Makanan Khas Maluku Utara terkenal dengan olahan ikan yang pedas. Terdapat banyak pilihan olahan kuliner mulai dari camilan hingga hidangan utama. Makanan khas di Maluku Utara ini biasanya yakni makanan / hidangan utama.

Disajikan sebagai lauk buat makan. Makanan ini juga termasuk ke dalam makanan tradisional karena telah ada sejak zaman dahulu kala.

Makanan khas yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Berikut yakni makanan-makanan yang menjadi menu ciri khas Maluku Utara.

Makanan Khas Maluku Utara

1. Gohu Ikan

Dari namanya saja telah dipastikan makanan ini berasal dari olahan ikan. Gohu ikan yakni makanan khas daerah Maluku Utara yang berbahan utama ikan tuna. Ikan tuna yang digunakan yakni tuna mentah.

Gohu ikan ini juga terkenal dengan nama sashimi Ternate karena menggunakan ikan mentah. Selain ikan tuna, gohu ikan ini juga dapat dibuat dari ikan yang lain. Misalnya saja ikan tenggiri, ataupun ikan cakalang.

Tuna dipilih karena teksturnya sungguh lembut. Selain itu dagingnya juga lebih tebal dibanding ikan lainnya. Makanan ini biasanya disajikan dengan kuah pedas dan potongan tuna mentah.

2. Gatang Kenari

Makanan Khas Maluku yang lainnya yakni gating kenari. Gating kenari sungguh populer di Maluku Utara dengan nama ketam kenari. Dalam bahasa Indonesia olahan ini yakni olahan kepiting kenari.

Di Maluku terdapat banyak kepiting kenari. Disebut sebagai kepiting kenari karena hewan darat yang satu ini mampu mengupas kelapa. Kepiting kenari juga memiliki rasa yang lebih gurih dari pada kepiting lainnya.

Gatang kenari diolah menjadi kering dan diberi bumbu pedas. Oleh karena itu, gating kenari ini sungguh cocok buat dijadikan lauk makan.

3. Halua Kenari

Yang satu ini bukan masakan berat maupun lauk. Halua kenari yakni salah satu camilan khas Maluku Utara. Banyak orang yang menyukai camilan ini karena halua kenari memiliki rasa yang manis.

Dalam bahasa Indonesia, Halua Kenari juga disebut sebagai almond Jawa manis. Almond atau kacang kenari ini memiliki nutrisi yang baik buat tubuh. Sehingga konsumsi halua kenari juga akan bermanfaat bagi kesehatan.

4. Nasi Jaha

Nasi Jaha merupakan makanan tradisional yang telah ada turun temurun bagi suku di Maluku Utara. Nasi ini sama dengan nasi pada umumnya yang terbuat dari beras.

Yang membedakan nasi jaha dengan nasi biasa yakni campuran pulo dalam nasi ini. Pulo yakni beras ketan. Sesudah kedua jenis beras ini dicampurkan, terus ditambahkan santan. Beras ini kemudian dimasak bersamaan dalam satu wadah bambu.

Nasi jaha biasanya direbus namun jikalau menggunakan bambu lalu nasi tersebut akan dibakar. Wadah bambu yang digunakan akan menambah cita rasa dan aroma yang khas pada nasi jaha.

5. Papeda

Siapa yang tak mengenal makanan satu ini? Papeda telah sungguh populer sehingga tidak perlu diragukan lagi keunikan rasanya. Pada awalnya, Papeda yakni makanan pokok khas Maluku Utara dan Papua.

Sebelum ada nasi, masyarakat di sana memakan papeda. Papeda ini terbuat dari tepung sagu yang diolah sehingga mengental. Makanan ini digunakan sebagai pengganti nasi.

Lihat juga makanan khas kalimantan barat

Jadi terkadang, papeda dapat dinikmati dengan berbagai lauk dan sayur. Cara makan papeda juga begitu unik, yakni menggunakan garpu.

Makanan Khas Maluku Utara memang berbeda jauh dengan makanan di kota metropolitan. Namun, makanan khas inilah yang membuat bangsa dan negara kita kaya dengan kuliner.

Tags: makanan tradisional khas maluku utara, makanan tradisional maluku utara, gohu ikan maluku, gohu tengiri, khas-maluku/utara, lauk nasi jaha, makan khas maluku utara, sejarah makanan di maluku Tags: Last modified: 8 January 2020

0