Tempat Makan di Sukabumi – Sukabumi merupakan kota terkecil di Jawa Barat, walaupun begitu, kota ini banyak mendapat kunjungan dari masyarakat, baik lokal maupun non lokal.

Selain terdapat beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi, juga terdapat banyak tempat makan di Sukabumi yang harus dicoba.

Karena itu, untuk anda yang sedang mengunjungi kota Sukabumi dalam rangka berlibur ataupun menjenguk rumah saudara dan teman, akan sangat disayangkan apabila tidak menjelajahi beberapa wisata kuliner di sana.

Mengunjungi tempat makan yang baik merupakan hal penting karena akan memberikan anda kepuasan tersendiri dalam perjalanan mecicipi kuliner disana.

Rekomendasi Tempat Makan di Sukabumi 

Berikut daftar tempat makan di Sukabumi yang bisa anda coba untuk kunjungi, mulai dari tempat makan tradisional yang sudah berdiri sejak lama, hingga tempat makan yang populer yang banyak menjadi incaran anak muda millenial.

1. Rumah Makan Cikole

Rumah Makan Cikole vua Sukabumitoday
Rumah Makan Cikole vua Sukabumitoday

Apabila anda mengunjungi Sukabumi dan mampir ke pelabuhan ratu, anda pasti akan menemukan banyak rumah makan disana.

Hal ini bukanlah suatu yang mengherankan lagi, karena terdapat banyak destinasi yang tersebardi pelabuhan Ratu. Salah satu tempat makan yang terkenal di daerah ini adalah Rumah Makan Cikole.

Anda bisa menemukan rumah makan ini di Jalan Cikole Dalam, No. 34 sukabumi. Rumah makan yang buka dari jam delapan pagi hingga pukul delapan malam ini menyediakan berbagai olahan, seperti ayam kremes, ayam goreng rica-rica, ayam bakar, dan ayam bakar sambel cobek.

Dengan ayam yang diolah sescara khusus, sehingga menghasiklan ayam dengan tekstur tulang yang lunak, menjadikan makanan ini favorit banyak orang.

Selain olahan ayam dengan tulang lunak, rumah makan satu ini juga menyediakan aneka menu seperti cumi cumi, daging,ikan gurame, udang,lele, bandeng, empal, nila, buntut dan masih banyak lagi.

2. Cafe Mr. Topi Kitchen

Cafe Mr. Topi Kitchen
Cafe Mr. Topi Kitchen

Keberadaan Cafe Mr. Topi Kitchen di  Jalan Sriwedani  No.92 Selabatu, Kecamatan Ciloke ini membuktikan bahwa kuliner di Sukabumi tidak main-main.

Apalagi dengan desain cafe dan menu makanan yang memenuhi selera kebanyakan anak muda, menjadikan cafe ini sebagai spot tongkrongan favorit dan tempat makan di Sukabumi yang populer.

Bahkan, Cafe Mr. Topi Kitchen dijadikan sebagai salah satu cafe yang hit di tahun 2021 ini.Wagyu beef merupakan salah satu menu yang diminati oleh banyak orang terutama anak muda.

Para pengujung bisa menikmati cita rasa yang menggugah selera dikarenakan pengolahannya yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas, Kafe ini bisa dikunjungi mulai pukul dua belas siang hingga jam sepuluh malam. Mengenai budget, anda bisa menyiapkan uang dengan kisaran 30.000 rupiah hingga 100.000 rupiah.

Lokasi: Jl. Sriwidari no. 92, Sriwidari, Selabatu, Kec. Cikole, Kota Sukabumi

3. Warung Nasi Ibu Yati

Warung Nasi Ibu Yati via Detik
Warung Nasi Ibu Yati via Detik

Apabila anda datang ke Sukabumi untuk menikmati destinasi pantai Cimaja atau sekedar melewatinya, Warung Nasi Ibu Yati bisa menjadi pilihan tempat untuk mencoba kuliner di Sukabumi.

Warung ini bertempat di Jalan Raya Cisolok, Pelabuhan Ratu, Cimaja, Marinjung Hilir. Walaupun memiliki hidangan yang terkesan sederhana, anda bisa merasakan rasa yang khas pada masakan di warung satu ini.

Menu andalan warung nasi ibu yati adalah sate jengkolnya yang dusuk dengan tusuk bambu serta dibalur dengan bumbu rempah.

Untuk para pecinta aneka olahan jengkol, bisa banget nih mampir ke tempat makan di Sukabumi yang satu ini. Selain itu, disini juga tersedia menu akternatif lain seperti lontong sayur, rendang daging dan nasi kuning telur.

4. Bubur Ayam Bu Nut

Bubur Ayam Bu Nut via Reresepan
Bubur Ayam Bu Nut via Reresepan

Teruntuk para pecinta bubur ayam, di Jl. Siliwangi No.93 1, RW.02, Cikole, Kec. Sukabumi, terdapat bubur ayam yang terkenal loh. Tempat makan satu ini telah berdiri puluhan tahun, tepatnya sejak tahun 1982 lalu.

Dengan cita rasa nya yang melegenda, tempat makan Bu Nut mendapat banyak pengunjung setiap harinya. Harga menu disini sangat pas untuk dompet kalangan apapun, karena pengunjung bisa menikmati makanan dengan kisaran harga sepuluh ribu hingga lima puluh ribu rupiah-an.

Dalam satu porsinya, bubur ayam di warung Bu Nut berisikan bubur ayam dengan topping emping, jeroan serta telur. Warung Bu Nut juga menyediakan beberapa menu lain seperti sop buntut, ayam penyet hingga nasi timbel khas Sunda.

Lokasi: Jl. Siliwangi No.93 1, RW.02, Cikole, Kec. Sukabumi, Kota Sukabumi

5. Mamih Ungu Cafe & Resto

Mamih Ungu Cafe & Resto via Theweddingsukabumi
Mamih Ungu Cafe & Resto via Theweddingsukabumi

Satu lagi tempat makan di Sukabumi kekinian yang mempunyai banyak pengunjung. Warung yang bertempat di Jl. Brawijaya No.16, Sriwidari, Kec. Gunungpuyuh ini mempunyai menu utama yang oriental yaitu nasi uduk ungu dan  hijau.

Sebenarnya nasi uduk disini hampir sama dengan nasi uduk pada umumnya dengan campuran ayam goreng, telur dadar, sambal, kentang, dan urap. Yang membedakan adalah warna nasi uduknya yang berwarna ungu dan hijau.

Walaupun memiliki warna yang unik dan tidak lazim, warna yang digunakan berasal dari bahan-bahan yang alami seperti sari dari ubi dan buah bit yang mana kita ketahui bewarna ungu.

Sari ini juga menjadikan nasi uduk di Mamih Ungu memiliki cita rasanya tersendiri dibanding nasi uduk pada umumnya. Tersedia beberapa menu lain seperti ungu mozarella, ungu geprek, ungu keureubeuk, soto betawi, cumi ala mamih, liwet ngampar, mango thai, ayam kampung presto, cah jamur, tumis petesop iga dan masih banyak lagi.

Selain menunya yang khas dan lengkap, tempat makan satu ini memiliki fasilitas kamar mandi, tempat parkir, hingga musholla. Hal ini akan sangat cocok apabila anda gunakan untuk berkunjung bersama keluarga atau teman.

Lokasi: Jl. Brawijaya No.16, Sriwidari, Kec. Gunungpuyuh, Kota Sukabumi

6. Praline Coffee Shop & Patisserie

Praline Coffee Shop & Patisserie via Archify
Praline Coffee Shop & Patisserie via Archify

Tempat makan yang berada di Jl. Surya Kencana No.82, Cikole, Kec. Cikole ini merupakan tempat yang asik dibuat nongkrong. Desainnya yang minimalis, klasik, dan modern menjadikannya tempat yang banyak digandrungi oleh kaum muda.

Faktor penting lainnya adalah lokasi strategisnya yang berada di pinggir jalan raya besar. Setelah memasuki tempat ini, anda akan disuguhi furnitur-furnitur modern minimalis yang akan memanjakan mata karena terlihat serasi dengan dinding nya yang bernuansa krem dan monokrom. Sajian disini juga lebih di dominasi dengan menu coffe dan western food nya.

Praline Coffee Shop & Patisserie memiliki beberapa fasiitas yag akan menjadikan anda betah disana. Ruangan minimalis modern nya di lengkapi dengan power resource yang tersebar di beberapa sudut sehingga memudahkan pengunjung apabila ingin mengisi daya ponsel, terdapat AC juga, hingga TV.

Lokasi: Jl. Surya Kencana No.82, Cikole, Kec. Cikole, Kota Sukabumi

7. Bakso Super H. Achamd Sudja’i

Bakso Super H. Achamd Sudja’i via Detik
Bakso Super H. Achamd Sudja’i via Detik

Ingin memakan makanan berat ketika berada di Sukabumi? Maka, bakso adalah makanan yang tepat, karena mudah dicari dan rasanya yang enak. Anda bisa coba mengunjungi bakso

Super H. Achmad Sudja’i yang berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No.3, Gunungparang, Kec. Cikole. Bakso Super H. Achamd Sudja’i atau yang biasa disebut juga Bakso ‘HAS’ merupakan salah satu tempat makan di Sukabumi yang populer di tengah masyarakat.

Tempat makan ini buka setiap hari dari pukul sepuluh pagi hingga pukul sepuluh malam. Dengan harga sekitar enam belas ribu rupiah pemgunjung udah bisa menikati semangkok baksonya yang lezat.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.3, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi

8. Oma Suki Cafe

Oma Suki Cafe via Facebook
Oma Suki Cafe via Facebook

Kuliner di Sukabumi tidak hanya menyediakan makanan lokal saja, namun terdapat makanan khas non lokal, seperti yang disajikan oleh kafe satu ini.

Mungkin nama suki terdengar asing di telinga kita, karena suki sebenarnya adalah nama salah satu makanan di Jepang yang berupa irisan tipis daging, tahu, serta sayur-mayur yang direbus di dalam panci yang langsung diletakkan di atas meja.

Untuk menu suki, pengunjung bisa menikmatinya di kafe ini dengan sistem paket. Terdapat paket komplit, paket bakso seafood, paket jamur dan tahu, serta paket sayur lengkap dengan tambahan tom yam, kuah kaldu ayam dan miso.

Cafe ini juga menyajikan beberapa menu tambahan seperti Chiken Lemongrass dan Curry Rice untuk menu Launch and Dinner. Pengunjung juga bisa memilih menu Pancakes yang memiliki Stawberry Red velvet.

Sedangkan untuk Snake dan Dessert nya, cafe ini memiliki Cheese mozarella dan Barbeque chiken quesadilla. Minuman di kafe ini juga beragam, mula dari minuman ringan yang menyegarkan seperti Thailand green tea dan Coctail fruits sampai  minuman yang berbahan dasar susu serta coklat yang bisa anda nikmati.

Tempat makan di Sukabumi yang satu ini memiliki total tiga lantai di ruangannya yang bisa menjadi tempat alternatif apabila anda ingin makan secara ramai-ramai bersama rekan kerja atau teman.

Lokasi: Jl. Raya Siliwangi-Sukabumi Ruko No 8, Cibadak, Kec. Cibadak, Kota Sukabumi

9. Sea 97 Food Kedai Surabi Duren

Sea 97 Food Kedai Surabi Duren
Sea 97 Food Kedai Surabi Duren

Untuk para pecinta Surabi, Sea 97 Food Kedai Surabi Duren yang berlokasi di Jl. Jend. Sudirman No.73, Gunungparang, Kec. Cikole adalah tempat yang harus kamu coba kunjungi.

Lokasinya yang strategis karena berada di tengah kota menjadikan tempat makan ini ramai pengunjung. Tentu, menu utama yang disediakan oleh tempat makan ini adalah surabi.

Dengan berbagai toping yang disediakan mulai dari oncom hingga durian. Surabi yang paling banyak diminati di tempat ini adalah Surabi Duren, dijamin rasanya mantul. Untuk menu lainnya, Kedai Surabi Duren menyediakan aneka olahan seafood, terdapat yang digoreng maupun dibakar.

Mengenai minuman, pengunjung bisa memesan mulai dari teh, kopi, susu dan lain-lain. Hanya satu kekurangan dari kedai satu ini, banyaknya pengemis dan pengamen yang lalu lalang terkadang membuat beberapa pengunjung merasa kurang nyaman. Namun di atas hal itu, pengunjung tetap bisa menikmati makanan yang disajikan dengan cita rasa nya yang enak.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.73, Gunungparang, Kec. Cikole, Sukabumi

10. Butler Bar & Bistro

Butler Bar & Bistro via Abowlofclover
Butler Bar & Bistro via Abowlofclover

Tempat makan di Sukabumi lainnya yang recommended adalah Butler Bar & Bistro. Butler yang bergaya retro ini bisa ditemui di Jl. Siliwangi No.111, Cikole, Kec. Cikole. Butler satu ini memiliki penataan yang menakjubkan.

Interior nya di desain dengan detail sehingga terlihat serasi satu sama lain antara furnitur nya. Terdapat beberapa furnitur yang berbahan dasar kayu, ditata dengan rapi dan sederhana namun terlihat indah.

Banyak spot-spot menarik yang bisa digunakan sebagai latar belakang mengambil foto, dan bahkan untuk sekadar memanjakan mata. Terdapat area no-smoking disana, yang cocok untuk pengunjung yang membawa anak kecil ataupun balita.

Masih membicarakan spot, pengunjung bisa menikmati pemandangan serba hijau. Terdapat banyak tanaman hijau di berbagai sisi yang terawat dengan baik, bahkan didalamnya juga terdapat kolam buatan untuk melengkapi feel yang bisa didapatkan dari spot satu ini.

Membahas mengenai makanan, pengunjung akan disambut dengan pajangan sejenis tanaman atau bunga, pada malam hari lampu-lampu yang menghiasi pot ini akan menyala dengan cantik.

Untuk main course, Butler menyediakan beberapa makanan seperti ikan, ayam, dan nasi goreng dengan harga yang berkisar antara dua puluh lima ribu rupiah hingga delapan puluh ribu rupiah. Disana juga terdapat pizza, lagsana, steak dan lain-lainnya. Soal minuman, butler menyediakan coffe, milk shake, mojito dan lain-lain.

Lokasi: Jl. Siliwangi No.111, Cikole, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

11. Mochi Kaswari Lampion

Mochi Kaswari Lampion via Sangnanang
Mochi Kaswari Lampion via Sangnanang

Untuk anda yang doyang kue bertekstur kenyal bernama mochi ini, Mochi Kaswari Lampion bisa menjadi salah satu destinasi kuliner yang wajib anda kunjungi.

Tempat makan satu ini terletak di Gg. Kaswari No.19, Selabatu, Kec. Cikole. Mochi Lampion merupakan salah satu produk makanan unggulan di Sukabumi. Trdapat beberapa outlet yang menyediakan menu utama kue kenyal ini, salah satunya yang berada di Gg. Kaswari dan dinamai Mochi Kaswari Lampion ini.

Outlet ini buka mulai pukul dua belas siang hingga jam sepuluh malam. Para pengunjung bisa merasakan tekstur kenyal kue mochi dengan isi yang bermacam-macam seperti coklat, durian, bluberry, kacang hijau serta keju.

Lokasi: Gunung Kaswari No.19, Selabatu, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

12. Kapinis Resto

Kapinis Resto via Tripadvisor
Kapinis Resto via Tripadvisor

Tempat makan di Sukabumi yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi ditelinga para pecinta plahraga arung jeram di Sukabumi, hal ini tidak mengherankan lagi karena resto ini sering dijadikan meeting point oleh mereka.

Kapinis resto memiliki ruangan yang terbuka, menjadikannya tempat yang asri dan sejuk untuk menikmati makanan. Resto satu ini menawarkan berbagai olahan khas sunda yang sering ditemui di Sukabumi.

Tempat yang nyaman, harga yang terjangkau serta masakannya yang enak menjadikan Kapinis Resto tempat yang banyak dikunjungi.

Lokasi: Jl. Siliwangi No.92/131, Cikole, Kec. Sukabumi, Kota Sukabumi

13. Mie Ayam Bento

Mie Ayam Bento via Openrice
Mie Ayam Bento via Openrice

Kali ini, kita akan membahas mengenai tempat makan yang menyediakan mie ayam sebagai menu utama nya. Jangan salah, walau terkesan hanya ‘mi ayam’, tempat ini sangat populer di kalangan masyarakat.

Walaupun menu makanan ini sering ditemui dimana-mana, hal itu tidak menghilangkan kesan tersendiri yang akan anda dapat ketika mencoba makan mi ayam di sini.

Cita rasanya yang gurih dan khas, dengan siraman kuah segar serta tambahan toping berupa bakso, sayuran, hingga bawang goreng ini menjadikan banyak masyarakat yang rela ke sana demi menyantap semangkok mie ayamnya.

Tempat makan yang berlokasi di Jl. Mayawati, kapitol, Gunungparang, Kec. Cikole ini memiliki harga yang cukup terjangkau untuk seporsi mi ayam spesial nya, yaitu berkisar antara sepuluh ribu, hingga dua puluh lima ribu rupiah. Anda bisa mengunjungi tempat makan in setiap hari pada jam sebelas siang hingga sepuluh malam.

Lokasi: Jl. Mayawati, kapitol, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi

14. Restoran Sunda Rasa

Restoran Sunda Rasa via Facebook
Restoran Sunda Rasa via Facebook

Buat kamu yang mau makan masakan khas Sunda di Sukabumi, maka bisa langsung saja mampir ke Restoran Sunda rasa yang ada di Jalan Siliwangi No.68, Kebonjati, Kec. Cikole.

Sesuai dengan nama restoran ini, disini lidah kamu bakal dimanjakan dengan nikmatnya aneka kuliner khas Sunda mulai dari nasi timbel, sup buntut, serta pepes ayam dan beragam tumisan.

Datang saja kesini kapan saja pada jam 10 pagi hingga 9 malam, lokasi restoran ini sangat mudah dijangkau, letaknya ada di pusat kota Sukabumi.

Restoran Sunda rasa ini punya ruangan yang lebih luas dari restoran kebanyakan, hal ini bertujuan agar dapat menampung pelanggan lebih banyak, dan agar lebih nyaman tentunya.

Lokasi: Jalan Siliwangi No.68, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi. 

15. Kazoku Tei

Kazoku Tei via Abowlofclover
Kazoku Tei via Abowlofclover

Buat kamu pecinta Anime atau pecinta masakan khas negara matahari terbit Jepang, kamu bisa mencoba kuliner lezat ala Jepang di resto Kazoku Tei yang terletak di Jl. Selabintana No.36, Warnasari, Kec. Cikole.

Restoran ini sangat rekomended sekali untuk kamu kunjungi bagi yang penasaran atau ingin mencicipi aneka kuliner lezat khas Jepang. 

Tidak hanya makanan khas Jepang yang disediakan, karena mulai dari konsep hingga dekor ruangannya didesain modern dan minimalis ala Jepang.

Beberapa menu khas Jepang yang bisa kamu nikmati di restoran ini mulai dari ramen, sushi, udon dan shabu-shabu hadir di restoran ini.

Lokasi: Jl. Selabintana No.36, Warnasari, Kec. Cikole, Kota Sukabumi

16. Piscok Cakra

Piscok Cakra via Aboqlofclover
Piscok Cakra via Aboqlofclover

Kalau kamu mencari cemilan yang enak yang terbuat dari pisang maka piscok cakra bisa menjadi pilihannya. Piscok cakra sendiri cemilan khas Sukabumi yang sangat terkenal.

Selain untuk kamu nikmati langsung, piscok cakra ini juga bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Sukabumi untuk dibawa pulang sebagai buah tangan. Lokasi keda piscok cakra ini ada di Jl. A. Yani No.8, Gunungparang, Kec. Cikole. 

Lokasi: Jl. A. Yani No.8, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi

17. Udin Ramen

Udin Ramen via Zomato
Udin Ramen via Zomato

Rekomendasi tempat wisata kuliner di Sukabumi selanjutnya adalah Udin Ramen yang merupakan makanan yang terbuat dari mie, kuliner ala-ala Jepang sana.

Lokasi Udin ramen ini ada di Jl. Siliwangi No.44, Kebonjati, Kec. Cikole. Meski di Sukabumi ada banyak sekali penjual ramen, namun udin ramen ini adalah salah satu yang rekomended buat kamu cobain.

Lokasi udin ramen ini juga cukup strategis, dekat dengan Masjid Agung Kota Sukabumi. Buat kamu yang doyan pedas, kamu bisa memilih level kepedasan yang kamu mau, bahkan kamu bisa mencoba kepedasan hingga level 15. Berani coba? Buat kamu yang doyan pedas, wajib mampir kesini.

Lokasi: Jl. Siliwangi No.44, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi

18. RM Saung Panorama

RM Saung Panorama
RM Saung Panorama

Tempat makan di Sukabumi yang tidak boleh anda lewatkan selanjutnya adalah RM Saung Panorama yang memiliki saung-saung di alam terbuka.

Rumah makan ini sangat kental dengan nuansa sundanya. Buat kamu yang suka makanan khas sunda atau penasaran dengan makanan khas sunda bisa mampir ke resto ini.

Tempatnya yang asri dan sangat nyaman membuat siapa saja betah berlama-lama di restoran yang adem ini. Saung-saung tempat makannya berada di sekitar kolam ikan, dan di belakang saung terdapat pemandangan yang menyejukkan mata berupa hamparan sawah.

Aneka menu lezat disini disajikan yang masih fresh dan pengolahannya juga sangat dijaga kebersihannya. Menu andalan restoran Saung Panorama ini yaitu sop ikan gurame yang memiliki aroma yang khas. Di RM saung panorama ini kamu juga bisa memesan makanan khas Chinese dan Japanese.

Lokasi: Alamat : Jl. Lingkap Selatan Sudajaya Hilir, Baros, Sudajaya Hilir, Kec. Baros. Sukabumi
Nomor telepon : 0858 7689 8963

19. Little Seoul

Little Seoul via People Daily
Little Seoul via People Daily

Dari nama restoran yang satu ini pasti sudah tergambar menu yang disajikan disini bukan? Ya, disini kamu bisa menikmati aneka kuliner khas Negara para artis K-Pop.

Restoran All You Can Eat di Sukabumi ini sangat rekomended untuk kamu singgahi, Kamu bisa mencoba menu khas korea Selatan di Little Seoul.

Little Seoul ini punya dua jenis makanan yang dikonsep All You Can Eat Little Seoul yaitu BBQ dan Suki. Jumlah minimal untuk BBQ adalah dua orang dan bebas memilih saus yang berbeda.

Selain itu, kamu juga bisa mencicipi hidangan penutupnya berupa pudding, buah-buahan, es krim ada juga toppokki yang disediakan di atas hot plate dan minuman mineral yang bebas isi ulang.

Lokasi: Jl. A. Yani No.217, Kebonjati, Kec.Cikole, Kota Sukabumi
Harga : Rp99.000 – Rp 125.000 per orang
Nomor telepon : 0265 6243541

20. Bandros Ata

Bandros Ata via Tempo
Bandros Ata via Tempo

Rekomendasi tempat makan di Sukabumi yang terakhir dari kami adalah bandros Atas yang ada di Jl. Gudang, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

Lokasi tempat makan ini ada di dekat dengan stasiun Sukabumi. Kue satu ini memiliki cita rasa manis yang akan membuat Anda ketagihan dan ingin mencoba lagi. Selain itu, tekstur kue yang satu ini sangat lembut dan padat akan sangat lezat untuk Anda konsumsi di saat malam hari.

Lokasi: Jl. Gudang, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi

***

Itulah beberapa tempat makan di Sukabumi yang direkomendasikan untuk anda. Terdapat beberapa jenis makanan yang bervariasi di setiap rumah makan.

Anda bisa mencoba untuk mengobservasi terlebih dahulu tempat makan yang akan anda kunjungi agar bisa benar-benar menikmati makanan yang sesuai dengan selera anda.

Atau mungkin anda lebih memilih tempat makan yang memiliki spot serta pemandangan yang bagus. Tetap ada beberapa hal yang masih harus anda perhatikan seperti waktu dan budget yang harus anda luangkan ketika mencoba untuk menjelajahi wisata kuliner.

Untuk anda yang memiliki beberapa penyakit tertentu, juga harus berhati-hati dalam memilih makanan yang akan anda santap yang kemungkinan bisa mempengaruhi kesehatan anda. Selamat berkuliner dan menikmati wisata di Sukabumi.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Curug Cikaso Sukabumi

0