Bali merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik local maupun mancanegara. Tempat-tempat yang indah di Bali menjadi tujuan bagi para wisatawan bakal datang mengunjungi Bali. Akan tetapi, tidak sampai disitu saja karena di Bali juga terdapat banyak makanan khas yang wajib anda coba. Meskipun Bali terkenal sebagai pulau seribu dewata, anda yang Muslim tidak perlu khawatir karena disana juga ada banyak kuliner yang halal dan mampu dijadikan referensi anda bakal mencicipi makanan lezat di bali.

Makanan khas Bali halal mampu anda dapatkan meskipun tidak mudah. Walaupun begitu, tentu hal tersebut mampu menjadi kabar gembira bakal anda terlebih yang mau mencicipi masakan khas yang ada di Bali yang biasanya makanan khas mereka berbahan dasar Babi.

5 Makanan Bali Yang Halal Bakal dicoba sekarang

Seperti yang pernah dijelaskan sebelumnya bahwa di Bali memang terkenal dengan makanan khasnya yang berbahan dasar Babi semisal babi guling, sate babi, dan lain sebagainya. Akan tetapi, meskipun jarang, makanan bali yg halal pun mampu anda jumpai disana. Oleh karena itu, wisatawan Muslim yang berkunjung mampu memilih makanan tersebut bakal dicicipi. Berlanjut masakan khas apa saja yang halal dan mampu dijumpai di Bali, berikut ini daftarnya.

1. Nasi Tekor Bali

Makanan pertama yang patut anda coba merupakan nasi tekor. Kuliner satu ini mampu dibilang cukup unik dan juga masih banyak orang yang belum mendengar kuliner ini. Meskipun begitu, makanan ini cukup sedap dan banyak penggemarnya. Nasi tekor sendiri merupakan nasi yang disajikan dengan tekor atau pincuk. Pincuk merupakan wadah tradisional yang terbuat dari daun pisang dan telah digunakan sejak zaman dahulu kala. Meskipun terlihat tradisional, racikan bumbu pada masakan cukup menggugah selera.

Anda yang mau mencicipi makanan ini, anda mampu mengunjungi Desa Budaya Kertalangu, Denpasar Timur. Ditempat ini, anda mampu menikmati makanan tersebut dengan suasana seperti berada di rumah tua dan lengkap dengan pernak pernik hiasan yang akan membawamu ke masa kecil dulu. Pada dasarnya, ditempat ini juga tidak hanya nasi tekor saja karena anda mampu menemuan nasi khas Bali dengan sajian lauk pauk yang cukup sederhana seperti lauk lawar biu batu, serapah ayam, kacang goreng, serapah ayam, sambal bali, kuah ares dan ayam panggang.

2. Bebek bengil Bali

Selain nasi tekor, makanan bali yg halal lainnya mampu dijumpai di Bali merupakan bebek bengil yang memiliki cita rasa gurih dan lezat. Bebek bengil sendiri merupakan pelopor bakal crispy duck atau sering disebut dengan bebek krispi yang mampu dijumpai di Bali. Ditempat ini, anda tidak akan pernah menjumpai pemandangan yang sepi karena keramaian mampu terus dijumpai ditempat ini. Bakal mencicipi makanan ini sendiri anda mampu mendapatkannya di The Bay Nusa Dua. Cita rasa dari crispy duck mampu diacungi jempol karena cita rasa yang khas dan gurihnya minta ampun.

Bukan hanya masakannya saja yang memiliki cita rasa yang amat khas, suasana yang mirip seperti berada di Ubud juga memberikan suasana asri yang dikelilingi oleh pepohonan dan juga gazebo ala bali. Dengan suasana yang menyenangkan tentu masakan ini akan menghibur anda dengan amat baik. Selain menu crispy duck, anda juga mampu mendapatkan menu lezat lain yang halal disini seperti nasu campur ataupun bebek sambal ijo khas bali yang memiliki cita rasa tidak kalah lezatnya dengan menu utamanya.

3. Ayam Betutu Bali

Makanan khas Bali halal selanjutnya yang pasti merupakan ayam betutu Makanan ini sendiri memang merupakan khas Bali dan tidak mampu ditemukan ditemukan ditempat lain. Cita rasa dari ayam betutu memang amat khas karena aroma dari cita rasa rempah khas Bali yang tentu akan membuat lidah anda kangen dengan resep tersebut. Kuliner ini sendiri memang menjadi salah satu yang paling diketahui oleh banyak orang/ terkenal dan pernah menjadi ikon kuliner di Bali. Terlebih menu masakan ini juga halal sehingga masyarakat muslim yang datang ke bali mampu langsung mencicipi makanan tersebut tanpa adanya keraguan.

Menu masakan khas Bali yang halal ini sendiri terbuat dari ayam kampong muda dan dimasak dengan cara dipanggang. Karena terbuat dari daging ayam muda, tentu cita rasa dan daging ini lebih lembut jikalau dibandingkan dengan ayam jenis lainnya. Terlebih penggunaan ayam kampung juga menjadi kelebihan tersendiri dari menu ayam betutu. Sebelum dipanggang, ayam betutu di bersihkan dan dibumbui dengan berbagai macam bumbu rempah khas Bali tentunya. Cara pembumbuan ini cukup unik dan juga mempengaruhi cita rasa ayam betutu. Cara membumbui menu ini merupakan dengan memasukkan semua bumbu kedalam perut ayam yang telah dibelah. Ayam yang telah dibumbui tersebut kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang sepanjang sehari. Cara pembuatan seperti inilah yang membuat cita rasa ayam betutu gurih dan juga memiliki tekstur daging amat empuk.

4. Nasi tepeng Bali

Kuliner satu ini merupakan makanan khas yang berasal dari daerah Gianyar, Bali. Nasi Tepeng sendiri memiliki penyajian yang cukup unik dan membuat cita rasanya amat menarik dan menggiurkan. Disajikan dengan tekstur lembek, kemudian nasi ini memiliki tekstur yang cukup berbeda dengan nasi pada umumnya. Penyajiannya pun cukup unik karena disajikan di wadah pisang. Tidak sampai disitu saja karena lauk pauk pada nasi tepeng juga amat beragam dan mampu membuat anda tergiur dengan cita rasa khas Balinya.

Lauk utama pada nasi Tepeng yang utama memang telur dan sewiran ayam kamung goreng. Dengan bumbu khas Bali, suwiran ayam goreng dan telurnya akan membuat lidah anda tertarik bakal mencobanya karena aromanya memang cukup enak. Tidak sampai disitu saja karena ada lauk lainnya seperti sayuran yang mirip dengan sayur kluban atau urap yang berasal dari daerah jawa. Sayuran tersebut berupa campuran kacang panjang rebus, nangka muda, daun kelor, dan terong muda dan kemudian dicampur dengan parutan kelapa muda yang pernah dibumbui oleh rempah. Sayuran inilah yang membuat cita rasa nasi tepeng terasa lebih pedas dan gurih. Porsi dari menu makanan ini sendiri cukup besar sehingga amat cocok bakal sajian menu makan siang.

5. Nasi campur Bali

Sedangkan kuliner khas Bali yang halal terakhir merupakan nasi campur Bali. Menu nasi campur bali ini sendiri biasanya dimakan bakal menu sarapan dan makan siang. Menu ini terdiri dari lauk pauk yang bermacam-macam seperti sate lilit, daging sapi, sayur kedelai hitam dan kerupuk udang. Karena banyaknya lauk tersebut kemudian tidak heran cita rasa dari nasi campur ini amat unik dan sedap. Walaupun begitu, cita rasa yang mendominasi pada kesemua lauk tersebut merupakan rasa pedas dengan aroma rempah khas Bali.

Bakal menemukan kuliner campur ini, anda mampu datang ke rumah makan nasi Ayam kedaton yang berada di daerah Jalan Raya Kuta. Rasakanlah sensasi makan nasi campur di Bali.

Makanan khas Bali halal memang tidak mudah bakal ditemukan karena di Bali mayoritas beragama Hindu namun, bukan berarti kita tidak mampu menemukan makanan khas yang halal di Bali bakal dimakan karena masih banyak makanan halal yang mampu di jumpai.

Demikianlah kelima makanan bali yg wajib anda coba tengah datang ke Bali. Dengan berbagai menu makanan khas yang telah yakin kehalalannya di Bali, kemudian tunggu apa lagi bakal mencicipi masakan-masakan tersebut?

Tags: 5 makanan halal, Pincuk kluban Last modified: 24 July 2019

0