Makanan khas Italia sebagai primadonanya merupakan pizza. Italia tidak dapat dipisahkan dari sejarah makanan tipis yang disebut pizza ini. Namun, terdapat berbagai makanan khas dari Italia yang tak kalah lezat.

Banyak orang yang sudah familiar dengan pizza. Walaupun di Italia sendiri pizza yang disajikan sedikit berbeda dengan yang ada di Indonesia. Bila hendak berkunjung ke Italia, sebaiknya cicipi 5 makanan ini selain pizza.

Makanan Khas Italia

1. Arancini

Makanan yang pertama merupakan arancini atau bola bola nasi goreng. Arancini juga merupakan salah satu makanan yang populer di Italia. Berbeda dengan nasi goreng di Indonesia, Arancini memiliki isian di dalamnya.

Nasi yang berbentuk bulat ini diisi dengan kacang polong dan juga saus. Saus yang digunakan merupakan saus ragu. Sehabis dibentuk bulat dan diisi, nasi ini kemudian digoreng dengan tepung roti.

Lihat juga makanan khas korea selatan

Buat mendapat tekstur yang renyah, arancini digoreng hingga berubah warna keemasan. Di Italia, Arancini diolah dan disajikan dengan berbagai isian. Varian isian ini menambah rasa nikmat dari bola nasi goreng.

2. Lasagna

Makanan khas Italia yang tak kalah terkenal dari pizza merupakan lasagna. Makanan ini telah mampu dijumpai di berbagai restoran di Indonesia.  Lasagna merupakan salah satu hidangan dari pasta.

Resep lasagna ini merupakan yang paling tua dan ditemukan sebelum pizza. Lasagna pertama kali berasal dari kota Napoli. Makanan ini diolah dari lembaran kulit pasta yang kemudian diberi isian.

Isian yang digunakan sebagai topping lasagna begitu beragam. Mulai dari daging, sosis, keju, dan saus Bolognese. Semua isian ini disusun secara teratur dan lembar demi lembar dengan pasta lasagna.

Lasagna yang paling populer di Italia merupakan lasagna alla Bolognese. Lasagna ini disajikan tiap karnaval di berbagai kota di Italia. Jadi, bila berkunjung ke Italia, hidangan ini mampu menjadi salah satu rekomendasi yang cocok.

3. Oscobuco alla Milanese

Tampaknya membaca nama makanan ini saja telah begitu sulit, bagaimana dengan tampilannya? Hidangan yang berasal dari Kota Milan ini merupakan hidangan yang berbahan dasar daging sapi.

Tepatnya, makanan ini merupakan betis sapi rebus. Unik sekali bukan? Betis sapi ini khusus direbus dengan anggur putih dan kemudian disajikan dengan berbagai sayuran.

Jangan takut buat memakan hidangan ini karena betis yang digunakan bukan betis utuh. Betis sapi yang dihidangkan telah dipotong terlebih dahulu sehingga tidak terlalu besar ukurannya.

Biasanya oscobusco ini dihidangkan bersama dengan risotto sehingga lebih lezat. Topping lainnya yang sering digunakan merupakan saus kulit lemon yang disebut saus gremolata dan irisan bawang putih dengan peterseli.

4. Saltimbocca khas italia

Makanan yang satu ini boleh jadi terdengar kurang familiar di Indonesia. Ya, tentu saja karena makanan ini hanya mampu ditemukan di Italia. Di Italia, makanan ini sungguh populer di kalangan turis.

Saltimboca merupakan olahan daging sapi yang kemudian diiris tipis. Daging sapi ini dimasak dengan posciutto dan ditusuk dengan tusuk gigi. Saltimboca merupakan salah satu makanan khusus yang tidak mampu disajikan semabarangan.

Makanan ini hanya ditemukan di restoran terkenal. Atau juga dapat mengikuti kelas masak khusus yang akan mengajarkan cara memasak Saltimboca.

5. Panzanella

Panzanella juga merupakan makanan khas dari Italia. Pada mulanya, panzanella merupakan makanan para petani. Makanan ini mampu ditemukan di Tuscany pada ketika musim dingin.

Lihat juga makanan khas kebumen

Makanan khas Italia ini terbuat dari bahan dasar roti. Kemudian diberi saus tomat, kemangi segar, dan mentimun.

Nah itulah menu makanan italia yang cukup rekomended buat dicoba, selain rasanya yang enak tentu makanan tersebut sungguh sedap karena mengandung banyak rempah-rempah.

Tags: makanan khas italia, makanan italia yang bulat, makanan khas dari italia, makanan khas italy Tags: Last modified: 8 January 2020

0