Bali yaitu salah satu pulau yang terletak di Indonesia yang memiliki banyak destinasi cantik. Dan saking indahnya pulau ini banyak wisatawan yang menjulukinya sebagai surga dunia. Oleh sebab itu banyak para wisatawan baik wisatawan local maupun wisatawan luar negri yang berkunjung dan betah berlama lama berada di pulau dewata ini.

Bakal anda yang memiliki waktu luang lalu amat tepat apabila anda merencanakan hari libur anda dengan berkunjung ke pulau bali. Namun tentunya belum afdol rasanya apabila anda tidak mencicipi seluruh makanan kuliner yang ada di pulau tersebut. Kalau tempatnya saja telah seperti surga, lalu bagaimana ya dengan makananya?

Lihat juga makanan khas bali lainnya

Nah sebelum berangkat tentu saja anda harus mencari tahu lebih dulu makanan apa saja yang ada di pulau tersebut sehingga nantinya dapat memudahkan anda bakal mencarinya. Dan bagi anda yang kebetulan sedang mencari informasi perihal kuliner Bali lalu amat tepat apabila anda menyimak ulasan pada kali ini yang akan membahas perihal 10 makanan khas daerah bali. Bagi anda yang telah penasaran lalu langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

10 Makanan Khas Daerah Bali

1. Ayam Betutu

Bakal makanan khas Bali yang pertama adalah ada Ayam Betutu. Menu yang satu ini yaitu menu terpopuler yang telah mendunia. Sajian maknyus ini amat cocok bagi anda yang suka dengan masakan pedas. Dan tengah anda menjajalnya lalu bersiapnya bakal jatuh cinta pada makanan yang satu ini. Makanan ini dibuat dengan rempah rempah yang amat berlimpah adalah dengan tekstur rasa yang begitu pedas namun membuat ketagihan. Proses pembuatannya amat unik adalah seluruh bumbu di masukkan ke dalam perut ayam. Dan bakal ayam yang digunakan yaitu ayam kampung. Kalau telah lalu ayam akan di bungkus dengan menggunakan daun pisang terus di panggang dengan menggunakan bara api sekam. Adapun proses memasaknya ini memerlukan waktu sepanjang 24 jam. Bakal rasanya amat gurih, pedas, lembut dan begitu otentik. Selain menggunakan ayam juga dapat menggunakan bebek yang disebut dengan bebek betutu.

2. Nasi Campur Ayam Bali

Bakal makanan khas Bali yang kedua adalah ada Nasi Campur Ayam Bali. Menu makanan yang amat popular ini berisi sate lilit, sayur urap, lawar ayam, dan suwiran ayam sisit yang dibuat dengan bumbu basa genep bali beserta dengan nasi putih yang masih hangat. Menu yang satu ini akan terasa lebih lezat lagi apabila di campur dengan sambal matah atau sambal khas bali adalah sambal embe.

3. Babi Guling

Bakal makanan khas Bali yang ketiga adalah ada Babi Guling. Makanan kuliner yang satu ini yaitu makanan tidak halal yang paling di gemari khususnya bakal masyarakat bali dan juga wisatawan local lainnya. Warna dari kulit babi yaitu kecoklatan dan rasanya begitu renyah. Bumbu yang digunakan juga meresap ke dalam dagingnya yang amat empuk. Proses pembuatannya juga terbilang unik adalah terdapat sayur daun ketela yang di masukkan ke dalam babi. Kemudian babi ini akan di guling di atas bara api. Menu yang satu ini biasanya dinikmati dengan nasi panas dan juga dengan menu tambahan seperti lawar, jukut ares serta sate lilit.

4. Sate Lilit Bali

Bakal makanan khas Bali yang keempat adalah ada Sate Lilit. Menu yang satu ini berbeda dengan menu sate pada umumnya yang di tusuk. Sate ini justru di olah dengan cara di lilit. Prosesnya daging di cincang terlebih dahulu hingga halus dan di racik dengan menggunakan bumbu bali. Kalau telah lalu di lilitkan pada batang daun serai atau dapat juga dengan menggunakan tangkai bamboo. Bakal rasanya amat lezat adalah empuk dan juga gurih. Dan pada batang daun serai juga muncul aroma wangi dan sedap.

5. Rujak Kuah Pindah Dan Rujak Bulung

Bakal makanan khas daerah bali yang yang kelima adalah ada Rujak Kuah Pindah dan Rujak Bulung. Bakal anda yang amat suka mengonsumsi rujak lalu amat tepat apabila anda menjajal rujak khas bali. Rujak ini dibuat dengan menggunakan bumbu yang terbuat dari kuah ikan tuna. Rasa dari rujak ini pedas dan segar dan tentu saja memiliki sensasi yang berbeda di lidah anda. Bakal isinya yaitu irisan manga dan kuah pindang serta cabe yang rasanya super pedas. Tidak hanya buah manga saja, uniknya rujak ini juga berisi rumput laut.

6. Lawar Kuwir

Bakal makanan khas Bali yang keenam adalah ada Lawar Kuwir. Menu yang satu ini yaitu campuran dari sayur mayor beserta dengan daging yang di cincang dan di racik secara khusus dengan menggunakan bumbu khas bali. Biasanya bakal campurannya dapat menggunakan daging babi dan dapat juga menggunakan bebek entog atau kuwir. Daging ini nantinya dapat dicincang dan di campur dengan potongan sayur seperti kacang panjang serta parutan kelapa dan di lumuri dengan menggunakan bumbu bali.

7. Serombotan

Bakal makanan khas Bali yang ketujuh adalah ada Serombotan. Kalau diluar negri terkenal dengan salad lalu di bali terkenal dengan istilah serombotan. Kuliner yang satu ini di buat dari campuran sayur mayor berupa kacang panjang, kangkung, bayam, terong bulat, buncis, pare, tauge dan lain sebagainya. Bakal bumbunya sendiri dikenal dengan bumbu kalas yang berisi kunyit tumbuk, lengkuas, bawang putih, bawang merah, ketumbar dan juga kencur yang kemudian di kombinasikan dengan menggunakan bumbu kacang.

8. Nasi Jinggo

Bakal makanan khas Bali yang kedelapan adalah ada Nasi Jinggo. Makanan yang unik ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang yang di dalamnya juga terdapat sambal yang amat pedas. nasi ini berukuran sekepalan tangan orang yang telah dewasa. Bakal lauknya ada daging ayam yang di suwir, ada mie goreng, tempe goreng dan lain sebagainya. Bakal harga tentunya amat murah adalah apabila dulu di jual dengan harga Rp. 1.500,- saja lalu kali ini dijual dengan harga Rp. 3.000,- hingga Rp. 5.000,-.

9. Tipat Blayag

Bakal makanan khas Bali yang kesembilan adalah ada Tipat Blayag. Kuliner yang satu ini yaitu ketupat berbentuk persegi yang di lilit secara memanjang dengan menggunakan janur muda atau dapat juga menggunakan daun enau muda. Menu ini dibuat dari olahan tepung beras yang di campur dengan menggunakan bumbu bali. Bakal makanan tambahannya yaitu gorengan ceker ayam, ayam sisit, kerupuk kulit ayam, kacang kedelai, dan sayur urab.

10. Nasi Tepeng bali

Bakal makanan khas Bali yang kesepuluh adalah ada Nasi Tepeng. Makanan yang satu ini yaitu nasi lembek atau bubur yang di racik dengan menggunakan rempah rempah khas bali. Diatasnya terdapat tepeng yang menjadi daya Tarik tersendiri.

Bakal rasanya amat pedas dan cocok bakal anda yang menyukai masakan pedas. bahan yang digunakan yaitu kacang merah, kacang panjang, nangka muda, terong, daun kelor dan juga kelapa parut. Dan bakal lauknya ada telur dan suwiran ayam goreng. Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari makanan khas daerah bali.

Lihat juga makanan khas 34 provinsi indonesia

Makanan khas daerah bali amat banyak sekali dan ulasan diatas pernah membahasnya secara lengkap khusus bakal anda yang sedang membutuhkan referensi perihal makanan lezat yang ada di pulau dewata.

Tags: makanan khas daerah bali, Makanan khas dari daerah Bali yaitu, yang unik dari propinsi bali, makanan khas bali dan nusa tenggara, makanan khas pulau bali, makanan oleh oleh bali, makanan utama khas daerah bali, makanang khas dari provinsi bali Tags: Last modified: 29 June 2019

0