Lebaran bagi umat muslim tentu saja menjadi hal yang amat dinantikan. Bukan hanya oleh umat muslim saja namun seluruh masyarakat indonesia turut merasakan betapa meriahnya momen lebaran. Sesudah berpuasa selagi sebulan penuh, masyarakat indonesia biasanya akan membuat makanan khas lebaran yang lezat dan juga begitu istimewa. Ada banyak sekali makanan yang akan menjadi sajian wajib lebaran.

Masa keluarga berkumpul tentu merupakan kebahagian yang tak dapat dijelaskan, apalagi kala hari lebaran pernah tiba tentu para ibu membuat menu makanan yang memiliki rasa nikmat sepanjang tahun tersebut karena tahun tersebut merupakan tahun kebahagiaan.

Lihat juga makanan khas bali halal

Sanak saudara berkumpul dan saling menikmati menu masakan ibu, berbagi kebahagian bersama memang hal yang paling menyenangkan dan mengesankan. Tak heran  menu makanan lebaran menjadi pilihan buat menjadikan keluarga lebih harmonis dan romantis.

Makanan Khas Lebaran

Nah apa saja makanan khas lebarang yang sering di sajikan oleh para ibu-ibu rumah tanggan, berikut beberapa diantaranya akan kita bahas bersama sehingga anda juga dapat mempersiapkan menu lebaran anda tahun ini dengan lebih baik.

1. Ketupat Lebaran

Makanan pertama yang wajib ada di meja makan pada kala momen lebaran yakni ketupat. Masakan ini sederhana sekali namun memiliki makna dan filosofi yang amat baik. Ketupat terbuat dari beras yang dimasak dalam wadah berbentuk seperti segi empat dari daun kelapa. Makanan ini memang terasa hambar bila dimakan sendiri tanpa ada lauk namun bila telah di sajian bersama dengan opor, gulai, sayuran atau berbagai macam lauk khas lebaran tentu saja rasanya akan amat lezat. Filosofi dari ketupat yakni menggambarkan kehidupan manusia yang rumit dan banyak masalah seperti dalam cara pembuat ketupat yang sulit. Namun bila mampu mensejajarkan dan menyelaraskan hidup makan akan menjadikan hidup begitu indah, saling bersatu dan juga penuh dengan kenyamanan.

2. Opor ayam Lebaran

Makanan khas lebaran yang tidak akan pernah dilewatkan oleh banyak keluarga di indonesia yakni opor ayam. Menu masakan ini memang amatlah pas bila disajikan dengan ketupat. Asa opor amatlah lezat karena terbuat dari ayam segar yang dimasak dengan kuah santan kental dan juga diberi bumbu istimewa. Makanan ini memang amat gurih sehingga siapapun yang menyantapnya di hari lebaran akan semakin merasakan betapa istimewanya hari tersebut. Menu masakan ini memang menjadi menu masakan khas di hari yang fitri namun banyak juga yang menjadikan opor sebagai menu masak rumahan.

3. Sambal goreng ati

Sambal goreng ati juga tidak kalah istimewa dengan opor ayam. Makanan ini akan menjadi pelengkap masakan opor dan juga ketupat. Sambal goreng ati memiliki cita rasa yang manis, gurih dan sedikit pedas. Ati yang digunakan biasanya ati ayam atau bahkan ati sapi. Anda tentu saja juga amat menyukai makanan yang satu ini. Selain dijadikan menu khas lebaran, kenikmatan dari sambal goreng ati ini juga menjadikan masyarakat banyak yang memasaknya tengah memang sedang membutuhkan makanan lezat di hari biasa.

4. Rendang

Makanan yang sering disebut rendang yakni makanan khas dari padang. Meskipun berasal dari padang namun telah banyak masyarakat indonesia yang menjadikan makanan ini sebagai salah satu makanan khas hari lebaran. Rendang memang amat lezat sehingga amat pas bila disajikan di meja makan kala hari lebaran. Momen berkumpul dengan keluarga akan menjadi lebih terasa hangat bila menu yang disajikan yakni menu-menu dengan citarasa yang lezat. Seperti yang pernah diketahui oleh masyarakat, rendang yakni masakan yang amat lezat dan bahkan merupakan salah satu makanan terlezat di dunia versi cnn.

5. Semur

Makanan yang juga amat khas di hari lebaran yakni semur. Ada banyak sekali jenis semur berdasarkan bahan utamanya. Anda dapat menemukan semur jengkol, ayam, kentang atau bahkan sapi. Namun buat menu lebaran biasanya bahan utama buat membuat semur yakni daging sapi. Daging sapi memang berada pada level tinggi dalam kelas daging sehingga makanan yang terbuat dari daging sapi biasanya banyak disukai oleh masyarakat indonesia. Semur ini memang merupakan makanan yang lezat dengan rasa kuah yang lezat dan manis. Anda dapat membuat semur terbaik anda buat menu hidangan di hari yang dinantikan adalah lebaran.

6. Nastar dan kastangel

Nastar dan kastangel yakni makanan yang berasal dari belanda seperti semur namun makanan ini sekarang menjadi makanan yang amat disukai dan banyak terdapat di meja tamu kala lebaran. Kue ini amat terkenal karena memiliki rasa yang lezat dengan taburan keju yang gurih. Masa lebaran tiba, akan ada banyak orang yang datang ke rumah buat bersilaturahmi, kastangel dan nastar akan menjadi suguhan istimewa dan menjadikan momen lebaran semakin khas dan istimewa.

7. Kacang goreng

Makanan lebaran yang kerap ada juga dimeja tamu kala hari lebaran yakni kacang goreng. Hampir sebagian besar masyarakat akan menyediakan cemilan yang satu ini. Ada banyak sekali jenis kacang goreng yang dapat ditemukan di kacang goreng bawang, kacang goreng dengan daun jeruk, kacang goreng dengan tepung manis dan masih banyak lagi yang lainnya. Ada banyak sekali kreasi kacang goreng yang menggoda sehingga kacang akan amat mudah ditemukan di kala lebaran pernah tiba.

8. Kue putri salju

Makanan berikutnya yang merupakan makanan khas kala lebaran yakni kue putri salju. Makanan ini amat khas karena memang banyak menjadi makanan dihari lebaran. Rasa kue ini amat manis dengan taburan gula esa yang menyegarkan. Kalau anda mau menyediakan makanan ini sebagai sajian lebaran kemudian dapat membuat sendiri kue putri salju. Bahan yang digunakan buat membuat kue ini juga amatlah mudah yakni seperti tepung, mentega, telur dan juga susu bubuk. Buat adonan hingga membentuk love terus dipanggang hingga menjadi kue kering yang gurih, empuk, enak dan manis. Selanjutnya beri taburan gula bubuk yang berkesan dingin diatasnya.

9. Astor

Makanan selanjutnya yang juga begitu pas disajikan kala lebaran pernah tiba yakni astor. Makanan ini telah ada sejak lama dan akan muncul dengan meriah kala hari lebaran pernah tiba. Astor ada banyak jenis kala ini mulai dari astor panjang, sedang hingga yang pendek-pendek. Rasa dari stik wafer astor ini juga amat bervariasi karena memang banyak pilihannya. Anda dapat membeli astor rasa coklat, kopi, vanilla, jeruk dan masih banyak lagi yang lainnya. Saking banyaknya orang yang memajang makanan ini dimeja tamu membuat astor menjadi salah satu makanan lebaran.

10. Kuping gajah

Makanan atau cemilan yang sering disebut sebagai kuping gajah ini juga merupakan salah satu makanan khas momen lebaran. Banyak dari masyarakat yang menyebutnya kuping lawa atau kelelawar. Bentuknya seperti telinga dan terdiri dari dua warna biasanya dengan motif spiral. Makanan ini memang amat khas dan juga begitu pas bila disajikan kala lebaran. Rasa kue yang krispi dan manis menjadikan makanan ini banyak digemari baik anak-anak atau bahkan orang dewasa.

Lihat juga makanan khas bengkulu

Sesudah anda mengetahui 10 makanan khas lebaran kemudian selanjutnya akan semakin mudah buat membuat sajian terbaik khas lebaran. Apalagi bagi para keluarga baru yang belum terbiasa masak sendiri terkadang akan amat membutuhkan informasi tentang menu apa saja yang sebaiknya disediakan kala lebaran. Sekian informasi tentang makanan khas di hari yang dinantikan yakni lebaran. Semoga informasi ini memberikan manfaat buat anda. Makanan khas lebaran ada banyak yang dapat disediakan namun tentu saja anda tidak akan menyediakan semuanya di rumah. Paling tidak 10 makanan khas lebaran ada di meja anda.

Tags: makanan khas lebaran, makanan lebaran, yang lebaran, Cerita perihal hidangan lebaran sederhana, hal yang dirindkan kala lebaran makan ketupat, Hidangan lebaran amat sederhana, jenis kue lebaran, makanan buat lebaran Last modified: 18 September 2019

0