Bandung yang merupakan ibu kota provinsi Jawa Barat memiliki mayoritas penduduk yang merupakan keturunan etnis Sunda, jadi sebagian besar makanan yang bakal kamu temui di Bandung juga berasal dari Sunda. Orang Sunda merupakan kelompok etnis Austronesia yang bermigrasi ke Jawa antara tahun 1.500-1.000 SM. Disini mulai berkembang Makanan Khas Sunda.

Makanan khas Sunda ditandai dengan kesegaran masakan sunda yang tepatnya dari rasa yang simple dan clean. Makanan khas sunda dicontohkan dengan kecenderungan penggunaan sayuran mentah. Beberapa hidangan khas Sunda yang paling terkenal merupakan Soto Bandung, batagor, siomay, lotek, dan surabi.

Mengingat kita sudah membahas beberapa menu makanan khas Sunda di post yang dikhususkan buat makanan khas bandung, jadi kali ini kami akan mencoba buat memilih beberapa menu khusus yang bisa jadi sedikit underrated buat posting-an kali ini. Enjoy!

BACA JUGA: 12 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah

1. Mie Rica

Buat kamu menikmati makanan pedas, lalu makan mie rica khas Sunda merupakan menu yang harus dicoba.  Buat kamu yang mengaku suka makanan pedas, dan merasa tertantang buat makan makanan yang super fiery, kamu mampu cobain makanan khas sunda yang konon sama pedasnya seperti yang kerap dipromosikan.

Menurut beberapa orang yang pernah nyobain mie rica, makan makanan khas sunda ini bakal mampu membuat mulut kalian terbakar tanpa mematikan rasa. Flavor-wise, mie rica ala Sunda bisa jadi mirip versi Indonesia dari spaghetti bolognese, tetapi dengan sensasi yang amat pedas.

Makanan Khas Sunda
Mie Rica Kejaksaan – Good Indonesian Food

Buat nikmatin sensasi makanan khas sunda asli dari mie Rica, kamu mampu coba makan di Mie Rica Kejaksaan. Berdiri sejak tahun 1960-an, Mie Rica Kejaksaan dikenal dengan mie berapi dengan daging babi cincang pedas. Mie Rica Kejaksaan terletak di Jalan Braga dan pastinya kamu tidak akan kesulitan buat menemukannya karena tempat makan ini amat populer di kalangan penduduk lokal.

2. Sop Buntut

Makanan khas sunda ialah Sop buntut ini dibuat dengan potongan buntut sapi yang disajikan dalam kaldu sapi jernih yang mengandung berbagai bahan seperti kentang rebus, wortel, tomat, daun bawang, seledri, dan bawang merah goreng.  Sop buntut ala Sunda biasanya bakal mendapatkan perlakukan yang lebih complete dimana makanan ini dimasak selagi beberapa jam sampai super empuk.

Sop Buntut – Masak Apa Hari Ini

Terkadang, sop buntut juga dipanggang sehabis direbus buat memberikan rasa smokey yang enak. Beberapa restoran di Bandung seperti di Dapur Dahapati juga membuat versi yang unik yang disebut sop buntut goreng di mana buntut sapi ini digoreng dan disajikan kering dengan sup dalam mangkuk terpisah. Satu mangkuk sop buntut biasanya dihargai sebesar Rp.75.000,-

3. Surabi

Surabi atau serabi merupakan jenis lain dari pancake ala Indonesia yang terbuat dari tepung beras yang dimasak dalam pot tanah liat yang dimasak di atas arang. Secara tradisional, panganan ini biasanya disajikan dengan saus gula aren dan santan. Nah meskipun bentuknya seperti martabak nih, surabi yang merupakan jenis makanan khas Sunda disajikan dengan berbagai bahan yang berbeda.

BACA JUGA: 11 Tempat Wisata Terbaik di Indonesia untuk Dikunjungi

Restoran yang menyajikan surabi biasanya menempatkan pot tanah liat tempat mereka memasak surabi di atas hamparan bara panas di area depan restoran sebagai lambang promosi. Surabi versi Sunda, yang lebih kering dan kencang dengan tekstur seperti panekuk, kerap dianggap sebagai salah satu versi surabi terbaik di Indonesia lho.

Makanan Khas Sunda
Surabi – Blog RedDoorz

Variasi soerabi dipelopori oleh Soerabi Enhaii, dengan topping tambahan seperti keju, coklat, pisang, dan bahkan sosis dan bakso; atasnya dengan keju dan dituangkan dengan susu kental manis. Buat opsi kedua, ada tempat makan yang asik yang namanya Surabi Imut yang terletak sekitar 7 km di utara Jalan Braga dan konon merupakan tempat terbaik buat dikunjungi kalau kamu pingin nyobain Surabi ala Sunda sebenarnya.

4. Combro

Combro merupakan jenis camilan Sunda yang patut dicoba dan tidak boleh kamu lewatkan. Bahan utama yang digunakan dalam makanan ini merupakan singkong parut. Potongan ubi dibentuk menjadi bola dalam ukuran sedang dan diisi dengan tumisan oncom – kacang fermentasi berwarna oranye kemerahan yang memiliki hubungan dekat dengan tempe. Combro merupakan panganan terbaik ketika momen minum teh di sore hari, dan paling maknyus ketika dikunyah dengan cabai hijau.

5. Lotek

Gado-gado ala dapur Sunda lebih dikenal dengan nama lotek yang pada dasarnya merupakan salad sayuran yang dibuat dengan sayuran mentah yang direbus, atau dikukus ditambah dengan sejumlah bahan lain seperti telur rebus, kentang, tahu, tempe, dan cireng (tepung tapioka goreng). Lotek biasanya disajikan dengan saus saus kacang yang memberikan karakteristik rasa manis yang merupakan salah satu cita rasa makanan khas Sunda.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Hotel Bintang 3 di Bandung yang Terbaik

6. Wedang Ronde Jahe

Ronde atau wedang ronde merupakan makanan penutup yang dibuat dari bola nasi ketan yang disajikan dalam baluran jahe panas. Wedang ronde ini biasanya tersedia dalam dua ukuran – kecil dan besar. Biasanya nih, yang ukurannya lebih besar diisi dengan kacang tanah dan gula.

Wedang Ronde Jahe – Cookpad

Buat kamu yang tidak terbiasa dengan sensai rasa jahe, kamu bisa jadi bakal merasa kuahnya terlalu keras. Dessert khas Sunda ini punya semua rasa dari pedas, manis, panas, plus tekstur yang berair.

Seperti halnya rasa obat-obatan herbal, kamu bakal dapat merasakan bagian dalam tenggorokan kamu dilapisi dengan sensasi hangat yang menggelitik dalam setiap sendoknya. Panganan ini jelas paling cocok diminum pas lagi sakit tenggorokan. Kalau udah bosan sama sensasi jahenya, coba langsung gigit ke dalam bagian tengahnya yang kenyal buat menikmati rasa kacang yang manis.

7. Nasi Bakar

Nasi bakar merupakan produk pengembangan dari nasi timbel. Makanan ini mampu dihasilkan dengan memanggang nasi timbel yang dibungkus polos atau mencampur nasi dengan bahan-bahan dan bumbu sebelum dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang di atas api arang.

Makanan Khas Sunda
Nasi Bakar – IDN Times

Bahan side dish utamanya biasanya ayam atau ikan asin, dengan irisan daun kemangi dan cabai merah buat menambah aroman. Nasi bakar khas Sunda dapat dengan mudah ditemukan di penjual makanan jajanan di jalan-jalan atau di restoran khas Sunda.

8. Ambokueh

Bahan utama dari Ambokueh merupakan tepung beras, dan hidangan ini biasanya disajikan dengan lapciong (sosis babi gaya Tiongkok), ngo-hyong (daging babi olahan gaya Tiongkok), tahu goreng, telur rebus coklat, yang bagian atasnya di-topping dengan dengan irisan mentimun dan saus cokelat lengket yang sedikit asam.

Kombinasi ini bisa jadi terdengar aneh, tetapi kamu bisa jadi pasti akan setuju bahwa ini bisa jadi salah satu makanan terbaik yang bakal pernah kamu cicipi. Ambo kueh dapat ditemukan di China Town seperti Jl. Kelenteng, Jl. Cibadak, atau Jl. Gardujati. Versi yang lebih disederhanakan dan yang halal dapat kamu temukan di penjaja makanan jajanan di depan sekolah.

Ambokueh – Resep dan Makanan

9. Tauge Tauco

Tauge Tauco, atau yang lebih dikenal sebagai Geco, pada dasarnya merupakan hidangan sederhana dari wilayah Cianjur yang diisi dengan kacang polong dan bumbu tauco. Buat melahap kelezatan khas Sunda ini, kamu mampu mencoba makan makanan ini di beberapa PKL di kota Bandung. Beberapa hidangan tambahan dari sajian Tauge Tauco ini mampu berupa ketupat, telur rebus, tahu, dan kentang. Buat memperkaya rasanya dan kalau kamu suka, kamu juga mampu menambahkan cuka lahang.

Makanan Khas Sunda
Tauge Tauco – Merah Putih

BACA JUGA: 19 Tempat Wisata Paling Trending di Indonesia Tahun Ini

10. Gepuk

Gepuk merupakan makanan khas sunda sejenis dendeng yang biasa ditemukan tidak hanya di Jawa Barat tetapi juga di Jakarta. Rasa gurih dan sedikit rasa manis kerap berhasil menghipnotis para pecinta kuliner, sembari menikmati kelembutan daging sapi. Sebelum direbus dalam banyak rempah-rempah seperti daun salam, asam, dan lengkuas, daging yang digunakan buat jadi bahan Gepuk ini dihancurkan dan dihantam dulu – itulah mengapa makanan ini disebut “Gepuk”.

Makanan Khas Sunda
Gepuk – Primarasa

11. Kupat Tahu

Kupat merupakan bahasa Sunda buat ketupat, yang mirip dengan lontong. Kalau lontong merupakan nasi yang dipadatkan, dibungkus, dan dikukus dengan daun pisang, ketupat dibungkus dengan daun kelapa muda. Kupat disajikan dengan tahu goreng, kacang polong, dan di-top atasnya dengan saus kacang pedas nan kental, kecap manis, bawang goreng, dan kerupuk. Kupat Tahu dapat dengan mudah ditemukan di penjual jajanan di jalan-jalan, tetapi buat kamu yang pingin sensasi makanan khas sunda sebenarnya dari Kupat Tahu kamu mampu kunjungi dan Lontong Tahu Cihapit di Jl. Serayu.

12. Sate Maranggi

Sate di Indonesia bisa jadi kesannya sudah terbatas dalam ranah Sate Padang atau Sate Madura. Well, bepergian ke Jawa Barat dan kamu bakal mampu nemuin Sate Maranggi. Berasal dari daerah Purwakarta, daging kambing atau daging sapi yang ditusuk ini direndam dengan beberapa rempah seperti ketumbar dan jahe dan kemudian dipanggang di atas api sedang. Alih-alih disiram dengan saus kacang, Sate Maranggi disajikan dengan acar dan kecap manis.

Makanan Khas Sunda
Sate Maranggi – Cookpad

13. Oncom

Oncom merupakan makanan khas Sunda yang merupakan produk fermentasi jamur. Prosesnya amat mirip dengan tempe, tetapi oncom dihasilkan sehabis spora terbentuk, sedangkan proses fermentasi tempe dihentikan sebelum spora terbentuk.

Oncom merah terbuat dari bungkil kacang kedelai, sedangkan bintil hitamnya berasal dari bungkil kacang tanah. Biasanya oncom dikonsumsi dalam bentuk fritter, chips, combro, atau pepes (oncom kukus dalam daun pisang). Combro merupakan singkatan dari Oncom Di Jero (oncom di dalam), di mana oncom dan cabai diisi ke dalam adonan singkong dan kemudian digoreng sebagai camilan.

BACA JUGA: Kuliner Khas Bandung Yang Bisa Buat Lidahmu Bergoyang 

13. Lalapan dan Leunca

Secara umum diketahui bahwa orang Sunda cenderung suka makan nasi panas dengan sayuran mentah, yang disebut lalab atau lalapan. Lalapan ini biasanya diisi dengan mentimun mentah, kubis, tomat, leunca, dan daun hijau seperti daun kemangi dan singkong.

Makanan Khas Sunda
Lalapan dan Leunca – Dapur Kobe

Leunca merupakan nama jenis sayur pahit seperti ceri yang ada pada makanan khas sunda. Leunca dapat dimakan secara mentah gitu aja atau dimasak dengan oncom dan bumbu Leuk Ulukutek. Cocok sekali dimakan berdampingan dengan masakan utama lainnya terutama makanan goreng dan sambal segar. Makin kangen kan dengan makanan khas sunda ini!

0