Indonesia terkenal dengan makanan yang memilii cita rasa luar biasa, selain itu budaya dan wisatanya cukup banyak di temukan di indonesia.

Apa saja makanan khas indonesia?

Bebeberapa makanan khas indonesia memang ada yang terkenal hingga ke luar negeri, bahkan disana memiliki rasa yang paling enak, apa saja makanan khas indonesia tersebut, simak detailnya dibawah ini.

Seperti membahas mengenai masakan asal Indonesia di mana terdapat banyak sekali ragam jenis masakan yang tak hanya sebatas menjadikan perut kenyang, tetapi membekaskan rindu pada mereka yang kali pertama berjumpa.

Masakan Indonesia menjadi salah satu kekayaan nusantara yang tak pernah padam.

Banyak orang yang datang jauh-jauh dari luar benua hanya buat mencicip nikmatnya makanan khas Indonesia yang terkenal penuh dengan cita rasa yang kuat.

Setiap daerah mempunyai masakan khas yang mampu menggoyang lidah.

Dari sekian banyak masakan, MakananOlehOleh.com sudah membuat daftar makanan khas Indonesia yang paling terkenal, bukan cuma oleh penduduk Indonesia, melainkan hingga ke berbagai negara.

Makanan Khas Indonesia

 

1. Sambal

Makanan Khas Indonesia

Siapa yang tidak kenal sambal? Makanan khas Indonesia yang terbuat dari bahan dasar cabai ini mampu dibilang hampir rajin hadir di setiap waktu makan masyarakat Indonesia.

Masa ini sambal sudah memiliki berbagai varian rasa yang tercipta dari penggunaan bahan-bahan yang juga beragam.

Pada dasarnya sambal terbuat dari cabai yang diulek sehingga mengeluarkan sari cabai yang pedas yang kemudian ditambah dengan bahan-bahan lain seperti garam dan terasi.

Sambal khas Indonesia tak hanya dikenal dengan cita rasanya yang pedas dan nikmat, tetapi juga mempunyai konsistensi bahan yang lebih padat dan lebih banyak mengandung rempah-rempah.

Ada berbagai macam sambal di Indonesia, seperti sambal asam, sambal bajak, sambal lado, sambal tempoyak [dari Bengkulu], sambal terasi, sambal kecap, sambal manis, sambal tomat, sambal pencit, sambal korek, sambal udang, sambal jeruk, sambal petis, sambal setan, dan masih banyak lagi macam-macam sambal khas dari berbagai daerah di Indonesia.

2. Sate

Sate yaitu makanan enak khas Indonesia yang populer di dunia yang secara umum dibuat dari bahan dasar daging ayam atau sapi yang dipotong-potong buat kemudian ditusuk dengan lidi.

Sesudah potongan daging berjejer rapi dalam tiap tusukan, masing-masing tusukan berikutnya dibakar hingga matang.

Sama seperti sambal, sate yaitu makanan khas Indonesia yang terdiri dari berbagai macam varian, mampu dari daging yang dipilih, bahan yang dipakai buat bumbu, hingga tusukan yang digunakan.

Daging yang biasa dipilih buat dijadikan sate antara lain daging ayam, kambing, sapi, domba, kelinci, babi, kuda, dan lain-lain.

Di Indonesia sendiri ada sate asal daerah yang telah menyebar hingga ke banyak kota, seperti sate padang yang merupakan makanan asal Sumatera Barat.

Selain sate padang, masih ada sate-sate enak dan unik lain, seperti sate languan, sate lilit, sate pentul, sate plecing, sate lokan, sate maranggi, sate buntel [asal Jogja], sate pencok [asal Lombok, dan sate-sate lainnya.

3. Bakso

Bakso adalah makanan khas Indonesia berkuah yang mempunyai banyak penggemar, mulai dari kalangan orangtua hingga anak-anak.

Bola daging yang disebut bakso menawarkan cita rasa yang sulit ditolak oleh banyak lidah penduduk nusantara. Bicara mengenai bakso, di Indonesia terdapat bakso yang terkenal

Terutama di kota-kota di pulau Jawa di mana banyak ditemui penjual bakso pangkal ataupun berkeliling yang memberi label pada gerobaknya dengan tulisan “Bakso Malang”.

Bakso banyak dibeli saat cuaca sedang tidak bersahabat. Kuah kaldu sapi yang hangat dan rasa pedas dari sambal yang bercampur menjadi satu bisa membuat tubuh terasa hangat.

Dalam satu mangkuk atau porsi bakso biasanya terdiri dari bakso, pangsit, mie kuning, bihun, kerupuk pangsit, taoge, tahu, telur, dan taburan bawang goreng.

Bakso menjadi panganan yang mudah dijumpai. Harganya yang murah dan rasanya yang nikmat membuat banyak orang menyukai makanan ini.

4. Soto

Soto adalah kuliner khas nusantara berupa hidangan berkuah yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran.

Ada dua jenis soto yang populer di Indonesia, yakni soto ayam atau daging dan soto mie.

Selain dua jenis itu, sebenarnya masih banyak jenis soto yang juga enak dan menggugah selera, sebut saja soto padang, madura, soto babat, soto kambing, soto banjar, soto medan, dan masih banyak lagi.

Pemberian nama soto biasanya merujuk pada daerah asalnya ataupun komposisi bahan yang digunakan.

Setiap jenis soto mempunyai cara penyajian yang berbeda-bebeda sesuai kekhasan di setiap daerah.

Soto bisa dihidangkan sendiri atau langsung dimakan tanpa tambahan maupun dengan tambahan seperti nasi, lontong, ketupat, bihun, atau mie bersama dengan lauk isiannya.

Ada juga menu pelengkap seperti kerupuk, emping, perkedel, telur puyuh, sate, koya, dan sambal.

Di sejumlah kota, seperti Jakarta, ada banyak warung penjual soto. Bukan cuma soto betawi yang dijual, tetapi ada juga warung yang khusus menjajakan soto dari daerah-daerah luar Jakarta.

5. Nasi Goreng

Belum diketahui secara pasti dari mana asal nasi goreng karena selain di Indonesia, nasi goreng juga banyak dijumpai di negara-negara lain.

Oleh karena itu, untuk menjadikan nasi goreng sebagai makanan khas Indonesia, masyarakat membuat nasi goreng dengan membawa ciri khas kuliner nusantara, yakni banyak rempah.

Bicara mengenai rasa, sudah pasti nasi goreng asal Indonesia mempunyai cita rasa yang juara dan boleh diadu dengan nasi goreng asal negara-negara lain.

Lihat juga cara membuat nasi goreng

Nasi goreng sendiri adalah makanan berupa nasi yang digoreng bersama kecap dan bumbu lain yang kemudian diaduk-aduk sampai nasi berubah menjadi kecokelatan sebagai tanda kecap telah meresap dan menyebar ke semua nasi.

Setelah nasi selesai digoreng, nasi kemudian dituang dalam selembar piring. Untuk memberikan kekayaan rasa, biasanya nasi ditambah dengan isian seperti telur, ayam, kerupuk, irisan mentimun, irisan sosis, ikan asin, dan masih banyak lagi, tergantung selera.

6. Gado-gado

Jika nasi goreng dianggap sebagai makanan modern, maka untuk makanan khas Indonesia satu ini, yakni gado-gado, adalah makanan tradisional yang masih eksis hingga sekarang.

Menurut Wikipedia, gado-gado berasal dari tanah Betawi. Gado-gado termasuk masakan tradisional yang menyehatkan karena didominasi oleh bahan-bahan yang berasal dari sayuran.

Dalam satu porsi gado-gado terdapat banyak jenis sayur-sayuran yang direbus, seperti kacang panjang, taoge, kembang kol, kubis, selada, nangka muda, tomat, kentang rebus, telur rebus, tempe, tahu, jagung pipil, dan sayuran lain seperti wortel dan irisan mentimun.

Sebelum sayuran disatukan, biasanya pada wadah atau cobek untuk membuat gado-gado terlebih dahulu dibuat sambal atau saus kacang yang nantinya akan menjadi bumbu utama untuk sayur-sayuran tersebut.

7. Nasi Uduk

Selain gado-gado, ada juga nasi uduk yang merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Betawi-Jakarta. Nasi uduk berbeda dengan nasi putih pada umumnya.

Jika nasi putih dimasak langsung dalam penanak nasi, berbeda dengan nasi uduk yang mana berasnya harus diaron terlebih dahulu dengan air santan, daun salam, daun jeruk, serai, dan laos.

Setelah selesai diaron nasi uduk kemudian dikukush ingga matang sehingga menghasilkan cita rasa nasi yang gurih dan beraroma harum.

Nasi uduk biasanya dimakan bersama lauk tambahan seperti telur dadar iris, tempe orek, udang goreng, empal, dan bahkan sayur asem atau lalapan.

Saat ini nasi uduk telah menyebar ke berbagai daerah sehingga komposisi bahan yang digunakan juga mulai beragam.

Tapi nasi uduk yang paling umum disajikan dengan taburan bawang goreng, lauk berupa tahu, tempe, dan ayam goreng, dan sambal kemiri merah ataupun sambal kacang.

8. Nasi Padang

Indonesia mempuyai kekayaan kuliner yang sangat melimpah, dari bagian barat hingga timurnya.

Seperti di Sumatera Barat, tepatnya di Padang, ada sajian nasi yang begitu legendaris dan telah melanglang buana hingga ke kota-kota lain, bahkan ke luar negara.

Nasi padang bisa dibilang sebagai nasi yang disukai oleh 90% penduduk Indonesia.

Cita rasa yang nikmat dan begitu khas membuat nasi padang selalu mendapatkan tempat terbaik di hati para pecintanya.

Mengulas tentang nasi padang maka tak hanya berbicara soal nasi, tetapi juga seluruh lauk pauknya yang rasanya terkenal pedas dan bersantan.

Ada berbagai pilihan lauk yang bisa dipilih pada makanan khas Indonesia yang berasal dari Sumatera Barat ini.

Mulai dari yang paling umum seperti ayam bakar, ayamg goreng, ikan bakar, ikan goreng, hingga lauk pauk yang juga berasal dari tanah Sumatera, seperti rendang yang paling ternama.

9. Ayam Goreng

Ayam goreng sejatinya memang bukan sajian khas Indonesia karena di negara-negara lain juga dapat ditemukan makanan berupa ayam goreng, seperti Malaysia.

Negara tetangga yang menjadikan ayam goreng sebagai makanan yang identik dengan karakter Ipin dalam serial kartun anak Upin & Ipin ciptaannya.

Hidangan sederhana berupa ayam yang dibumbui dan kemudian digoreng ini menjadi santapan praktis yang telah mendunia.

Di Indonesia sendiri ayam goreng telah menjadi panganan kesukaan banyak penduduk.

Tepung ayam yang renyah yang bertemu dengan cocolan saus sambal atau tomat telah menjadi ciri khas orang Indonesia dalam menyantap ayam goreng.

Saat ini bisa ditemukan rumah makan yang menjajakan ayam goreng, mulai dari yang tradisional seperti Kentucky Fried Chicken hingga rumah makan ayam goreng tradisional seperti Ayam Goreng Suharti dan Mbok Berek.

10. Bakmi

Pesatnya persebaran warga Tionghoa ke negara-negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, menimbulkan pengaruh tersendiri dalam berbagai aspek di negara tersebut, seperti kulinernya.

Di Indonesia terdapat makanan khas yang dibawa oleh pedagang-pedagang Tiongkok, yakni bakmi. Bakmi atau yamien atau yahun adalah makanan yang telah menyatu ke dalam jantung perkulineran Indonesia.

Saat ini bakmi telah diolah dengan bumbu khas nusantara beserta bahan-bahan yang juga mudah ditemui di Indonesia, seperti ayam dan sayuran sawi.

Bakmi sendiri dibuat dari bahan utama tepung terigu atau bakmi kuning. Penyajian bakmi biasa dilakukan dalam mangkuk bersama isian, kuah, dan tak lupa sambalnya.

Sebagai negara dengan penduduk yang kreatif, bakmi sekarang bisa ditemukan dalam dua bentuk, yakni bakmi kuah dan bakmi goreng.

11. Gudeg

Kekayaan makanan tradisional indonesia bisa ditemukan hampir di setiap kota di Indonesia. Seperti di Yogyakarta, ada makanan khas yang terkenal bernama gudeg.

Bahkan, kota Yogyakarta sendiri mendapatkan julukan sebagai Kota Gudeg karena menjadi tempat lahir dari makanan yang sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia ini.

Gudeg merupakan makanan tradisional yang mempunyai cita rasa manis sebagai ciri khas dari masakan Jawa pada umumnya.

Komposisi bahan utama untuk membuat gudeg antara lain nangka muda, telur rebus, tahu, tempe, dan ayam. Tak jarang saat penyajiannya gudeg juga dimakan bersama kulit sapi segar atau sambal goreng krecek.

Gudeg terdiri dari beberapa jenis, yang terkenal adalah gudeg kering dan gudeg basah. Perbedaan dari kedua jenis gudeg tersebut terletak pada pemakaian santannya.

Jika gudeg kering santannya sedikit, maka gudeg basah lebih banyak mengandung susu kelapa atau santan.

12. Rawon

Rawon adalah menu masakan tradisional khas Indonesia andalan penduduk Jawa Timur yang mempunyai banyak sekali penggemar.

Hidangan tradisional bernama rawon ini mempunyai bentuk seperti sup daging dengan kuah yang berwarna cokelat pekat cenderung hitam. Warna kuah pada rawon dihasilkan dari penggunaan bumbu bernama kluwak.

Rawon dimasak dengan bumbu rempah yang cukup berbeda dengan masakan-masakan Indonesia lain sehingga selain menciptakan rasa yang khas, aroma yang dimiliki dari rawon juga sangat menggugah selera.

Rawon yang merupakan ikon kuliner di Jawa Timur biasa disajikan bersama nasi hangat yang dilengkai dengan rebusan tauge.

Untuk menambah kesedapannya, tak jarang orang menambahkan daun bawang, sambal, dan perasan jeruk nipis ke dalamnya.

13. Pecel Lele

Pecel lele [nama lain: pecak lele] yaitu makanan khas Indonesia berbahan dasar ikan yang sejak dulu disukai oleh masyarakat lokal, mulai dari kalangan dewasa, remaja, hingga anak-anak.

Pecel lele mampu dengan mudah ditemui di dataran Jawa. Biasanya pecel lele dimakan oleh mereka yang telah bosan dengan olahan ayam. Pecel atau pecak sendiri merujuk pada sambal yang disertakan pada kali penyajian.

Ikan lele yang dipilih buat dibuat pecel rata-rata berukuran sedang hingga besar. Ikan lele digoreng kering dengan minyak hingga matang.

Tujuan penggorengan lele sampai kering tak lain biar teksturnya renyah dan gurih. Saat ikan lele telah matang, lalu bumbu pecel seperti sambal beserta lalapan sebagai pelengkap akan disajikan dalam sebuah wadah.

Pecel lele biasanya banyak dijual pada malam hari. Harganya yang murah membuat makanan ini tak pernah kehabisan penggemar.

14. Opor Ayam

Pada menjelang hari raya lebaran atau Idul Fitri, masyarakat Indonesia, terutama yang beragama Islam, berbondong-bondong menyiapkan sajian buat tamu yang hendak berkunjung ke rumah buat bersilaturahim dan bermaaf-maafan.

Salah satu sajian yang umum dibuat yaitu opor ayam. Opor ayam menjadi makanan khas Indonesia yang dipilih karena mampu dikatakan menjadi sebuah tradisi dalam masyarakat Muslim di Indonesia.

Opor ayam yaitu makanan yang diklaim berasal dari kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur bagian barat.

Olahan ayam ini menyajikan ayam yang direbus dengan bumbu kental dari santan bersama tambahan bumbu lain seperti serai, kencur, dan lainnya.

Penyajian opor ayam biasa dilakukan dengan ketupat atau lontong, bahkan ada juga yang memakan opor bersama nasi. Tak lupa sebelum menyantap opor ayam orang-orang biasanya menambahkan sambal goreng ke dalamnya.

15. Gulai

Gulai merupakan hidangan berat berbahan utama [yang paling umum] daging ayam.

Selain daging ayam, tak jarang dipilih daging hewan lain seperti ikan, kambing, dan sapi buat membuat gulai. Bahkan, ada juga gulai yang menghidangkan beberapa macam sayuran seperti daun singkong dan nangka muda.

Menurut catatan sejarah, gulai yaitu makanan khas Indonesia yang berasal dari Sumatera karena dari bumbu dan tampilannya memang identik dengan Pulau Emas.

Bahan baku buat membuat gulai yaitu daging hewan atau sayuran yang diberi bumbu khusus berupa bumbu gulai yang terdiri dari banyak sekali rempah seperti kunyit, bawang putih, bawang merah, cabai merah, lengkuas, jahe, lada, ketumbar, serai, adas, pala, kayu manis, dan jintan.

Semua bumbu rempah tersebut dihaluskan dan dimasak dalam santan. Gulai yang telah jadi tampilannya mirip dengan kari yang banyak ditemukan di India. Tetapi soal rasa, gulai jelas lebih enak.

16. Bubur Ayam

Disadur dari Wikipedia, bubur yaitu panganan yang didatangkan oleh penduduk Tionghoa yang menetap ke Indonesia.

Bubur menjadi hidangan praktis pilihan utama masyarakat buat menu sarapan. Kalau tidak sempat membuat masakan buat sarapan, biasanya orang-orang memilih buat membeli bubur membuat bubur instan yang telah berbentuk kemasan.

Di Indonesia, lazim ditemui penjual bubur ayam. Para pedagang bubur biasanya berkeliling atau mangkal kali pagi hari.

Satu mangkuk bubur ayam telah mampu dibeli dengan harga tak lebih dari sepuluh ribu.

Dalam satu mangkuk bubur biasanya terdapat aneka macam isian [yang umum ditemui] seperti suwiran ayam, kacang, daun seledri, daun bawang, cakwe, dan kerupuk.

17. Asinan

Asinan yaitu ikon kuliner khas Indonesia yang terkenal di mata dunia. Proses pembuatan yang unik menjadikan asinan semakin tersohor namanya.

Asinan sendiri merupakan makanan yang dibuat melewati proses pengasaman dengan cuka atau pengasinan dengan garam pada acar [bisa berupa buah-buahan atau sayur-sayuran].

Di Indonesia terdapat dua macam asinan yang legendaris, yakni asinan betawi dan asinan bogor.

Asinan betawi sungguh terkenal di Jakarta hingga daerah sekitarnya. Asinan dari suku Betawi yaitu asinan yang menggunakan sayur-sayuran sebagai acar yang diasinkan.

Sayuran yang biasa diasinkan antara lain sawi, kubis, selada, taoge, dan tahu. Sementara asinan bogor yaitu asinan buah-buahan.

Buah yang dipilih buat membuat asinan bogor yaitu berbagai jenis buah-buahan tropis seperti mangga muda, pepaya, kedondong, bengkoang, nanas, dan jambu air.

18. Pepes

Kalau kamu yaitu penduduk Indonesia yang tinggal di luar pulau Jawa, lalu sempatkan diri buat mendatangi pulau Jawa setidaknya satu kali seumur hidup.

Banyak sekali makanan yang menunggu buat kamu cicip selagi berada di Jawa. Rata-rata makanan khas Indonesia yang lahir di tanah Jawa berbentuk tradisional, seperti pepes misalnya. Apa itu?

Pepes atau pais yaitu cara memasak bahan baku khas Jawa Barat. Bahan yang biasa dipepes yaitu ikan dan ayam, meskipun ada juga bahan makanan lain seperti jamur, tahu, dan masih banyak lagi yang dimasak dengan cara memepesnya.

Bahan makanan tersebut akan dipepes dengan cara membungkusnya dengan daun pisang, Bumbu yang digunakan buat pepes juga khas, yakni daun kemangi, tomat, dan cabai.

Sesudah bumbu dan bahan makanan dibungkus pakai daun pisang, proses berikutnya yaitu membakar bungkusan ke atas api hingga matang dan mengering.

19. Pempek

Pempek yaitu makanan yang berasal dari Palembang. Selain di Palembang, pempek juga mampu ditemui di Bangka dan semua daerah di Sumatear Selatan lainnya.

Pempek atau empek-empek terbuat dari komposisi bahan utama berupa daging ikan dan tepung kanji [bukan tepung sagu].

Selain dua bahan utama tersebut, ada juga komposisi lain yang menyertai seperti telur, bawang putih, penyedap rasa, dan garam.

Di kota-kota besar selain Palembang, para pedagang pempek juga mampu ditemui dan jumlahnya sungguh banyak. Bahkan, selain dijual oleh pedagang kecil-kecilan, pempek juga banyak disajikan di restoran.

Cita rasa yang lezat dan khas dari pempek memang bukan hanya sebatas menggoyang lidah, tetapi juga mampu bikin siapa pun ketagihan sesudah memakannya.

20. Perkedel

Penduduk Indonesia sungguh kreatif dalam mengolah bahan makanan. Sebut saja perkedel, makanan khas Indonesia ini juga terbilang unik karena hanya menggunakan bahan utama berupa kentang yang direbus.

Masa ini perkedel sudah dimodifikasi dengan memberikan campuran bahan lain, seperti daging cincang.

Perkedel mempunyai bentuk bulat dan ukurannya kecil-kecil. Tekstur lembut dari perkedel dan rasanya yang enak menjadikan makanan khas Indonesia ini juga tak pernah kehabisan penggemar.

Selain singkong, perkedel juga mampu dibuat dari ubi jala dan singkong. Bahkan ada juga orang yang membuat perkedel dari tahu yang dilumatkan.

Meskipun bahan-bahannya mampu berbeda, proses pembuatan perkedel sama. Bahan utama perkedel dilumat dan dicampur dengan bumbu-bumbu lain.

Sesudah itu adonan perkedel dibentuk bulat dan digoreng hingga matang sebelum makanan khas Indonesia dari singkong ini disajikan.

21. Sayur Asem

Pernah mendengar makanan asal Thailand yang bernama Tom Yum?

Hidangan berkuah segar yang berisikan produk laut tersebut ternyata juga mampu kamu temui di Indonesia dengan versi bahan yang kental dengan ciri khas masakan nusantara.

Sayur asam namanya. Sayur asam atau sayur asem yaitu makanan berkuah yang menghidangkan beberapa macam sayuran.

Sayuran yang umum digunakan antara lain kacang panjang, kacang tanah, melinjo, nangka muda, labu siam, dan jagung.

Seperti namanya, makanan khas Indonesia berjenis sayur satu ini juga menawarkan cita rasa yang asam menyegarkan.

Sayur asem biasa dimakan dengan nasi putih dan lauk kering semisal ikan teri goreng yang ditemani oleh sambal.

22. Sop Buntut

Sup buntut yaitu sajian berkuah yang sebenarnya tak hanya terdapat di Indonesia, melainkan di negara-negara Asia dan Eropa lain juga mampu ditemui, seperti Amerika Serikat Selatan, Cina, dan Korea.

Sup buntut versi Indonesia merupakan makanan yang populer dan digemari banyak orang.

Sop buntut ini juga termasuk makanan khas Indonesia Timur. Seperti namanya, sup buntut mengandung komposisi utama berupa ekor atau buntut sapi.

Buntut sapi yang telah dipotong-potong sebelum disajikan harus diolah terlebih dahulu pastinya. Proses pengolahan buntut sapi tidak terlalu rumit.

Potongan buntut sapi diberi bumbu yang kemudian dibakar atau digoreng dan dilanjut dengan memasukkannya ke dalam kuah kaldu sapi yang bening bersama bahan lain seperti irisan wortel, tomat, kentang, daun bawang, seledri, dan taburan bawang goreng.

23. Ketoprak

Ketoprak yaitu panganan asal Indonesia yang mudah dijumpai di kota-kota besar di Indonesia. Sebagian besar orang Indonesia menyebut ketoprak sebagai makanan khas Betawi.

Makanan satu ini juga mirip-mirip dengan gado-gado di mana bahan makanan yang diolah diberi siraman bumbu kacang. Bedanya, bila gado-gado cenderung berbentuk lauk buat makan nasi, ketoprak telah satu paket.

Pada satu porsi ketoprak pasti terdapat ketupat sebagai komposisi paling dominan.

Selain itu ada juga komponen lain seperti tahu, bihun, taoge, mentimun, dan telur rebus. Masa ini penjual ketoprak telah tak terhitung jumlahnya.

Dari yang mulai berdagang keliling hingga menetap di titik-titik keramaian. Kelezatan dari ketoprak dan ditambah bandrolan harga murah pada setiap porsinya membuat ketoprak rajin dicari para pembeli.

24. Lontong

Lontong yaitu makanan khas Indonesia yang terbuat dari beras. Sekilas lontong mirip dengan nasi, tetapi proses pembuatan lontong berbeda dengan cara memasak nasi.

Lontong dibuat dengan cara membungkus beras ke dalam daun pisang buat kemudian dikukus di dalam dandang berisikan air mendidih sepanjang beberapa jam.

Masa ini lontong ada yang tawar alias tanpa isi maupun lontong dengan isian, biasanya berisi kentang, ayam, dan oncom.

Lontong yang tawar lebih banyak dimakan sebagai pengganti nasi, seperti buat teman makan sate, rujak, gulai, dan di beberapa daerah di Indonesia kerap dijadikan teman makan hidangan khas daerah tersebut.

Penduduk Indonesia biasa membuat lontong menjelang hari raya seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Sementara di Jawa ada hari khusus bernama hari raya ketupat yang jatuh pada lima hari sesudah hari raya Idul Fitri.

25. Ketupat

Di Indonesia terdapat banyak olahan nasi dan bentuknya juga mirip-mirip. Seperti ketupat misalnya, makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia ini mirip dengan lontong, lepet, ataupun burasa khas Makassar.

Ketupat atau kupat juga merujuk pada makanan yang terbuat dari bahan dasar beras yang dibungkus.

Kalau sebelumnya ada lontong yang dibungkus dengan daun pisang, berbeda dengan ketupat yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa muda atau janur sebutannya.

Keberadaan ketupat juga tak jarang sebagai alternatif pengganti nasi. Ketupat biasa dijadikan sumber karbohidrat pengganti nasi buat makanan berkuah di beberapa tempat, seperti kupat tahu (Magelang), katupat kandangan (Banjar), kupat glabet (Tegal), dan coto makassar.

Meski rata-rata ketupat dimakan sebagai pendamping menu berkuah, ada juga hidangan semi-berkuah yang dimakan bersama ketupat, seperti lotek, gado-gado, dan ketoprak.

26. Rendang

Makanan tradisional indonesia yang mendunia ini dimasukkan ke dalam daftar 50 Hidangan Terlezat Dunia atau 50 Most Delicious Foods ini.

Secara normal, rendang akan dibuat dari daging sapi dengan rasa yang pedas, karena salah satu rempahnya yaitu cabai.

Namun lambat laun seiring perkembangan selera masyarakat, muncul aneka rendang yang tidak hanya dari daging sapi, karena sudah ada rendang ayam, itik, hingga hati sapi.

Buat memasak rendang, waktu pembuatannya mampu berjam-jam, mampu dikatakan hampir 4 jam sampai benar-benar mengering.

Buat membuatnya juga memerlukan santan, dan santan inilah yang harus dimasak bersama daging dan rempah seperti cabai, kunyit, jahe, lengkuas, bawang merah, serai, bawang putih, dan renpah lain.

Sesudah mengering, baru rendang mampu disajikan, entah itu bersama dengan ketupat atau menjadi lauk dari nasi buat dijadikan makanan utama.

Sebagai makanan asli Padang, membuat rendang banyak disajikan di seluruh rumah makan Padang, bahkan di warung makan sederhana banyak pula yang menjualnya.

27. Tahu Gejrot

Di Jawa Barat, khususnya daerah Cirebon yang sesungguhnya yaitu daerah asalnya, ada makanan khas yang dinamakan dengan tahu gejrot.

Sesuai dengan namanya, olahan ini dibuat menggunakan tahu, namun tahu yang dipakai bukanlah tahu-tahu yang sepanjang ini kita kenal, namun tahu sumedang.

Agak aneh memang, makanan dari Cirebon tetapi bahannya dari Sumedang, namun ini menandakan adanya akulturasi kuliner antara daerah satu dengan daerah lain.

Secara lengkap, tahu gejrot merupakan kuliner dari tahu sumedang dengan penyajiannya bersama dengan kuah pedas manisnya.

Dalam pembuatan tahunya, sebelum digoreng harus direndam dulu dalam air garam, tentunya biar memberi kesan rasa asin gurih.

Setalah selesai dimasak tahu tersebut akan dipotong kecil-kecil, dan akan diguyuri siraman sausnya, bahan saus tersebut yaitu cabai merah, cabai hijau, cabai rawit, gula merah, bawang merah, air asam, dan kecap manis.

Makanan yang memiliki rasa pedas manis ini mampu dengan mudah ditemukan di Cirebon, atau di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, hingga Malang.

28. Sop Kambing

Sebagai binatang yang sungguh melimpah di Indonesia, olahan dengan bahan utama daging kambing begitu menjamur di Tanah Air, salah satunya yaitu sop kambing.

Bahan utamanya telah pasti daging kambing yang diiris dalam bentuk kecil, baru nantinya disajikan bersama dengan kuahnya bewarna bening kekuningan.

Namun tidak hanya daging saja yang biasanya menjadi olahan sup kambing ini, karena dalam variannya sudah banyak memunculkan olahan sup yang lebih spesifik, misalnya sup kepala kambing, lengkap dengan lidah, mata, hingga terkadang otaknya.

Kebanayakan penjual sop kambing akan menambahkan iga sebagai tambahan daging, tujuannya yaitu penambah rasa, sehingga rasanya akan semakin berasa gurih.

Sedangkan buat sup atau kuahnya, akan dibuat dari bahan dasar daging kambing, seledri, daun bawang, tomat, kemiri, jahe, dan daun jeruk, walaupun terkadang ada variasi lain.

Buat menemukannya amatlah mudah, kota-kota besar seperti Jakarta banyak penjual sup ini dengan penyajiannya bersama dengan tambahan nasi.

29. Otak-otak

Makanan ini begitu melekat dengan Indonesia, walaupun sebenarnya daerah di sekitar selat Malaka seperti Singapura dan Malaysia memiliki varian yang serupa dengan otak-otak.

Makanan ini secara umumnya dibuat menggunakan daging ikan tenggiri, ingat dagingnya saja yang dipakai.

Daging tersebut akan dicampur dengan aneka bumbu sebelum nantinya dibungkus menggunakan daun pisang buat selanjutnya dipanggang.

Selain mampu dimakan secara langsung, olahan dengan aroma khas pemanggangan yang begitu harum ini juga mampu dijadikan sebagai lauk makan nasi.

Namun beberapa restoran dan rumah makanan akan menyediakannya bersama dengan kuah asam pedas, sehingga rasa gurih otak-otak semakin bervarian dan terasa lebih lezat.

Buat mendapatkannya di Kepulauan Riau, khususnya ibukotanya, Tanjung Pinang yaitu tempat yang tepat buat mampu merasakan makanan ini.

30. Gorengan

Kalau gorengan, siapapun telah tahu mengenai penyebutan makanan ini, walaupun sebenarnya hampir ada di seluruh dunia, namun gorengan di Indonesia dibuat dengan balutan tepung yang digoreng.

Banyak sekali varian gorengan yang biasa dijajakan sebagai makanan ini, sebut saja hasil alam Indonesia seperti ubi, pisang, sukun, hingga singkong.

Ada juga tahu, tempe, dan oncom yang dimasak bersama tepung buat dijadikan gorengan.

Gorengan dengan bahan dasar tempe berbalut dengan tepung dan sayur, dinamakan mendowan, sedangkan temannya adalah bakwan atau bala-bala, hanya dibuat dari tepung bersama sayur berbentuk bulat.

Bahkan masih ada gorengan dengan nama perkedal yang dibuat dari kentang halus, dan khusus yang ini tanpa tepung.

Buat mendapatkan aneka gorengan, tidaklah sulit buat ditemukan, di seluruh Indonesia telah dipastikan ada penjualnya.

31. Nasi Pecel

Secara umum, pecel yaitu makanan yang terbuat dari aneka sayur rebus dengan siraman bumbu kacang. Pecel merupakan bagian dari makanan khas indonesia.

Walaupun agak mirip dengan salad-nya orang Eropa, namun bedanya yaitu penggunaan bumbu kacang, kalau di Eropa menggunakan mayyonaise.

Boleh dibilang, pecel khas dari Jawa Timur, adalah kota Madiun tepatnya, walaupun hampir di seluruh Nusantara ada banyak penjual pecel dengan variasi berbeda.

Sayur yang biasa dipakai buat dijadikan pecel yaitu kacang panjang, tauge, bayam, daun turi, kemangi, krai, dan aneka sayuran lain.

Buat bumbu kacang hampir sama dengan bumbu-bumbu lain, bahan utamanya adalah kacang panjang, cabai rawit, garam, bawang, asam jawa, dan jeruk purut.

Semuanya harus dihaluskan dengan cara diuleg baru ditaburkan pada sayur rebus, sehingga akan menghasilkan rasa pedas khas dari pecel.

Biasanya pecel akan disajikan dengan nasi dan dimakan dengan kerupuk, begitu pula dengan kebanyan variasi pecel, seperti di Madiun, Kediri, dan Tulung Agung.

32. Karedok

Selain pecel yang dibuat dengan sayur dan bumbu kacang, ada juga kuliner dengan nama karedok berpenampilan serupa dengan pecel.

Hanya saja sayur-sayur yang dipakai tidak perlu direbus terlebih dahulu, yakni akan disajikan dalam keadaan mentah, hal ini pulalah yang membedakannya dari gado-gado dan pecel.

Buat variasi dari sayuran juga cukup variatif, ada mentimun, tauge, kemangi, kacang panjang, kol, hingga terong dijadikan sebagai sayurannya.

Sedangkan buat bumbu kacangnya sama saja dari bumbu kacang pada umumnya, adalah memakai kacang tanah, cabai, kencur, gula jawa, bawang putih, air asam, namun ada tambahan terasi.

Seperti biasanya, makanan dari Sunda ini akan menghasilkan rasa pedas, namun akan ada sensasi rasa berbeda dari penggunaan sayuran mentahnya.

Buat memakan makanan yang mudah ditemui di Jawa Barat ini mampu disajikan dengan potongan lontong atau dengan nasi, sedangkan buat lauknya mampu pakai kerupuk.

33. Betutu

Betutu merupakan sejenis cara pengolahan makanan dengan cara memanggangnya pada api sekam, biasanya yang dipakai yaitu ayam dan bebek.

Bahkan ayam dan bebek ini harus dipanggang dalam keadaan utuh, namun sebelumnya harus dibumbui dengan bumbu base genep khas Bali, karena di sanalah tempat asalnya.

Uniknya lagi, hewan ternak tersebut juga akan diisi dengan daun singkong pada perutnya, termasuk base genep juga.

Bahkan beberapa orang akan sebelum memanggangnya akan terlebih dahulu merebusnya, tujuannya biar tekstur daging mampu empuk kali nantinya dikonsumsi.

Dengan kelebihan dagingnya yang empuk dan bumbunya meresap dengan sempurna, rasanya bila di Bali harus mencicipinya, khusunya di Gianyar yang menjadi sentra pembuatannya.

Namun karena saking mudahnya ditemukan di restoran maupun hotel, lalu kali ada di luar Gianyar-pun, kalian mampu mencobanya, salah satunya di Rumah Makan Ayam Betutu Pak Man, Badung.

34. Serabi

Serabi atau surabi yaitu kuliner tradisional dengan bahan dasar tepung beras berbentuk bulat, cara memasaknya yaitu dengan menggunakan tungku.

Secara sederhana, serabi akan terdapat dua variannya saja, yakni serabi manis yang dibalut dengan kinca atau gula merah cair.

Kemudian ada jenis lain berupa surabi asin, ini yaitu versi originalnya, karena akan disajikan tanpa kuah maupun taburan apapun.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, muncul pula tambahan komposisi bahan, yakni dengan adanya telur kocok pada adonan surabi biar rasanya makin lezat.

Belum lagi bila ditambah dengan aneka panganan modern layalnya potongan sosis, mayyonaise, dan keju sebagai topping-nya.

Serabi ini kerap ditemui di Bandung dan kota-kota lain di sekitarnya, meliputi Bogor dan Jakarta, walaupun ada serabi lain bernama srabi solo dengan penyajian tanpa kuah.

35. Kolak

Makanan dengan nama kolak merupakan olahan dengan bahan dasar potongan pisang atau ubi yang dimasak dengan cara direbus bersama santan dan gula jawa.

Karena dimasaknya menggunakan santan, kolak nantinya akan memiliki kuah dengan rasa manis akibat penambahan gula jawa pada kuahnya.

Panganan ini bahkan begitu melekat dengan umat Islam Indonesia karena kerap dijadikan takjil buka puasa, hal ini karena rasanya manis sesuai sunnah buka puasa.

Buat membuat kolak, bahan yang umum dipakai yaitu pisang, sedangkan ubi yaitu opsional, bahkan dijadikan sebagai campuran dari kolak pisang.

Sedangkan pisang yang dipakai yaitu pisang kepok biar rasa kolak berasa lebih manis dan lembut di mulut.

Buat mampu mendapatkan kolak begitu mudah, khususnya tengah bulan Ramadhan maupun bulan Sya’ban, karena kali itu banyak penjualnya menjamur di tepi kota.

36. Lemang

Sebagai makanan yang dibuat oleh Bangsa Melayu, tak ayal bila lemang dengan mudah ditemukan di Indonesia, Brunei, Malaysia, dan Singapura.

Namun lemangnya Indonesia akan dibuat menggunakan beras ketan bercampur dengan santan dari kelapa buat nantinya dimasukkan ke dalam daun pisang sebelum nanti masuk lagi ke bambu.

Sesudah semua siap, lemang akan dibuat dengan cara memanggangnya dengan medium bambu tersebut sampai bambunya agak gosong sebagai tanda lemang matang.

Dengan kandungan karbohidrat pada beras ketan, lemang mampu dijadikan sebagai makanan utama buat seterusnya dimakan manis atau gurih.

Bila hendak manis, biasanya akan disajikan dengan kinca atau selai, sedangkan buat yang asin gurih, mampu dimakan secara langsung mapun dimakan bersama rendang.

Buat mendapatkannya, di daerah Minangkabau khusunya Tebing Tinggi banyak sekali penjualnya, khusus buat Tebing Tinggi, dia dijuluki dengan Kota Lemang.

37. Batagor

Penamaan batagor sebenarnya yaitu akronim dari baso tahu goreng sesuai dengan variasi isian pada makanan ini.

Buat membuat batagor, bahan utamanya yaitu tepung sagu, yang nantinya akan dimasukkan pada kulit pangsit buat digoreng garing.

Sedangkan buat penyajiannya, kumpulan baso-basoan tersebut akan disajikan bersama dengan bumbu kacang, biasanya juga akan ditambah dengan potongan tahu putih sebagai di sekitarnya.

Bumbu kacang sebagi media utama buat menciptakan rasa pedas gurih pada batagor akan dibuat menggunakan kecap manis, gula, garam, bawang putih, cabai, dan perasan jeruk nipis.

Bahan-bahan tersebut akan dihaluskan buat disiramkan di atas batagor tersebut.

Karena makanan ini yaitu makanan Bandung, sehingga akan dengan sungguh mudah dijumpai di sana, walaupun banyak kota-kota lain yang menyediakannya.

38. Kerak Telor

Kudapan ini yaitu asli dari Betawi, sehingga mampu dipastikan menjadi makanan khas orang Jakarta kalau secara luas mampu disebut makanan khas indonesia karena jakarta bagian dari indonesia.

Aktor utama dalam pembuatannya yaitu penggunaan beras ketan, yang nantinya akan dicampur dengan bahan-bahan lain, khususnya telur.

Dari salah satu bahan tersebut, kita tahu bahwa penamaan kerak telur yaitu karena adanya telur, sedangkan adanya tambahan kerak dalah dikarenakan nantinya beras ketan dan kawan-kawan akan dimasak sampai menjadi kerak.

Secara lengkap, kerak telur akan dimasak dengan beras ketan, kemudian akan diisi dengan telur, jahe dan kencur halus, gula pasir, garam, ebi, dan bawang goreng yang dikocok.

Nantinya harus dimasak dengan arang biar panasnya merata, sedangkan bila dimasak dengan kompor lalu hasilnya bukan kerak, tetapi akan menjadi gosong.

Rasa kerak telur ini sungguh legit nan gurih, sehingga harus dicicipi, apalagi ini merupakan makanan tradisioanl Ibukota Indonesia yang semakin sulit ditemui.

39. Kerupuk

Sebagai makanan khas indonesia, kerupuk menjadi lauk paling dominan di indonesia.

Umumnya, kerupuk akan dibuat menggunakan tepung tapioka dengan tambahan perasa makanan, entah itu dari udang atau ikan.

Walaupun sebenarnya ada yang tidak menggunakan udang, ikan, atau perasa lain. Di Indonesia sudah tersebar aneka kerupuk, pembuatannya hanyalah dengan mencampur setiap bahan yang nanti akan dikeringkan dengan sinar matahari, baru digoreng.

Bentuknya beragam, namun satu hal yang pasti dari kerupuk yaitu rasanya renyah, dan bentuknya tidak terlalu besar.

Jenis-jenis kerupuk yaitu antara lain, kerupuk udang dengan rasa udangnya yang kuat, dan juga ada kerupuk bawang, kerupik ikan, dan kerupuk ceker ayam.

Sedangkan variasi lain dari kerupuk yaitu kerupuk mlarat, karena pembuatannya menggunakan perasa hanya dari garam, dan penggorengannya unik, karena memakai pasir.

Sedangkan jenis kerupuk paling terkenal yaitu kemplang, jenis tersebut dapat diperoleh di Palembang dengan rasa ikannya yang khas dan kerupuk lainnya yaitu kerupuk jangek (kulit) dengan bahan pembuatannya malah dari kulit kambing atau sapi.

40. Nasi Campur

Sebenarnya sudah banyak sekali makanan dengan nama nasi campur, namun diantara sekian banyak jenisnya, satu yang harus dicoba yaitu nasi campur khas Bali.

Makanan khas indonesia yang satu ini memang tiada duanya soal rasa.

Sesuai namanya, nasi pada kuliner ini akan dicampur dengan puluhan pilihan lauk, khusunya yaitu lauk pauk yang khas dari Bali biar membedakannya dengan nasi campur daerah lain.

Sebut saja lauknya yaitu sate lilit, lawar sayuran, besisit, telur pindang, dan sambal matah, itu yaitu lauk yang harus ada.

Sedangkan yang mampu dipilih oleh pelanggan yaitu adanya jukut urap, yakni urapan dari sayuran rebus dengan taburan parutan kelapa dan bawang goreng.

Kemudian ada suwiran ayam betutu yang sudah dibahas di atas, dan juga ada telur pindang rebus berbumbu sambal tomat.

Aneka lauk lain seperti tum ayam, kacang tanah goreng, dan lawar ayam kerap disajikan oleh rumah makan dan restoran yang menyediakannya.

41. Woku

Woku sebenarnya yaitu metode memasak oleh orang-orang Manado, dengan memasak memakai cara woku, lalu nantinya masakan akan memiliki rasa khas.

Woku sendiri memiliki dua jenis, adalah woku balanga dengan cara pemasakan memakai panci (belanga) dan woku daun, yang harus dibungkus dulu dengan daun woka buat nantinya dikukus atau dipanggang.

Hidangan buat dijadikan woku biasanya yaitu hasil laut alias seafood, mulai dari ikan kerapu, kepiting, dan udang, serta jenis ikan nila dan ikan mas. Terkadang ada juga pemakaian hewan unggas, seperti ayam dan bebek.

Sedang bumbu lengkap dari woku yaitu daun bawang, daun kemangi, daun jeruk, daun pandan, bawang putih, cabai rawit, jahe, kunyit, tomat, dan serai.

Dengan perpaduan bumbu ini, dapat dipastikan aneka makanan akan memiliki aroma harum berkat dedaunannya, dan juga mampu menghasilkan rasa pedas dari cabai.

Buat membuatnya mudah, yakni cukup dengan menumis semua bumu hasil rajangan, kemudian dimasak bersama daging dan mampu langsung dimasukkan ke dalam daun woka yang dipanaskan dengan bara arang di atasnya.

42. Semur Jengkol

Olahan dari jengkol telah dikenal karena akan menimbulkan bau tak sedap, namun di lain sisi, olahan jengkol juga dikenal karena rasanya yang lezat, salah satunya yaitu semur jengkol.

Makanan khas Betawi ini akan disajikan dalam bentuk jengkol matang bersamaan dengan kuahnya yang bewarna hitam kecokelatan.

Secara normal semur jengkol memang berkuah alias basah, namun karena munculnya inovasi, kini sudah ada varian semur jengkol kering.

Normalnya semur jengkol yaitu berasa pedas, namun ada pula yang menyajikannya dalam bentuk manis, dan juga sungguh tepat dikonsumi dengan nasi.

Makanan dengan bahan jengkol walaupun menghasilkan bau menyengat pada mulut, namun tetap memiliki nilai gizi cukup tinggi, namun bila dikonsumsi secara berlebihan, lalu mampu membuat keracunan dan penyakit lain.

Makanan dengan tekstur yang empuk ini biasanya akan direbus dulu sepanjang dua jam lebih sebelum ditumis dengan bumbu-bumbunya, itulah yang membuat terasa enak dan membuat banyak warung di Jakarta menjajakannya.

43. Empal Gentong

Makanan khas asal Cirebon, Jawa Barat dengan nama empal gentong yaitu panganan yang dibuat menggunakan daging sapi dengan proses pemasakan memakai gentong.

Gentong alias periuk tanah liat akan dijadikan media memasak biar rasa dagingnya lebin khas, begitu pula dengan pemakaian kayu bakar dari pohon mangga, yang sama-sama menghasilkan rasa khas.

Nantinya daging yang biasanya berupa usus, babat, dan dagingnya sendiri akan dimasukkan pada gentong dan hasil akhirnya yaitu olahan bertekstur empuk.

Empal akan sungguh nikmat dimakan bersama tambahan nasi ataupun potongan lontong di sampingnya, dan terkadang juga ditambah cabai kering sebagai sambalnya.

Dengan rasa empuk daging dan berpadu gurihnya rempah-rempah yang meresap dalam pada daging, dipastikan banyak orang akan suka terhadapnya.

Apalagi di Cirebon banyak rumah makan hingga warung-warung menjualnya dengan harga terjangkau.

Makanan tradisional indonesia dari berbagai daerah tersebut tidak hanya endemik di satu daerah saja, melainkan akan sungguh melimpah di kota-kota lain, khusunya kota besar karena terkenal kenikmatannya.

Sesuai ciri khas masakan tanah air, hampir semua kuliner tersebut akan dibuat menggunakan cukup banyak rempah, hampir mirip dengan masakan India, sehingga dapat dipastikan rasa dan aromanya begitu menggugah selera.

Tags: makanan khas Indonesia, makanan khas daerah di indonesia, makanan khas di indonesia, 200 nama makanan khas indonesia, makanan tradisional indonesia, makanan indonesia dan ciri khas nya, 50 makanan khas indonesia, 30 makanan indonesia yang mendunia Tags: , , , , , , Last modified: 11 December 2020

0