Tempat Makan di Cirebon – Berencana akan pergi atau singgah ke kota Cirebon? Tentunya tidak akan lengkap rasanya jikalau anda belum menikmati kuliner khas Cirebon. Dengan berkeliling, anda akan menemukan banyak camilan, makanan berat, dessert, makanan khas hingga makanan legendaris yang telah berusia puluhan tahun di beberapa sudut kota Cirebon.

Di beberapa tempat makan di Cirebon bahkan juga terdapat tempat yang menyuguhkan view spektakuler khas Cirebon, yang mana anda akan mendapatkan keuntungan ganda karena dapat menikmati kuliner dan pemandangan khas cirebon secara bersamaan.

Tempat Makan di Cirebon yang Recommended

Penasaran tempat-tempat makan di Cirebon yang recommended bakal kamu? Simak beberapa tempat kuliner yang akan kita bahas di bawah:

1. Resto Batik Chicken

Resto Batik Chicken via Tripadvisor
Resto Batik Chicken via Tripadvisor

Makanan yang harus anda coba saat berada di Cirebon ialah Empal Gentong, karena kuliner satu ini merupakan salah satu makanan yang menunjukkan identitas kota Cirebon.

Sekilas lihat, kuah empal gentong terlihat mirip dengan gule, namun ternyata rasa keduanya jauh berbeda. Empal gentong diolah dari bahan dasar kaldu sapi, kunyit, santan, jintan, lada dan bumbu rahasia, yang diolah dalam gentong tanah liat sesuai dengan namanya.

Kemudian dilengkapi dengan daging empuk menjadikan santapan khas Cirebon ini banyak digemari masyarakat. Setiap harinya rumah makan yang menyediakan menu ini pasti mendapat banyak kunjungan.

Salah satu tempat makan di Cirebon yang terkenal akan Empal Gentong nya ialah resto Batik Kitchen. Karena ke unikanya yang menghidangkan Empal Gentong langsung di wadah Gentong, hal itu menjadikan tempat ini mempunyai cita rasanya tersendiri.

Anda dapat menyiapkan budget sekitar dua puluh lima ribu rupiah bakal dapat menikmati hidangan Empal gentong dengan porsi yang memuaskan. Resto Batik Chicken dapat anda kunjungi  di Jalan Trusmi Kulon No. 148, Plered, Weru Lor, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154.

Lokasi: Jalan Trusmi Kulon No. 148, Plered, Weru Lor, Weru, Cirebon

2. Seafood H. Moel

Seafood H. Moel
Seafood H. Moel

Mengetahui Cirebon merupakan kota pesisir, tentunya banyak juga sajian seafood yang tersedia di banyak tempat makan di Cirebon.

Salah satu tempat makan yang terkenal dengan sajian seafood nya ialah Seafood H. Moel. Tempat makan ini telah ada sejak 30 tahun berlanjut, tentunya dengan cita rasa yang tidak dapat diremehkan.

Menu paling laris di Seafood Haji Moel ini ialah kepiting saus padang yang menjadikan banyak orang betah menyeruput habis cangkangnya karena lumuran saus padangnya.

Tidak sampai situ, rumah makan satu ini ternyata juga menyajikan menu Chinese Food seperti kwetiau rebus dan goreng hingga japchae. Kamu dapat menemukan restoran ini di Jl. Kalibaru Selatan, No.39 Kota Cirebon.

Lokasi: Jl. Kalibaru Selatan No.39, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

3. Tomodachi Steak and Seafood

Tomodachi Steak and Seafood via Jalanjalankenai
Tomodachi Steak and Seafood via Jalanjalankenai

Lanjut ke tempat makan di Cirebon lainnya yang dapat anda kunjungi, kali ini tempat makan satu ini menyediakan berbagai olahan steak dan seafood.

Tomodachi Steak and Seafood terletak di Jl. Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Cirebon. Salah satu alasan tempat makan ini wajib anda coba bakal kunjungi ialah karena keunikannya yang menawarkan sensasi tempat makan di atas waterland.

Rumah makan ini terletak dipinggir laut, sehingga anda dapat merasakan sensasi hembusan angin di pantai disertai air di bawah, yang menjadikan anda serasa berada di kapal. Hidangan nya pun amat cocok, karena menyuguhkan menu seafood dan steak serta menu lainnya.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.1, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon

4. Arirang Korean Restoran

Arirang Korean Restoran via Yogiarlanda.wordpresscom
Arirang Korean Restoran via Yogiarlanda.wordpress.com

Arirang Korean Restoran merupakan salah satu tempat rekomendasi bakal anda yang doyan makan masakan khas korea. Anda dapat menjumpai restoran ini di Jl. Siliwangi No.69, Kesenden, Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Salah satu menu yang banyak disukai ialah gimbap atau nasi berisi daging, timun, dan wortel yang dibungkus oleh lembaran rumput laut. K

emudian Tteok Bokki yang berupa tepung beras dengan saus gochujang nya yang pedas manis juga menjadi menu favorit banyak orang di restoran satu ini.

Masih terdapat banyak menu lainnya yang dapat anda coba seperti Jja Jang Myeon, dan Gochi Odeng Tang. Restoran ini buka pada pukul sepuluh pagi hingga sembilan malam.

Rasanya yang dikenal enak serta harganya yang cukup bakal kalangan anak muda, menjadikan restoran arirang korean banyak dikunjungi.

Lokasi: Jl. Siliwangi No.69, Kesenden, Kejaksan, Kota Cirebon

5. Warung Nasi Jamblang Ibu Nur

Warung Nasi Jamblang Ibu Nur via Ibenimages
Warung Nasi Jamblang Ibu Nur via Ibenimages

Tempat kuliner lain yang harus anda coba saat berada di Cirebon ialah warung nasi jamblang ibu nur. Nasi jamblang merupakan salah satu makanan khas Cirebon lainnya yang patut bakal dicoba.

Anda akan tertarik melihat menu nya yang berisi nasi dilengkapi dengan beragam lauk-pauk mulai dari tempe, tahu, ampela ati, cumi-cumi, otak sapi yang digoreng, sate kentang, telur pepes dan lauk-lauk lainnya.

Yang menjadikannya spesial ialah setiap makanan diolah secara berbeda dengan biasanya biar menciptakan cita rasa yang lebih nikmat.

Seperti contoh, kandungan kedelai pada tempe lebih padat ketimbang tempe pada biasanya, tekur goreng juga digoreng menggunakan minyak yang banyak sehingga menjadikannya lebih renyah dan lain-lain.

Cara penyajiannya pun khas yang mana nasi Jamblang disajikan di atas daun jati, hal ini menjadikan nasi jamblang memiliki aroma khas yang menggugah selera makan.

Harga dari nasi Jamblang juga cukup terjangkau, berkisar dari seribu hingga tiga puluh ribu rupiah. Warung ini terletak di Jl. Cangkring II dan buka dari jam tujuh pagi hingga pukul tujuh malam.

Tentunya bakal anda yang terbiasa sarapan pagi, dapat mencoba bakal mengunjungi warung  satu ini. Apalagi dengan harganya yang terjangkau dimulai dari seribu hingga dua puluh ribu rupiah, anda dapat menjadikan tempat ini sebagai salah satu list tempat makan di Cirebon yang harus anda kunjungi.

Lokasi: Jl. Cangkring 2 No.34, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

6. Warung Bubur M Thoha

Warung Bubur M Thoha via Pergidulu
Warung Bubur M Thoha via Pergidulu

Buat para pecinta bubur, warung satu ini merupakan tempat rekomendasi yang amat cocok bakal anda. Warung Bubur M Thoha ini memang terlihat kecil dan sederhana, namun anda dapat melihat sendiri warung ini senantiasa ramai oleh pengunjung karena cita rasanya.

Anda dapat mengunjungi warung ini di daerah pertigaan Jl. Siliwangi, Cirebon dekat stasiun Cirebon, lebih tepatnya berada di seberang hotel Amaris. Menu terkenal dari warung bubur M Thoha ini ialah bubur kacang hijau nya yang enak, gurih, dan pas, apalagi dengan campuran ketan hitamnya.

Lokasi: Jl. Moh. Toha No.20, Kebonbaru, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon

7. Mie Koclok Mang Sam

Mie Koclok Mang Sam
Mie Koclok Mang Sam

Salah satu tempat makan di Cirebon lainnya yang dapat anda coba ialah Mie Koclok Mang Sam. Mie Koclok Mang Sam merupakan salah satu kuliner yang populer di Cirebon dikarenakan umurnya yang telah lebih dari lima puluh tahun.

Mi koclok sendiri sebenarnya dahulu ialah salah satu hidangan yang dihidangkan saat gelaran doa sekiranya terdapat orang yang meninggal, namun seiring berjalannya waktu, olahan ini mulai dijual di berbagai sudut kota dan menjadi salah satu panganan yang populer di kota Cirebon.

Di warung satu ini, kamu dapat menyantap mie koclok dengan toping suwiran ayam, telur, serta toge nya disertai dengan kuah santannya yang kental dan gurih dengan harga yang murah dan terjangkau.

Kuah Mie Koclok yang mengandung lada putih diketahui dapat menghangatkan tubuh kita, sehingga makanan satu ini amat cocok sekiranya di konsumsi ketika hawa dingin.

Selain itu, terdapat juga gado-gado yang tak kalah populer di tempat makan  satu ini. Penyajian unik gado-gado yang disiram dengan bumbu kacang serta kuah mi koclok menjadikan gado-gado Mang Sam memiliki cita rasanya tersendiri. Anda dapat mengunjungi warung Mie Koclok Mang Sam di Jl. Pekiringan No.110, Pekalipan, Kota Cirebon.

Lokasi: Jl. Pekiringan No.110, Pekalipan, Kota Cirebon

8. Gado-Gado Ayam Mang Djum

Gado-Gado Ayam Mang Djum
Gado-Gado Ayam Mang Djum

Satu lagi tempat yang terkenal di Cirebon ialah Gado-gado ayam mang djum. Tempat makan satu ini menyediakan gado-gado ayam yang enak dan menggoda dengan campuran tahu, lontong, suwiran ayam, kuah soto kuning dan kerupuk sebagai pelengkap. Gado-Gado Ayam Mang Djum dapat kamu kunjungi di Jl. Pulasaren No.53 Cirebon

Lokasi: Jl. Pulasaren No.53 Cirebon

9. Restoran Klapa Manis

Restoran Klapa Manis via Ratnanene.blogspotcom
Restoran Klapa Manis via Ratnanene.blogspot.com

Teruntuk anda yang mau merasakan kuliner di Cirebon sekaligus menikmati pemandangan di sekitarnya, Restoran Klapa Manis akan amat cocok bakal anda.

Tidak hanya itu, bahkan tempat ini didekorasi dan didesain dengan indah dan cantik. Hal ini cocok juga bakal anda yang gemar mengabadikan momen indah di kamera.

Anda juga dapat memesan tempat makan di lantai teratas jikalau mau melihat indahnya gemerlap lampu kota pada malam hari.

Menu dari restoran ini yang dapat memanjakan lidahmu ialah nasi pepes, nasi bakar tongkol, nasi oncom dan beberapa pelengkap seperti berbagai olahan sayur, tahu, tempe, dan sambal. Kamu nisa mengunjungi restoran ini di Jl. Raya Gronggong, Patapan, Kec. Beber, Kota Cirebon.

Lokasi: Jl. Raya Gronggong, Patapan, Kec. Beber, Kota Cirebon

10. Nasi Lengko Haji Barno

Nasi Lengko Haji Barno
Nasi Lengko Haji Barno

Teruntuk anda yang merasa vegetarian, tempat yang berada di Jl. Pagongan, No.15B, Pekalangan, Kec. Kejaksaan, Kota Cirebon, 45123 dengan nama Nasi Lengko Haji Barno ini dapat anda coba kunjungi.

Rumah makan ini terkenal di Cirebon karena memang telah berdiri sejak tahun 1968. Tentu dengan lamanya usia, cita rasa pasti akan dijamin enak.

Nasi Lengko berisikan seporsi nasi dengan lauk tempe, tahu, taburan daun kucai dan mentimun dengan bumbu kacang yang disiram di atasnya.

Sajian ini bisa jadi terlihat sederhana, tetapi bisa jadi anda akan mulai ketagihan sehabis mengecap cita rasanya yang khas, terutama bagi anda yang vegetarian, nasi lengko akan amat cocok dilidah anda.

Namun begitu, sekiranya anda merasa kurang puas dengan lauknya, anda dapat memesan sate kambing di tempat makan ini.

Daging kambing yang telah tidak amis karena campuran bahan rempah-rempah, serta siraman sambal kecap pada sate menjadikan sate di rumah makan ini tidak kalah nendang. Rumah makan ini juga menyediakan menu tahu gejrot bakal anda nikmati.

Lokasi: Jl. Pagongan, No.15B, Pekalangan, Kec. Kejaksaan, Kota Cirebon

11. Pedesan Entog Mas Nana

Pedesan Entog Mas Nana via Kumparan
Pedesan Entog Mas Nana via Kumparan

Satu lagi tempat makan di Cirebon yang telah berdiri sejak lama, tepatnya sejak tahun 2006 berlanjut. Dari namanya, Pedesan Entog Mas Nana, telah dapat dipastikan sajiannya sesuai dengan lidah anda yang gemar memakan olahan pedas.

Daging entog yang dikenal memiliki tekstur daging yang kenyal seperti bebek, dengan disiram kuah rempah yang sedap, gurih dan pedas akan memanjakan lidah para pecinta masakan pedas.

Ditambah dengan nasi putih yang panas pasti akan membuat keringat bercucuran dan nendang dilidah. Tunggu apalagi, bakal anda terutama para pecinta masakan pedas, dapat mengunjungi Pedesan Entog Mas Nana di Jl. Fatahillah, No. 80 Blok Kawung, Megu Gede, Kec. Weru, Cirebon, 45611.

Restoran ini buka pada pukul sembilan pagi hingga pukul sepuluh malam. Dengan menyiapkan budget sekitar tiga puluh ribu rupiah, anda telah dapat menikmati sajian di tempat ini.

Lokasi: Jl. Fatahillah, No. 80 Blok Kawung, Megu Gede, Kec. Weru, Cirebon

12. Sate Kalong Drajat

Sate Kalong Drajat
Sate Kalong Drajat

Sate kalong drajat yang dapat anda temukan di Jalan Kesambi Dalam No.102, Kesambi, Drajat, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, ini merupakan  salah satu tempat yang dapat anda kunjungi bila mau merasakan nikmatnya sate di tengah keramaian kota Cirebon.

Jangan terkecoh dengan namanya, walauppun sate satu ini menggunakan ‘kalong’ sebagai bagian namanya, olahan sate ini tidak menggunakan sedikitpun daging kelelawar.

Dinamakan sate kalong karena tempat makan ini hanya buka dimalam hari sampai pagi hari, layaknya kalong yang beraktivitas saat malam.

Makanan dengan kisaran harga tujuh belas ribu rupiah ini diolah dengan bumbu rahasianya sehingga menghasilkan rasa yang otentik.

Ditambah lagi rasa gurih tak tertahankan yang dihasilkan dari perpaduan daging sapi dan kerbau yang terlebih dahulu telah direbus hingga empuk, serta baluran gula merah sebelum dibakar menjadikan sate ini memiliki rasa nikmatnya tersendiri yang banyak menarik minat banyak masyarakat saat berkunjung di Cirebon.

Lokasi: Jalan Kesambi Dalam No.102, Kesambi, Drajat, Kec. Kesambi, Kota Cirebon

13. Empal Asem H. Apud

Empal Asem H. Apud via Pergidulu
Empal Asem H. Apud via Pergidulu

Satu lagi tempat kuliner Cirebon yang tidak dapat anda lewatkan. Empal asem, sejenis makanan yang memiliki nama hampir sama dengan empal gentong ini nyatanya jauh berbeda empal gentong lainnya.

Empal asem cenderung lebih aman bagi tubuh ketimbang empal gentong, dikarenakan olahan empal asem tdak menggunakan santan sama sekali, yang mana hal ini mempengaruhi rendahnya kadar lemak dan kolestrol pada olahan.

Selain itu, olahan empal asem lebih memilih daging bagian paha belakang yang bebas lemak sebagai bahan utama nya.

Empal asem dengan kuah segarnya yang berasal dari belimbing wuluh mempuyai rasa asam yang pas, karena telah tidak ditambahi bahan apapun yang memiliki sifat asam, kuah asamnya amat pas dipaduikan dengan empal.

Olahan satu ini akan amat pas bila anda nikmati dengan sepiring nasi putih. Buat dapat menikmati sajian satu ini, anda dapat mengunjungi rumah makan Empal Asem H. Apud di Jalan Juana No. 24 Cirebon, warung ini menyajikan menu Empal Asem dengan kisaran harga dua puluh lima ribu rupiah.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.24, Battembat, Kec. Tengah Tani, Kab. Cirebon

14. Gokana Ramen dan Teppan

Gokana Ramen dan Teppan via Myfave
Gokana Ramen dan Teppan via Myfave

Tempat makan enak di Cirebon selanjutnya ialah di Gokana Ramen dan Teppan Resto yang terletak di Jl. DR. Cipto Mangunkusumo.

Resto ini telah amat terkenal bagi para pecinta makanan kuliner negeri matahari terbit, Jepang. Lokasi resto ini ada di dekat Grage Mall.

Buat anda yang mau mencicipi kuliner Jepang, tidak perlu jauh-jauh kesana, anda yang ada di Cirebon dapat mampir ke Gokana Ramen dan Teppan yang sebenarnya resto ini telah tersebar hampir di seluruh kota di Indonesia.

Disini anda dapat mencoba kuliner lezat ala-ala negeri Anime jepang mulai dari ramen, paket bento, sushi, dan berbagai kuliner populer lainnya. Hmmm, tunggu apalagi, langsung aja melucur ke TKP.

Lokasi: Jl. DR. Cipto Mangunkusumo, Pekiringan, Kec. Kesambi, Kota Cirebon

15. Urban Chicken

Urban Chicken via Rakyatcirebon
Urban Chicken via Rakyatcirebon

Tempat wisata kuliner di Cirebon selanjutnya ialah urban Chicken yang terletak di Jl. DR. Sudarsono. Sesuai dengan namanya, anda dapat menikmati aneka kuliner lezat yang terbuat dari ayam.

Ada banyak menu lezat yang tidak boleh anda lewatkan kalau mampir ke resto ini, salah satunya ialah ayam guling yang merupakan kuliner khas Cirebon yang punya cita rasa menggoda tentunya.

Ayam guling sendiri diramu dengan perpaduan bumbu yang khas ala Cirebon dan rempah pilihan, semakin nikmat karena baluran saus yang dibuat dengan resep rahasia. Kala semua bahan tersebut sampai dimulut, seakan tidak dapat berhenti bakal menyantapnya.

Selain itu, ada juga pedesan ayam yang tidak kalah fenomenal dan menjadi menu unggulan juga di resto ini. Menu yang satu ini sebaiknya bakal orang yang doyan pedas ya, karena sesuai dengan namanya, rasanya memang pedas dan nendang di lidah.

Di resto ini juga menyediakan minuman khas Cirebon yang tidak boleh anda lewatkan, ialah Tjampolay pisang susu dan es tape.

Kedua minuman tersebut mesti anda cobain ya, kalau tidak keduanya ya, minimal satu saja mesti anda cobain. Apalagi kalau dipadukan dengan ayam pedesan atau ayam guling, hmmm, pasti mantap deh rasanya.

Lokasi: Jl. DR. Sudarsono No.33, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon

16. Restoran Marina

Restoran Marina via Tripadvisor
Restoran Marina via Tripadvisor

Restoran di Cirebon yang dapat anda pilih bakal kulineran selanjutnya ialah restoran Marina yang terletak di Jl. Parujakan No.2A.

Kalau resto ini menyediakan menu kelas menengah atas, karena menu yang disajikan ialah menu-menu premium dengan rasanya yang amat nikmat, dan harga yang lumayan.

Resto yang menjadi favorit bakal para pecinta kuliner seafood ini memiliki kursi yang banyak dan ukuran restoran yang luas, mampu menampung banyak pelanggan sekaligus.

Tidak hanya seafood yang menjadi andalan restoran marina ini, anda juga dapat menikmati berbagai olahan dari daging ayam maupun bebek, sayur mayur, hingga sup dan salad.

Buat kamu yang mau melangsungkan acara, pernikahan, kantor dll juga dapat disini, dapat menampung 700 orang.

Lokasi: Jl. Parujakan No.2A, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon

17. Cuppa Coffee Inc

Cuppa Coffee Inc
Cuppa Coffee Inc

Buat kamu yang mencari tempat makan sekaligus tempat ngopi di Cirebon makan cuppa Coffee Inc ini dapat kamu jadikan pilihannya, lokasinya ada di Cirebon super mall dan grage mall.

Disini anda dapat menikmati aneka makanan yang dapat dibilang amat lengkap, anda dapat menikmati makanan lokal Indonesia atau makanan khas Barat.

Tempat ngopi yang satu ini menjadi salah satu lokasi favorit bakal nongkrong anak-anak muda baik bakal sekedar ngobrol, rapat atau bahkan mengerjakan tugas.

Lokasi: Cirebon Super Block Mall, Jl. Doktor Cipto Mangunkusumo, Cirebon – Grage Mall, Jl Tentara Pelajar No 1, Cirebon

18. Rumah Makan Padang Sinar Budi

Rumah makan padang Sinar Budi
Rumah Makan Padang Sinar Budi

Buat anda yang sukanya sama masakan Padang, tenang di Cirebon juga ada rumah makan Padang yang terkenal kok. Siapa sih yang tidak terbius oleh nikmatnya rendang atau nikmatnya ayam panggang mereka.

Rumah makan Padang dapat kita temui di seluruh penjuru Indonesia, bahkan sampai ke pelosok desa-desa, apalagi di kota, tentu kita dapat menemukan restoran Padang dengan mudah.

Anda dapat menikmati kuliner khas Minangkabau yang bersantan yang balado, hmm, membayangkannya tentu akan membuat air liur mengembang.

Lokasi: Jalan Pasuketan No. 15, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

19. Mimi Choice

Mimi Choice via Cirebonkuliner.blogspotcom
Mimi Choice via Cirebonkuliner.blogspot.com

Tempat makan di Cirebon selanjutnya ialah mimi choice yang mengusung konsep lesehan. Tempat makan ini cocok bakal jikalau kita kunjungi beramai-ramai.

Selain dikunjungi oleh keluarga yang mau bersantap, mami choice ini juga menjadi pilihan tempat makan oleh karyawan kantoran yang datang berombongan.

Berbagai kuliner lezat dapat kita nikmati di mamai choice ini, namun yang menjadi favorit disini ialah menu seafoodnya yang menggoda.

Menu seafood yang paling dicari-cari oleh pelanggan kalau kesini ialah udang tepung saus tiram,  gurami cobek dan cah kangkung, hingga gurami asam manis tersedia disini.

Karena dalam bentuk fresh, lalu kita harus sedikit bersabar menunggu sampai pesanan kita dibuat. Soal rasa, anda tidak perlu meragukan restoran yang satu ini.

Lokasi: Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.24 A, Sukapura, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

20. Raja Dimsum

Raja dimsum via Liputan6
Raja Dimsum via Liputan6

Buat anda pecinta dimsum atau yang penasaran dengan rasa dimsum, anda dapat mencobanya di raja dimsum yang amat terekenal.

Kuliner yang berasal dari negeri Tirai Bambu Tiongkok ini dibuat tanpa menggunakan MSG, pewarna, maupun pengawet, namun soal rasa, pasti akan membuat anda ketagihan.

Buat varian rasa, anda dapat mencoba berbagai varian rasa dimsum di Raja Dimsum ini, tunggu apalagi, yuk langsung meluncur ke TKP di Jl. Tuparev No.10.

Lokasi: Jl. Tuparev No.10, Sukapura, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon

21. Resto Al Mumtaz

Resto Al Mumtaz
Resto Al Mumtaz

Buat kamu yang mau makan panganan dari Timur Tengah, lalu resto Al Mumtaz ini ialah pilihan terbaiknya. Anda dapat mencoba berbagai menu ala Timteng disini.

Resto al mumtaz ini didesain sesuai atau dimiripkan dengan desain khas Timur Tengah. Menu yang dapat anda coba mulai dari nasi kebuli, paha kambing akar madu, iga kambing bakar madu, nasi kapsah, kopi arab, dan lain sebagainya.

Lokasi: Jl. Syarif Abdurahman, Lemahwungkuk, Kota Cirebon

22. Restoran Seafood Jumbo

Restoran Seafood Jumbo
Restoran Seafood Jumbo

Sesuai dengan namanya tentu anda telah dapat menebak restoran ini menjual apa bukan?

Ya, restoran ini menjual sayuran.

Eh, Menjual seafood maksudnya. Restoran seafood jumbo ini ada di Jl. Siliwangi No.191, Kejaksan. Tetapi kok ada Jumbonya ya? Karena memang, seafood yang disajikan disini memiliki ukuran yang besar, di atas rata-rata.

Restoran seafood jumbo ini menyajikan menunya dalam ukuran yang amat besar, ketika makan disini anda pasti akan merasa amat puas.

Buat anda yang diet atau tidak mau makan banyak, juga ada bakal porsi normalnya kok, jadi kamu yang makananya sedikit dapat memesan porsi biasa, kalau kurang ya nambah.

Lokasi: Jl. Siliwangi No.191, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon

23. Tahu Gejrot Pak Wardi

Tahu Gejrot Pak Wardi
Tahu Gejrot Pak Wardi

Buat kamu yang mau nyemil-nyemil saja, dapat mampir ke tahu gejrotnya pak Wardi yang terletak di Jl. Lemahwungkuk No.48-50.

Tahu gejrotnya pak Wardi ini telah legen sekali, tidak heran kalau anda datang banyak pelanggan yang antri bakal menikmati tahu gejrot disini.

Anda dapat makan di tempat atau membungkusnya bakal dibawa pulang bakal dinikmati sama-sama dengan keluarga lainnya.

Kenapa tahu gejrot ini amat legend? Karena berbeda dengan tahu lainnya, tahu gejrot ini rasanya manis, asam dan pedas yang dapat membuat Anda ketagihan. Tahu gejrot Kanoman milik Pak Wardi buka mulai pukul 9 pagi hingga 5.30 sore.

Lokasi: Jl. Lemahwungkuk No.48-50, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon

24. Mie Petruk

Mie Petruk via Youtube
Mie Petruk via Youtube

Masih ada di jalan Lemahwungkuk, kamu juga dapat mencoba mie petruk yang juga amat terkenal dan telah melegenda.

Streetfood Cirebon ini telah amat terkenal, bahkan dapat dibilang yang paling terkenal. Meski dijual atau dijajakan dalam gerobak, namun tidak mengurangi pamor dan antusias pelanggan mie petruk ini.

Buat mendapatkan seporsi mie petruk ini, anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp.15K saja. Namun karena senantiasa ramai, kamu harus rela mengantri ya sampai mendapatkan pesanan kamu.

Mie petruk ini dimasak menggunakan arang, sehingga citarasanya amat khas dan tidak berubah dari dahulu sampai sekarang.

Buat topping mie petruk ini terbuat dari suwiran daging ayam, sayuran, kerupuk dan bumbu lain yang membuat mie petruk makin lezat. Meski Mie petruk ini cuma dijual di pinggir jalan saja, namun pelanggan setianya tetap rela bakal menuggu. Jam operasi mie petruk ini dari jam 6 sore sampai 11 malam.

Lokasi: Jl. Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

25. Nasi Kuning Pekalangan

Nasi Kuning Pekalangan via Tripcanvas
Nasi Kuning Pekalangan via Tripcanvas

Rekomendasi tempat makan di Cirebon yang terakhir dari kami ialah nasi kuning Pekalangan. Nasi kuning pekalangan ini juga amat fenomenal lho, dengan isian komplit berupa nasi kuning , telur bulat dan suwir, rendang, daging sapi suwir, abon, oreg tempe dan sambel.

Nasi kuning ini menjadi salah satu menu favorit bakal sarapan sebelum pergi ngantor atau sekolah, jam bukanya mulai dari pukul 5.30 pagi sampai 10.30 siang saja dan jumat libur. Seporsinya dihargai  Rp.21K.

Lokasi: Jl. Pekalangan, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon

***

Itulah beberapa tempat makan di Cirebon yang dapat anda kunjungi. Tentunya, selera setiap orang pastilah berbeda-beda, tetapi anda dapat mulai melihat review dari beberapa tempat kuliner yang mau anda kunjungi biar dapat memiliki bayangan akan tempat serta sajian yang akan anda nikmati.

Dan pastilah, rasanya tidak akan lengkap sekiranya berkunjung ke Cirebon tanpa merasakan masakan khas atau legenda nya.

Tentunya anda juga harus mempersiapkan beberapa keperluan saat mau berkuliner, seperti kendaraan, budget yang mencukupi, serta waktu yang tepat, karena banyak dari rumah-rumah makan di Cirebon yang memiliki jam tertentu bakal buka.

Selain hal-hal tersebut anda juga harus memilih kuliner dengan selektif, misalnya jikalau anda memiliki tekanan darah yang tinggi, lalu sebisa bisa jadi hindari olahan yang bahan baku utamanya dapat menaikkan tekanan darah.

Karena lebih dari apapun, kesehatan merupakan hal yang penting bakal dijaga. Juga, pilihlah tempat makan yang sesuai dengan selera atau kebutuhan anda. Sehingga anda akan merasa nyaman.

Jangan lewatkan juga: Oleh-oleh Khas Cirebon

0