Makanan khas Aceh memang beragam. Aceh merupakan salah satu wilayah yang berada di ujung barat Indonesia dan beberapa tahun silam terkena bencana Tsunami yang menghabiskan seluruh wilayahnya.

Akan tetapi bencana yang melanda tidak membuat penduduk menjadi putus asa, sehingga mereka tetap bangkit lagi dan memulai hidup baru.

Aceh terkenal dengan sebutan serambi Mekah, selain itu Aceh juga menyimpan beragam pesona alam yang siap memanjakan mata para pengunjung.

Keberadaan pantai serta gugusan Pulau Weh memang membuat wilayah ini semakin menarik bakal dikunjungi.

Bukan hanya menghadirkan keindahan alam yang indah melainkan aceh juga menyimpan beragam makanan khas Aceh yang terkenal kelezatannya.

Lihat juga Makanan Khas Semarang Yang Enak

Kemudian apa saja makanan asli Aceh?

Tenang pada uraian kali ini makananoleholeh.com akan memberikan beberapa sajian khas Aceh yang tentunya enak dan lezat.

Berikut beberapa makanan khas Aceh yang lezat dan patut bakal kamu nikmati.

Makanan Khas Aceh Terfavorit

[powerkit_toc title=”Daftar isi” depth=”2″ min_count=”2″ min_characters=”1000″]

Mie Aceh

makanan khas aceh

Dari namanya telah mampu diketahui bila makanan ini berasal dari Aceh. Memang benar, mie Aceh ini merupakan jenis makanan yang berasal dari Aceh dan terkenal hampir diseluruh kota-kota yang ada di Indonesia.

Satu jenis makanan khas aceh yang terkenal tidak hanya di tempat asalnya, namun juga di kota-kota besar di Indonesia ini dapat disajikan dengan dua jenis masakan, adalah dengan digoreng ataupun disajikan berkuah.

Kamu juga mampu memesan mie aceh dengan rasa pedas atau rasa gurih. Mie aceh disajikan dengan tambahan lauk mulai dari sejenis seafood ataupun daging.

Bukan hanya mampu disajikan dengan digoreng atau berkuah saja, melainkan kamu juga mampu memesan mie aceh dalam beberapa rasa diantaranya pedas atau gurih sesuai dengan selera kamu masing-masing.

Mie aceh juga ditambahkan beberapa lauk seperti seafood serta tambahan daging.

Kuah Pliek U Aceh

Kuah Pliek U ini merupakan makanan khas Aceh yang berasal dari Aceh Barat. Kuah Pliek U juga termasuk dalam makanan yang cukup terkenal.

Bahkan sampai ada yang mengatakan bila berkunjung ke Aceh belum mencicipi makanan satu ini mampu dikatakan seperti belum berkunjung ke Aceh mengingat terkenalnya serta mampu ditemukan diberbagai rumah makan yang ada di Aceh.

Kuah Pliek U ini diibaratkan seperti sebuah lambang kekerabatan serta keberagaman masyarakat yang ada di Aceh yang kemudian disatukan dalam sebuah kuali sehingga akan menghasilkan cita rasa lezat nan unik.

Pada satu hidangan kuah pliek U akan ditemukan beragam jenis sayuran yang ada di Aceh.

Gulai Kambing Aceh

Jenis makanan asli Aceh berikutnya adalah Gulai Kambing. Gulai kambing ini merupakan makanan dari Aceh yang kerap disajikan serta dikonsumsi dalam keadaan panas.

Kelebihan dari Gulai Kambing ini terletak pada daging yang digunakan adalah amat empuk dan tidak berbau.

Selain itu juga tidak lupa ditambahkan beberapa perasan air jeruk nipis sehingga akan segar kala dikonsumsi.

Timphan Aceh

Makanan dari Aceh ini berbentuk kue. Timphan merupakan kue yang telah terkenal sejak dahulu.

Kue dengan rasa manis ini memang amat pas digunakan sebagai buah tangan kala berkunjung ke Aceh.

Berkunjung ke Aceh amat kurang lengkap manakala tidak mencicipi Timphan serta membawa pulang bakal keluarga dirumah.

Buat rasanya, kue khas Aceh ini memiliki rasa legit serta dibuat dengan menggunakan bahan utama berupa olahan tepung ketan yang telah diisi dengan nangka, buah pisang raja, selai, ubi hingga labu.

Isian tersebut kemudian dibalut dengan menggunakan tepung serta dibungkus dalam kulit daun pisang. Yang membuat menarik timphan ini mampu bertahan sampai 3 hari dengan aroma wangi.

Dendeng Aceh

Sama halnya dengan Tumpiah, dendeng Aceh juga diperuntukkan sebagai oleh-oleh khas Aceh.

Dendeng Aceh ini terbuat dari daging sapi yang telah diiris tipis kemudian dikeringkan serta dicampur dengan beragam bumbu dan rempah pilihan bakal membuat cita rasa serta aroma semakin memikat.

Dendeng Aceh terdiri dari beberapa rasa diantaranya gurih serta manis. Dendeng Aceh ini amat nikmat manakala disajikan bersama dengan nasi.

Kamu mampu mendapatkan dendeng Aceh dibeberapa toko yang tersebar di wilayah Aceh.

Keumamah Ikan Aceh

Nama kuliner satu ini masih asing terdengar ditelinga. Keumamah merupakan kuliner yang terbuat dari olahan bahan ikan tuna yang sebelumnya direbus serta dikeringkan dan diiris bakal dijadikan sebagai menu masakan lezat.

Keumamah juga mampu anda bawa pulang kala telah dikeringkan bahkan mampu bertahan dalam jangka waktu berminggu-minggu serta akan tetap lezat kala diolah.

Buat menambah cita ras, keumamah ini dimasak bersama dengan hidangan pelengkap yang ditambahkan dengan beberapa bumbu serta rempah pilihan lain seperti santan kelapa, kentang dan cabai hijau.

Langkah ini dibuat bakal menambah kelezatan enkot biar semakin sempurna, bila anda tertarik lalu mampu menemukan diberbagai rumah makan di Aceh.

Boh Rom Rom Aceh

Bohromrom juga termasuk dalam jenis makanan yang cocok digunakan sebagai oleh-oleh.

Bohromrom ini hadir dengan rasa bentuk serta rasa unik yang enak dan legit. Bohromrom juga dikenal dengan sebutan kue boh duek beudeh yang disajikan dengan cita rasa manis serta tekstur lembut.

Dengan taburan parutan kelapa, bohromrom semakin terlihat menggugah selera. Bohromrom sendiri dibuat dengan tepung ketan, garam, gula jawa atau gula merah, air dan lainnya.

Proses pembuatan kue bohromrom juga terbilang amat mudah, dimana Anda hanya perlu mencampurkan tepung ketan dan air panas dan selanjutnya mengaduknya hingga rata.

Meuseukat

Meuseuat merupakan jenis makanan tradisional dari Aceh yang cukup terkenal karena desain serta rasanya yang legit dan lezat.

Kebanyakan, meuseukat ini memiliki bentuk mirip dengan dodok Aceh. Bahan utama yang digunakan adalah tepung terigu serta campuran nanas.

Namun kue ini agak sulit didapatkan karena harus melewati proses pemesanan terlebih dahulu.

Manisan Pala Aceh

Kuliner khas Aceh ini juga amat pas digunakan sebagai oleh-oleh terbaik, manisan pala memiliki peminat yang cukup banyak dan makanan ini merupakan makanan ringan yang masuk dalam golongan buah-buahan.

Kamu mampu mendapatkan manisan pala di daerah Aceh Selatan akan tetapi hampir semua toko yang ada di Aceh juga telah menjual hidangan satu ini.

Buah pala biasanya diolah oleh masyarakat menjadi manisan, sirup, minyak pala hingga kembang gula lezat yang sulit diabaikan sebagai salah satu makanan khas Aceh yang wajib dicoba.

Pisang Sale Aceh

Menu yang cocok digunakan sebagai oleh-oleh selanjutnya merupakan pisang sale. Pisang sale menjadi salah satu menu terbaik yang cukup banyak dinikmati oleh masyarakat serta para wisatawan yang datang ke Aceh.

Buat rasanya, pisang sale hadir dengan rasa yang gurih serta legih sehingga amat pas sebagai camilan.

Sate Matang

sate matang merupakan salah satu makanan khas provinsi aceh dimana berasal dari daerah matang, bireun. Sate matang ini biasanya menggunakan daging kambing dan juga kambing sapi.

Buat pengolahanya seperti sate biasanya adalah di potong-potong terus di tusuk menggunakan lidi terus di bakar.

Yang membedakan sate matang ini merupakan resep dan rempah-rempah yang digunakan.

Kuah Masam Keu-eung

Masam keu-eung ini masakan dengan rasa pedas nikmat. Kuliner yang satu ini memang hanya ada diwilayah aceh saja. Jadi kala anda pergi ke aceh wajib coba nih Masam keu-eung.

Buat rasa kuah pedas gurih tentu ini akan membuat makan kita jadi lahap.

Kuah Sie Itek

Makanan khas aceh selanjutnya merupakan bireun, makanan yang terbuat dari bahan itik / bebek ini menjadi favorit di aceh.

Dengan rasa yang gurih sedap karena menggunakan resep rempah-rempah yang sejak dulu digunakan bakal memasak makanan yang enak.

Konon Bireun ini merupakan masakan warisan leluhur yang telah di ajarkan turun temurun.

Ayam Tangkap

Ayam tangkap merupakan olahan daging ayam yang dicampurkan dengan cabe hijau dan daun teumuru.

Olahan ayam ini memang memiliki cita rasa yang enak dan sedap. Daging di potong agak kecil-kecil terus diberi sedikit bawang goreng dan juga kecap.

Rasa tentu nggak mampu bohong, dijamin kala anda mencicipi ayam tangkap ini pasti ketagihan.

Rujak Aceh

Rujak aceh menjadi makanan tradisional aceh, dengan memiliki rasa yang berbeda dengan rujak lainnya rujak aceh ini amat unggul baik dari segi rasa maupun bahan yang digunakan.

Rujak aceh sendiri dibuat menggunakan buah rumbia aceh, dan beberapa orang menghadirkan dengan hangat dan dingin, tergantung seleranya.

Martabak Aceh

Martabak memang setiap kota memiliki keunikan sendiri. Martabak aceh sendiri menggunakan topping dari bawang merah dan campuran cabe hijau.

Selain itu martabak aceh biasanya disajikan dengan kuah pedas yang amat cocok bakal menikmati sore hari.

Ungkot Kemamah

Makanan khas suku aceh satu ini memang sejak turun temurun menjadi primadona setiap keluarga.

Ungkot kemamah sendiri terbuat dari ikan tuna rebus kemudian di bentuk kecil-kecil dan diberi dengan kuah santan yang kental.

Buat bahan pendukung lainnya supaya rasa dan pedasnya nikmat menggunakan cabe hijau, kentang, daun salam dan bumbu rempah lainnya.

Makanan Khas aceh lainnya diantara lain merupakan

Kue Adee atau Bingkang

Kue Timphan

Pisang Sale

Nasi Gurih

Kuah Beulangong

Eungkot Paya

Sie Reuboh

Mie Jalak Sabang

Bakpia Aceh

Rujak Samalanga

Lihat juga Makanan Khas Lampung Terkenal

Makanan khas Aceh banyak sekali macamnya dan kebanyakan jenis makanan tersebut amat pas digunakan sebagai oleh-oleh ketika berwisata ke aceh, dan dibawah pulang bakal keluarga di rumah.

Tags: makanan khas aceh, makanan daerah aceh, makanan tradisional aceh, makanan aceh, makanan khas daerah aceh, masakan aceh, MAKANAN KHAS PROVINSI SULAWESI SELATAN, masakan khas aceh Tags: Last modified: 22 July 2020

0