap ke arang hingga berubah menjadi kerak.

2. Nasi Uduk Betawi Jakarta

Makanan selanjutnya yakni nasi uduk betawi. Makanan ini amat khas sekali karena banyak ditemukan di pinggir jalan kota jakarta. Cara memasak makanan ini yakni dengan menggunakan santan, daun salam, laos, daun jeruk, dan juga sereh yang semuanya dikukus. Nasi yang telah masak akan disajikan dengan berbagai macam lauk seperti ayam goreng, sambal, bawang goreng dan bahan pelengkap lainnya. Rasa nasi ini amat gurih dengan aroma rempah yang khas. Anda yang penasaran dengan rasanya langsung coba cari dan temukan di kota jakarta.

3. Gado-gado Betawi

Makanan khas dari jakarta yang selanjutnya yakni gado-gado. Makanan ini telah amat terkenal dikalangan masyarakat indonesia karena bukan hanya dijual di jakarta saja melainkan telah banyak warung makan gado-gado di berbagai wilayah di indonesia yang menyediakan makanan ini. Makanan ini terbuat dari sayuran yang direbus dengan kentang, tahu, telur, dan tempe kemudian akan disiram dengan bumbu kacang yang gurih. Selanjutnya akan di beri kerupuk dan juga bawang goreng sehingga amat sehat dan juga menggoda. Pelengkap makanan ini yakni lontong atau nasi hangat.

4. Semur jengkol Betawi

Masyarakat betawi amat suka sekali dengan yang namanya semur jengkol. Makanan ini begitu khas karena memiliki rasa yang amat lezat serta memiliki aroma yang amat unik. Aroma jengkol yang bau ini ternyata justru membuat pecintanya semakin menyukai makanan ini. Jengkol akan dimasak dengan rempah yang lengkap sehingga akan menghasilkan cita rasa yang mantap. Supaya jengkol memiliki tekstur yang empuk, sebelum dimasak jengkol harus direbut terlebih dahulu dan kemudian baru digeprek.

5. Soto betawi Jakarta

Soto betawi juga merupakan salah satu makanan khas jakarta yang amat banyak penggemarnya, soto ini memiliki perbedaan dengan soto lainnya karena kuahnya menggunakan santan dan isiannya yakni daging atau jeroan sapi. Namun ada juga soto yang menggunakan banyak jeroan ayam. Masyarakat jakarta amat senang dengan soto ini karena rasanya begitu istimewa. Anda mampu menikmatinya dengan sate usus, sate ati, tempe keripik dan juga diberi perasan jeruk nipis. Dapat dibayangkan sendiri betapa nikmatnya soto yang satu ini.

6. Roti buaya Jakarta

Roti buaya biasanya akan dijumpai diacara seperti pernikahan dengan adat betawi sehingga makanan ini juga merupakan salah satu makanan khas jakarta. Roti ini memiliki panjang hingga 50 cm dan akan dibawakan buat kemudian diberikan kepada pengantin wanita kali lamaran atau pernikahan. Roti ini melambangkan kesetiaan pasangan yang telah dipercaya oleh masyarakat secara turun-temurun. Bahan yang digunakan buat membuat roti buaya tidaklah jauh berbeda dengan bahan buat membuat roti pada umumnya.

7. Asinan betawi

Makanan berikutnya yakni asinan betawi. Makanan ini terbuat dari bahan sayuran seperti tauge, kol, sawi, dan juga selada yang akan dihidangkan dengan kacang tanah goreng. Selanjutnya akan disiram dengan bumbu kacang yang telah dicampur dengan cabai. Sebagai pelengkap, kemudian ada kerupuk mie yang besar dan berwarna kuning. Makanan ini amat enak dan menyegarkan karena terdiri dari sayuran dan bahan pelengkap yang berkualitas. Jikalau anda senang makan sayur dengan citarasa tradisional kemudian makanan ini wajib buat dicoba.

8. Kue cucur Jakarta

Kue cucur merupakan kue khas betawi yang banyak ditemukan di pasar tradisional bahan di toko kue modern. Kue ini terbuat dari bahan dasar tepung beras dna gula merah yang cara masaknya yakni dengan digoreng. Rasa kue ini manis dan juga gurih dengan teksture sedikit renyah atau kering meskipun tetap saja ada sensasi basah. Makanan ini memang amat unik karena bisanya akan disajikan dalam acara-acara seperti pernikahan, potong rambut bayi atau acara adat lainnya.

9. Dodol betawi

Makanan khas kota jakarta lainnya yakni dodok betawi. Makanan ini cukup terkenal di indonesia karena banyak sekali wisatawan yang baru pulang dari jakarta dan membawa oleh-oleh berupa dodol ini. Dodol ini merupakan cemilan yang lezat dan dibuat dengan cara unik. Wadah buat memasak dodol yakni kuali besar yang masih amat tradisional sehingga akan memberikan rasa yang amat khas. Kuali ini terbuat dari logam atau masyarakat jawa sering menyebutnya kenceng. Bahan yang digunakan buat membuat dodok betawi yakni dari beras ketan dan juga kelapa. Rasa jajanan ini memiliki tekstur kenyal dan juga gurih.

10. Putu mayang Betawi

Jikalau anda mau merasakan jajanan khas jakarta yang juga merupakan jajanan tradisional disana kemudian perlu buat mencoba putu mayang. Makanan ini merupakan kue tradisional betawi yang terbuat dari bahan tepung kanji atau tepung beras yang dibuat seperti mie. Kemudian akan disajikan dengan santan kelapa yang diberi kinca atau air gula jawa. Tampilan dari putu mayang amat menarik karena berwarna-warni atau apabila dilihat sekilas seperti cendol panjang.

Makanan khas jakarta sebenarnya masih ada banyak lagi yang dapat disebutkan namun 10 makanan diatas yakni yang paling popular dan sebaiknya anda ketahui. Saat berkunjung ke jakarta, anda jangan sampai melewatkan kesempatan buat mencicipi makanan khas jakarta. Makanan yang disebutkan diatas semuanya memiliki rasa yang unik dan enak karena terbuat dari bahan yang berkualitas.

Meskipun termasuk jajanan tradisional namun hingga kali ini makanan tersebut tetap banyak digemari oleh masyarakat local bahkan masyarakat luar daerah. Sekian informasi tentang makanan jakarta yang mampu disampaikan semoga informasi ini dapat memberi manfaat buat anda.

Lihat juga Makanan Khas Bandung

Makanan enak jakartamakanan enak jakartaakanan khas jakarta ada banyak yang mampu ditemukan. Anda mampu mencicipi beberapa makanan khas dari kota jakarta yang menurut anda paling enak dan juga paling bergizi.

Tags: makanan makanan dari jakarta, manfaat makanan khas daerah, masakan khas jakarta, olahan pangan sayuran khas jakarta, makan khas jakarta, makanan kahas di dki jakarta, makanan kas jakarta, makanan khas daerah yang menggunakan air cucian beras sebagai kuahnya yakni Tags: Last modified: 13 July 2021

0