Indonesia bukan hanya kaya akan budaya dan alamnya saja, melainkan juga kaya akan makanan khas yang sungguh sayang sekali apabila dilewatkan. Bahkan makanan khas daerah Indonesia masuk dalam daftar makanan paling lezat di dunia yaps salah satunya yaitu rendang. Telah kita tahu bahwa rendang merupakan maknan ternikmat masa ini, dibuat dengan bumbu dan rasa yang khas yang menghasilkan kelezatan tak tertandingi.

Lihat juga Makanan Khas Indonesia

Namun pada uraian kali ini makananoleholeh.com bukan hanya membahas perihal rendang saja, melainkan juga akan membahas perihal beragam makanan khas daerah Idonesia. Buat kamu semua yang senang jalan-jalan keliling nusantara kemudian sungguh sayang sekali manakala tidak mencicipi lezatnya sajian kuliner makanan khas Indonesia.

10 Makanan Lezat Indonesia yang Mendunia

1. Rendang

Daftar makanan khas daerah Indonesia yang pertama ditempati oleh makanan paling enak di dunia yakni rendang. Telah bukan rahasia lagi apabila semua orang tahu dengan makanan yang satu in. Makanan yang menggunakan daging sapi ini cukup terkenal hampir ke seluruh penjuru nusantara.

Kamu tentu pernah mendengar bahwa rendang ini dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia oleh CNN. Dengan publikasi itu membuat rendang makin dikenal lagi secara internasional.

Bahan dasar yang digunakan buat membuat rendang yakni daging sapi dengan campuran banyak bumbu serta rempah pilihan. Daging sapi tersebut kemudian dimasak dalam campuran rempah hingga matang dan meresap. Buat rasanya telah jangan ditanya lagi yang jelas akan membuat lidah kamu bergoyang.

2. Kerak Telor

Makanan yang kedua ini merupakan makanan yang berasal dari ibu kota. Kerak telor merupakan makanan khas dengan bentuk seperti martabak namun memiliki isian berbeda. kerak telor merupakan gulungan telur yang sebelumnya telah dimasak di atas tungku dengan menggunakan cetakan wajan berisi ketan serta ubi. Nah isiannya inilah yang membedakan antara kerak telor dengan martabak telor.

3. Roti Buaya

Masih dengan kuliner khas ibu kota, sesudah kerak telor mari kita mengenal roti buaya. Roti buaya merupakan makanan khas masyarakat Betawi yang kerap dihidangkan manakala menyelenggarakan beberapa acara seperti pernikahan.

Bukan hanya memiliki rasa yang enak, roti buaya juga disajikan dengan bentuk yang besar menyerupai hewan buaya. Nah di ibu kota banyak juga toko yang menyediakan roti buaya buat konsumsi masyarakat luas.

4. Ikan Kuah Pala Banda

Nah sajian khas Nusantara keempat ini merupakan makanan dari Maluku. Ikan kuah pala Banda merupakan makanan dari kepulauan Banda Maluku. Masakan ini merupakan jenis masakan yang kerap diunggulkan oleh masyarakat Banda dikarenakan aromanya yang dapat menggugah selera makan.

Bahkan saat Bangsa koloni masih menjajah Nusantara, masakan ini menjadi sajian utama buat petinggi-petinggi koloni di Banda. Hal tersebut membuktikan bahwa kelezatan dari masakan ini telah tidak dapat diragukan lagi. Karena terpercaya sejak dulu hingga sekarang.

Yang menjadikan makanan ini istimewa yakni cita rasa dari ikannya, kuahnya juga memiliki kenikmatan yang kaya dengan bumbu rempah sehingga akan memberikan rasa segar manakala mencicipinya.

5. Coto Makassar

Nah makanan dari daerah Indonesia ini juga cukup terkenal hingga penjuru nusantara. Nah ini dia Coto Makassar. Coto Makassar mampu memberikan kesan mendalam bagi siapa saja yang pernah menikmatinya. Sajian yang kaya akan rempah ini memiliki rasa yang sungguh renyah sehingga akan memberikan kesan mendalam kepada siapa saja yang menikmatinya.

Buat sajiannya, Coto Makassar ini disajikan dengan kuah kental serta potongan daging besar serta daun bawang dan bawang goreng yang disajikan dengan terpisah. Buat rasanya jangan ditanya telah pasti akan menggoyang lidah kamu semua.

6. Gudeg

Siapa yang tidak kenal dengan makanan satu ini? Kamu yang berkunjung ke Yogyakarta jangan lupa buat mencicipi manisnya gudeg. Gudeg merupakan jenis makanan dengan bahan dasar nangka muda. Gudeg menjadi ikon kuliner kota pelajar. Buat rasanya, sebenarnya Gudeg memiliki rasa yang cukup manis sehingga kurang pas dengan lidah orang luar Jawa.

Namun cita rasa manis ini akan semakin nikmat manakala dihidangkan bersama dengan nasi pulen, sambel goreng krecek serta opor ayam yang gurih dan ditambahkan telur, tahu atau tempe bacem.

Ada dua macam jenis gudeg, yakni gudeg basah dan gudeg kering. Perbedaannya terletak pada kekentalan santan gudeg, santan gudeg kering lebih kental dibandingkan santan gudeg basah.

7. Pindang Gunung

Nah buat makanan ini merupakan makanan khas dari Ciamis. Pindang gunung merupakan makanan berkuah yang menjadi hidangan segar berkuah dengan menggunakan bahan utamanya ikan. Buat rasanya, pindang gunung ini kerap disajikan dengan rasa asam pedas.

Bahan yang digunakan buat membuat pindang gunung diantaranya ikan kakap, kakap merah bahkan tongkol.

Biasanya dipotong – potong berlanjut dimasukkan ke panci yang telah diisi dengan air yang dibumbui dengan beberapa bahan seperti kemiri, cabe, jahe, terasi, garam dan lain – lain.

Kamu dapat menikmati hidangan ikan segar ini di berbagai tempat di Ciamis. Mulai dari restoran, warung – warung dan bahkan terkadang kedai kopi juga menyediakan hidangan ini.

8. Nasi Timbel

Nasi Timbel merupakan kuliner khas daerah Indonesia yang biasanya disiapkan buat para petani kemudian dimakan masa istirahat. Akan tetapi, sekarang Nasi Timbel ini disajikan buat semua orang. Terkait dengan penyajiannya timbel biasa disajikan menggunakan daun pisang dan di warung makan biasanya disajikan dengan menggunakan piring.

Nasi Timbel ini terdapat beragam lauk pauk diantaranya ikan asin, pepes ikan, ampela, ayam goreng serta japuh. Selain itu buat menambah nikmatnya kemudian dapat ditambahkan dengan lalapan serta sambal buat menambah nilai tradisionalnya.

9. Lotek

Masih dengan makanan yang berasal dari Sunda. Lotek merupakan makanan khas Sunda yang mirip dengan gado-gado. Akan tetapi manakala dilihat proses pembuatannya lotek lebih mirip dengan pecel khas Jawa. Di Sunda, lotek ini menjadi salah satu jenis makanan yang banyak digemari oleh warga masyarakat. Nah apabila sobat bermain ke Jawa Barat jangan lupa buat mencoba nikmatnya lotek.

Lotek juga disajikan dengan menggunakan sayur mayur yang tidak terlalu berbeda dengan gado-gado seperti kangkung, kembang kol serta toge. Sayur mayur tersebut kemudian dicacah dan disiram menggunakan bumbu kacang sesudah itu ditambahkan dengan kentang rebus yang sebelumnya telah ditumbuk.

10. Ayam Taliwang

Nah ayam taliwang ini merupakan makanan khas nusantara dai Lombok. Ayam Taliwang telah terkenal di seluruh penjuru nusantara. Buat rasanya ayam taliwang ini memiliki rasa pedas serta maknyus banget. Bukan hanya dibakar saja, ayam taliwang juga kerap disajikan dengan cara digoreng.

Ayam kampung yang dipilih merupakan ayam yang masih muda sehingga dagingnya sungguh empuk dan mudah sekali di lepaskan dari tulang-tulangnya. Sensasi makanan pedas memang surganya kuliner di Lombok.

Lihat juga Makanan Khas Bali Halal

Itulah 10 makanan khas daerah Idonesia yang wajib buat anda cicipi, bagaimana sobat telah siap menikmati yang mana nih? Makanan khas daerah Indonesia cukup banyak sekali jenisnya, buat rasanya jangan ditanya lagi telah pasti menghadirkan rasa yang nikmat”

Tags: makanan lezat indonesia, 10 makanan khas daerah dari pisang, INDONESIA: Mari kita cari makanan GUDEG ENAK di YOGJAKARTA!!!, makanan internasional daerah indonesia, daerah di indonesia yang mendunia, gambar dan makanan khas daerah, kerak telor berasal dari daerah, pisang kipas khas daerah mana? Last modified: 4 December 2020

0