Telah sejak lama masyarakat Indonesia menggemari segala hal yang berbau India. Mulai dari kehidupan selebritinya, kehadiran drama-drama layar kaca, hingga santapan kulinernya.

Berbicara perihal kuliner khas India, penduduk Indonesia juga mulai mengakrabkan diri dengan masakan India.

Tidak heran jikalau banyak orang Indonesia yang tertarik dengan makanan khas India. Selain lezat, kuliner dari Anak Benua juga mengandung komposisi bahan seperti rempah-rempah yang banyak ditemui di Indonesia.

Lihat juga makanan khas bali halal

Kebanyakan masakan Indonesia mencerminkan keanekaragaman iklim, demografi, dan agama.

Berbagai jenis sajian yang berasal dari India mempunyai ciri khas pada penggunaan berbagai rempah yang menimbulkan aroma harum pada masakan serta beragam sayuran yang tumbuh di India.

Dari sekian banyak kuliner yang berasal dari tanah kelahiran aktor kawakan Shah Rukh Khan, ada beberapa makanan khas India yang sungguh terkenal di banyak negara.

Buat mengetahuinya, kamu mampu melihat daftar yang sudah MakananOlehOleh.com buat berikut ini.

Makanan Khas India yang Paling Enak

[powerkit_toc title=”Daftar isi” depth=”2″ min_count=”2″ min_characters=”1000″]

Naan

Contoh makanan India pertama yang perlu kamu ketahui ialah naan. Naan ialah panganan berbentuk roti yang terbuat dari bahan dasar tepung ragi.

Di Indonesia, sebagian orang yang mengetahui makanan ini menyebutnya dengan nama roti india. Buat kamu yang belum tahu, naan merupakan roti tradisional dari India yang menggunakan tepung ragi sebagai bahan utama yang diolah dalam oven modern ataupun tradisional yang terbuat tanah liat atau orang India menyebutnya dengan tandoor.

Naan biasanya dijadikan hidangan oleh penduduk India tengah sedang bosan menyantap makanan pokoknya. Buat menambah kekayaan rasanya, roti ini kerap dimakan bersama hidangan lain seperti ayam tandoori dan palak paneer.

Beberapa variasi dimiliki oleh naan, seperti butter naan. Butter naan sendiri dibuat dengan bahan dasar yang sama dengan naan original. Bedanya, butter naan dimasak bersama mentega dalam jumlah banyak sehingga menciptakan roti yang gurih dan crispy.

Samosa

Camilan orang India yang tak kalah enak dari naan ialah samosa. Samosa ini mampu dibilang seperti pastelnya orang Indonesia. Bedanya, kalau pastel mempunyai bentuk setengah lingkaran, samosa bentuknya segitiga.

Samosa ialah makanan khas India yang menawarkan cita rasa gurih dengan tekstur yang renyah. Selain bercita rasa original alias gurih, sekarang samosa juga sudah dimodifikasi sehingga memiliki berbagai varian rasa seperti cokelat dan susu.

Apabila kamu mau mencoba makanan ringan khas India ini, samosa juga mampu ditemui di Indonesia. Dari sekian banyak restoran yang tersebar di Indonesia, ada restoran yang menyajikan menu masakan khas Timur Tengah di Jakarta yang mampu menjadi incaran kamu.

Restoran-restoran tersebut bukan hanya menyajikan samosa bercita rasa gurih dan manis, tetapi ada juga yang dicampurkan dengan keju dan bawang bombay. Buat mengetahui restoran mana yang menyediakan menu ini, kamu mampu melihat selengkapnya pada laman FoodDetik.

Gulab Jamun

Gulab jamun merupakan makanan penutup yang tak hanya terkenal di negara India, tetapi juga di negara-negara lain yang masuk dalam kawasan Asia Selatan, seperti Nepal, Pakistan, dan Bangladesh.

Bahkan, di negara-negara di Karibia seperti Trinidad dan Jamaika juga terdapat makanan ini. Panganan ini hampir ada di negara-negara yang menyukai kuliner manis, salah satunya India.

Bagi yang belum tahu apa itu gulab jamun, makanan khas India ini ialah panganan sederhana yang berbentuk bulat seperti bola dengan ukuran kecil-kecil. Gulab jamun terbuat dari bisquick, susu bubuk, susu cair, dan mentega leleh.

Adonan yang telah dibentuk bulat-bulat dan digoreng matang kemudian akan direndam dalam sirup air mawar selagi beberapa jam hingga seharian. Sehabis sirupnya menyerap, gulab jamun baru mampu dimakan.

Kulfi

Makanan pencuci mulut yang juga berasal dari India bukan cuma gulab jalmun yang terkenal, tetapi ada juga kulfi yang tak kalah lezat dan fenomenal.

Selain di India, kulfi juga mampu ditemukan di Pakistan, Bangladesh, Myanmar, Nepal, dan sejumlah negara di Timur Tengah lainnya. Makanan khas India yang terkenal enak ini dibuat dari bahan dasar susu segar dan gula yang direbus pada api kecil.

Di negeri Anak Benua, kulfi banyak dijajakan oleh penjual dengan gerobak kaki lima. Kebanyakan penjual menjajakan kulfi pada sebuah wadah dari tanah liat bernama matka yang berisikan es batu dan garam supaya kulfi tidak mudah meleleh.

Buat penyajiannya, kulfi umumnya dihidangkan pada selembar daun kemudian disiram rempah-rempah tropis dan bahkan bihun. Kulfi mempunyai rasa yang beragam, seperti mawar, mangga, dan vanili.

Dosa

Mendengar nama makanan khas India ini, pasti sebagian masyarakat Indonesia akan bertanya, kenapa dinamakan dosa?

Tidak diketahui secara pasti kenapa makanan ini memiliki nama yang sedikit ekstrim di telinga penduduk Indonesia.

Memangnya, apa itu dosa? Di India, dosa ialah makanan yang mirip seperti lekker crepes, rasanya enak, bentuknya kering, dan teksturnya renyah. Dosa dibuat dari bahan dasar kacang dan beras yang telah difermentasi.

Makanan ini mampu dimasak dengan sedikit percikan minyak maupun tidak. Di India sendiri, makanan ini juga suka dipanggil dengan dosay atau dosai. Biasanya orang India menyantap dosa sebagai menu sarapan atau makan malam.

Bahkan, tak jarang juga yang memakannya sebagai teman di waktu kosong. Makanan ini sungguh baik bakal kesehatan karena mengandung kadar karbohidrat tinggi dan rendah kandungan lemak serta kalori.

Chapati

Bagi kamu pecinta drama Bollywood, pasti tidak asing dengan “Chapati”. Bukan karena tahu, namun karena cukup banyak tokoh-tokoh perempuan dalam serial drama India yang menggunakan nama ini.

Namun dalam dunia kuliner, apakah kamu tahu apa itu chapati? Chapati ialah makanan sejenis roti yang berbeda dengan naan. Chapati dibuat dari adonan roti gandum yang sengaja dibuat supaya tidak mengembang.

Orang India biasa menyebut chapati dengan roti. Panganan ini tidak mempunyai rasa alias dibiarkan tawar karena tidak menggunakan perisa.

Sebagai gantinya, chapati menjadi hidangan yang disantap bersama lauk berbumbu lain. Meskipun umumnya disajikan dalam keadaan tanpa perisa, ada juga yang menambahkan paneer, lobak, atau jenis sayuran lain ke dalam chapati.

Selain chapati, ada juga makanan khas India yang mirip dengannya, namanya ialah paratha. Bedanya, parata lebih tebal dari chapati dan teksturnya berlapis-lapis.

Biryani

Biryani ialah makanan khas India yang menghidangakn sajian utama berupa nasi yang dimasak dengan rempah-rempah India dan dikombinasikan dengan tambahan sayuran atau daging.

Biryani, biriani, atau beriani tak hanya ditemui di India, tetapi juga di kawasan Asia Selatan lain seperti Pakistan, Nepal, Bangladesh, dan Sri Lanka. Bahkan, di Indonesia dan Malaysia, hidangan ini juga cukup terkenal dan banyak disajikan di restoran-restoran khas Timur Tengah.

Panganan ini sebenarnya diketahui oleh masyarakat India dan sekitarnya oleh pedagang dan pelancong dari bangsa Persia dengan serangkaian proses memasaknya yang unik. Beras yang dipilih dicuci dan direbus dalam panci tanpa bumbu.

Sehabis berasnya telah setengah masak, barulah beras dicampur dengan kaldu berbumbu yang kemudian dibiarkan dalam keadaan panci tertutup hingga matang dan kaldunya menyerap ke dalam nasi.

Nasi biryani yang telah matang berikutnya ditambahkan dengan lauk pelengkap seperti aneka daging dan sayuran.

Jalebi

Apabila kamu orang Jawa dan Sunda, kamu mampu dengan mudah kepada makanan khas India yang satu ini. Alasannya, jalebi menawarkan cita rasa manis yang sungguh pas bakal selera lidah masyarakat Jawa.

Camilan ini dibuat dari tepung yang dibentuk melingkar bakal kemudian digoreng hingga matang. Sehabis digoreng, jalebi akan direndam dalam sirup gula hingga permukaannya mengilap dan mengkristal. Jalebi juga disebut sebagai permen.

Permen jalebi mempunyai tekstur kenyal berlapiskan gula yang mengering. Di India, jalebi biasa dihidangkan sebagai manisan atau makanan penutup. Permen manis asal India ini biasanya dijual dalam jumlah banyak.

Dikarenakan rasanya yang amat manis dan mengandung kalori yang sungguh tinggi, jalebi tidak disarankan bakal dikonsumsi dalam jumlah banyak dengan frekuensi yang sering.

Ayam Tandoori

Dari sekian banyak makanan yang berasal dari India yang ada, boleh jadi ayam tandoori akan masuk ke dalam daftar makanan khas India paling terkenal di negara-negara lain. Dinamakan ayam tandoori karena ayamnya melewati proses yang bernama tandoori.

Tandoori sendiri ialah cara memasak bahan makanan dengan bumbu yang dibuat meresap ke dalam bahan bakal kemudian dipanggang dalam oven tandoori bertemperatur sungguh tinggi atau mencapai 300 derajat celcius.

Dikarenakan oven yang digunakan bakal memanggang sungguh panas, ayam biasanya ditusuk pakai beski panjang.

Adapun bumbu yang digunakan bakal melumuri ayam antara lain minyak mustar, garam musala, garam bubuk, yoghurt, bubuk cabai, bubuk ketumbar, bubum jinten, dan bumbu khas India yang bernaa kasoori methi.

Ayam tandoori dikenal sebagai makanan khas India yang mendunia. Bahkan, cara memasak ayam ini juga telah dilakukan di negara-negara lain bakal bahan makanan selain ayam.

Laddu

Dalam sebuah cerita yang begitu tersohor di India, sebut saja Mahabharata, ada seorang tokoh bernama Bhima yang sungguh jatuh hati dengan makanan bernama laddu. Laddu atau laddoo merupakan kue yang bentuknya mirip dengan gulab jamun, yakni bulat-bulat kecil.

Makanan khas India ini mempunyai cita rasa yang manis. Bahan dasar yang digunakan bakal membuat adonan laddu ialah tepung dan gula. Kue manis ini biasanya tersaji pada acara-acara perayaan atau keagamaan.

Tepung yang dipakai bakal membuat laddu ialah tepung gandum kasar. Selain gandum tepung yang juga biasa dipilih bakal laddu ialah tepung kacang panjang dan kelapa.

Sebelum adonan laddu dibentuk bulat-bulat, biasanya akan dioles pakai mentega khas India bernama ghee terlebih dahulu baru kemudian dibentuk bulat dan digoreng.

Selain dihidangkan dalam pesta-pesta bahagia, laddu juga biasanya menjadi hidangan penutup tradiisonal pada masa Idul Fitri oleh penduduk Muslim di India.

Kheer

Perlu kamu ketahui kalau orang India juga mempunyai makanan pokok yang sama dengan makanan pokok masyarakat Indonesia, yakni beras.

Di tanah Hindustan [sebutan lain untuk negara India], ada cukup banyak hidangan yang menggunakan beras sebagai bahan utamanya.

Dari beragam makanan khas India berbahan dasar beras, ada satu yang cukup terkenal dan disukai hampir seluruh penduduk India. Nama makanan tersebut ialah kheer atau mampu juga disebut puding beras.

Puding beras biasa dijadikan hidangan pencuci mulut seusai melakukan santap besar. Rasa dari kheer sungguh nendang di mulut.

Makanan berjenis dessert ini terbuat dari campuran beras, tepung gandum, tepung tapioka, susu, dan gula.

Bahan-bahan tersebut kemudian dipadukan dengan rempah-rempah pilihan seperti kapulaga dan kunyit sehingga rasa dan aromanya lebih sedap. Kheer biasanya dimakan bersama topping kismis, kacang mete, dan almond.

Pulao

Pulao atau pilaf ialah makanan khas India yang sungguh mirip dengan nasi biryani. Setidaknya ada tiga perbedaan mencolok antara nasi biryani dan pulao.

Pertama, jikalau biryani merupakan makanan utama yang disajikan bersama beragam sajian yang ditambahkan, kalau pulao justru yang menjadi sajian tambahan bakal menemani hidangan utamanya.

Kedua, pada biryani nasi dan dagingnya dimasak secara terpisah sebelum disatukan. Sedangkan pulau menjadi sajian tunggal dalam satu wadah di mana terdapat beras dan daging yang bercampur dalam satu cairan berbumbu hingga meresap. Dan yang ketiga, biryani mempunyai cita rasa bumbu yang lebih kuat dengan komposisi bahan yang lebih rumit dibanding pulau.

Aloo Gobi

Aloo gobi merupakan panganan yang terbuat dari beragam bahan dan bumbu yang didominasi oleh berbagai jenis sayuran seperti kol, kentang, tomat, bawang merah, bawang putih, cabai hijau, jahe, jeruk nipis, dan daun ketumbar.

Makanan khas India satu ini mampu disantap sebagai hidangan utama tanpa lauk pendamping maupun dengan lauk pendamping, tergantung selera.

Selain di India, aloo gobi juga sungguh terkenal di Eropa. Biasanya aloo gobi dijadikan makanan sampingan yang tak hanya menggunakan sayuran tetapi juga daging-dagingan.

Sementara di India sendiri aloo gobi mempunyai banyak variasi, namun hampir keseluruhannya dibuat kering [karena pada dasarnya aloo gobi adalah hidangan kering].

Salah satu variasi aloo gobi yang cukup diminati penduduk India ialah versi dari Maharashtra yang menggunakan kacang polong sebagai bahan tambahannya.

Idli

Idli ialah makanan yang berasal dari India Selatan. Dari tampilan makanannya, idli mempunya bentuk yang mirip dengan surabi khas Bandung, yakni berwarna putih dan umumnya berbentuk bulat melingkar. Di India, idli biasa dihidangkan sebagai menu sarapan.

Masyarakat India biasanya antusias bakal menyantap idli tengah baru keluar adri steamer atau pressure cooker karena masih legit dan hangat. Makanan khas India ini dibuat dari bahan dasar nasi putih dengan tujuan supaya mampu mengenyangkan perut sebagai menu pembuka hari.

Proses pembuatan idli terbilang cukup rumit dan memakan waktu. Hal ini dikarenakan beras yang dipakai harus difermentasi terlebih dahulu selagi 8 – 10 jam dalam air.

Kemudian masa adonan telah mengembang barulah dimasukkan ke dalam cetakan dan dikukus dalam waktu 10 – 12 menit dengan suhu yang tinggi. Apabila telah matang, idli mampu langsung disantap hangat-hangat bersama buah nanas.

Kheema

Kheema, keema, atau qeema ialah makanan tradisional yang begitu terkenal di Asia Selatan, salah satunya ialah India. Makanan ini menggunakan daging giling sebagai sajian utamanya.

Daging-daging tersebut dibumbui oleh beragam rempah yang dikombinasikan bersama kacang polong atau irisan kentang. Daging yang dipilih mampu dari banyak hewan. Kalau di Indonesia [makanan ini juga terkenal di Indonesia] biasanya kheema dibuat dari daging sapi.

Kheema paling nikmat jikalau disantap pada malam hari di mana cuacanya sedang dingin. Makanan khas India ini biasanya tak dimakan sendiri, tetapi dibungkus dulu bersama roti tawar atau naan.

Tekstur legit dari roti tawar atau naan yang berpadu dengan pedasnya kheema mampu membantu menghangatkan tubuh yang sedang kedinginan akibat angim malam.

Rajma Masala

Buat kamu yang sedang berdiet, kamu mampu mencoba bakal rutin makan rajma masala. Rajma sendiri di India merujuk pada kacang merah. Biasanya, biji-bijian menjadi makanan bakal diet kebanyakan orang India.

Rajma masala ialah salah satu makanan khas India yang biasa dimakan bakal membantu program penurunan berat badan seseorang. Rajma biasanya dihidangkan bersama roti dan chapati.

Apabila kamu tertarik dengan panganan ini, rajma masala mampu kamu buat sendiri di rumah. Bahan-bahan yang digunakan hanyalah biji-bijian kering [umumnya kacang merah] yang kemudian direbus hingga matang.

Sehabis itu, proses berikutnya ialah membuat bumbunya yang terdiri dari bubuk cabai, jinten, kunyit, dan garam masala.

Kali semua bahan telah siap, kacang merah dan bumbu mampu langsung ditumis dalam wajan hingga matang. Buat resep membuat rajma masala selengkapnya, kamu mampu menyontek pada halaman ini.

Pakora

Pakora, apa itu? Pakora ialah makanan khas India yang umumnya dihidangkan sebagai menu pembuka.

Bahan yang digunakan bakal membuat pakora antara lain tepung, bumbu rempah, dan sayur-sayuran yang dpotong-potong. Secara tampilan pakora mirip dengan peyek dan jamur crispy. Bedanya, pakora dihidangkan dengan saus cocolan, sambal pedas, atau kecap asin.

Di India, pakora sungguh sering dijadikan camilan. Makanan ini termasuk sehat karena dibuat dari sayur dan telur. Selain itu, pakora juga mampu membuat perut kenyang karena bahan dasar yang dipakai setidaknya mampu mengantarkan sejumlah karbohidrat pada tubuh.

Kalau kamu penasaran mau mencobanya, pakora mampu dibikin sendiri di rumah dengan menengok resepnya di berbagai situs masakan yang tersebar di jagat maya.

Chole Bhature

Chole bhature ialah salah satu makanan khas India berjenis kacang-kacangan. Chole sendiri ialah kacang yang mampu ditemukan di India dengan mudah, bentuknya sungguh menggoda mata.

Sebelum diolah menjadi makanan, chole harus direndam terlebih dahulu selagi satu malam bakal kemudian dimasak bersama beberapa bumbu yang juga dicampurkan dengan yoghurt.

Sementara bhature ialah roti yang berbentuk gemuk seusai melewati proses penggorengan. Ukuran bhature cukup besar namun di dalamnya tidak ada isian sama sekali.

Oleh karenanya, chole dan bhature mampu disantap sebagai sajian yang saling melengkapi. Renyahnya chole yang telah bercampur dalam saus kental dimasukkan ke dalam bhature kemudian dimakan. Di India makanan ini cukup banyak dijual sehingga setiap orang mampu menikmatinya kapan saja.

Pani Puri

Hidangan praktis yang biasa disantap masyarakat India sebagai alternatif jikalau tidak menemukan chole bhature ialah pani puri. Pani puri sendiri lebih dikenal sebagai jajanan pasar yang mengenyangkan.

Bentuk dari makanan khas India ini bulat seperti bola tenis yang di dalamnya berisikan aneka macam isian seperti kacang-kacangan, irisan kentang rebus, dan beragam bumbu rempah termasuk daun mint bakal memperkaya rasanya.

Pani puri juga sama seperti chole bhature yang mampu ditemukan penjualnya di pinggir-pinggir jalan dengan menggunakan gerobak kaki lama.

Penyajian pani puri biasanya dilakukan bersama kuah khas yang terbuat dari campuran daun mint, cabai hijau, gula pasir, jintan bubuk, jahe, daun ketumbar, jeruk nipis, air asam jawa, dan garam.

Pani puri yang dicelupkan ke dalam kuahnya akan menghasilkan cita rasa yang sungguh istimewa di lidah.

Halwa

Halwa atau gajar ka halwa ialah makanan berbentuk manisan yang biasa dijadikan makanan penutup oleh rata-rata warga India.

Manisan halwa terbuat dari bahan dasar wortel yang diserut dan diolah hingga menjadi pudding. Makanan khas India ini biasanya banyak tersaji di rumah-rumah masa Idul Fitri. Di India sendiri, halwa lebih sering dibuat oleh penduduk India Utara.

Karena dibuat dengan tujuan sebagai makanan penutup, halwa dibuat dengan cita rasa yang cenderung manis yang dihasilkan oleh kapulaga.

Halwa umumnya dibentuk kotak dan pada bagian atasnya diletakkan kismis atau almond supaya rasanya lebih nikmat.

Makanan ini paling disukai oleh anak-anak karena banyak mengandung susu dan tinggi serat. Halwa mampu dimakan dalam keadaan dingin ataupun hangat.

Agama serta kebudayaan membawa pengaruh yang besar pada cukup banyak makanan khas India.

Selain itu, akulturasi yang melibatkan India dengan kawasan tetangganya juga menimbulkan dampak yang cukup besar dalam perkembangan seni kuliner India.

Hingga sekarang, masakan India sudah berhasil menyelinap dan memengaruhi masakan-masakan di negara lain di dunia, terutama di kawasan Asia Tenggara, semisal Indonesia, di mana banyak ditemukan beras [yang juga menjadi makanan pokok orang India] sebagai bahan utama bakal hampir keseluruhan jenis masakannya.

Tags: makanan khas india, makanan india, masakan khas india, masakan india, makanan pokok orang ind, makanan india yang terkenal, masakan india yg enak, makanan khas suku indian Tags: Last modified: 6 August 2020

0